Di era digital seperti sekarang, segala hal yang dulu dilakukan secara konvensional berubah menjadi serba digital, seperti dengan kegiatan jual-beli yang kini bisa dilakukan tanpa tatap muka. Mulai dari pengenalan produk, promosi, transaksi, hingga pembelian saat ini bisa dilakukan serba digital.

Anda yang tertarik membangun bisnis online diwajibkan untuk melek dengan perkembangan dunia digital agar tidak kalah dengan para kompetitor. Untuk bisa bersaing dengan kompetitor, Anda perlu membuat toko online dan mempromosikan menggunakan digital marketing atau pemasaran digital. Kini, digital marketing digunakan para pebisnis untuk menjangkau target pelanggan secara meluas dengan cara yang lebih efektif dan efisien. 

Memang, sebenarnya seperti apa sih digital marketing? Lalu, seberapa pentingkah menggunakan digital marketing? Temukan jawaban selengkapnya di bawah ini.

Definisi Pemasaran Digital

Pemasaran digital adalah bentuk pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan teknologi digital, seperti internet, telepon, blog, media sosial, dan perangkat digital lainnya. Beberapa teknik pemasaran yang termasuk ranah digital ialah SEO (Search Engine Optimization), Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads, email marketing, dan lainnya. 

Mengapa Pemasaran Digital Itu Penting?

1.     Membantu Mengenal Target Pelanggan

Bila tidak ingin target audiens diambil oleh kompetitor, maka pemasaran digital adalah solusi untuk Anda. Dengan menggunakan pemasaran digital, Anda dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Jadi, secara tidak langsung, Anda akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan.

Dalam digital marketing, Anda dapat menggunakan keywords yang disarankan oleh Google untuk menarik perhatian calon pelanggan ke toko online Anda. Jika salah satu keyword yang digunakan berhasil membawa mereka ke toko online, maka Anda tahu bahwa hal tersebut adalah minat target pelanggan.

2.     Lebih Efisien

Selain lebih mudah menganalisa target audiens, beriklan secara digital juga jauh lebih efisien. Sebab, Anda bisa memilih platform untuk beriklan sesuai dengan kebiasaan pelanggan sehingga tentu akan tepat sasaran dan menghemat budget. 

Anda bisa membuat dan menyebarkan iklan melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, TikTok, Instagram, dan Youtube. Bahkan, Anda pun bisa beriklan di mesin pencari Google melalui Google Ads. 

3. Memberitahu Informasi Detail Mengenai Pelanggan Audiens

Jika Anda belum mengenal pelanggan dengan baik, maka digital marketing dapat menjadi solusi terbaik. Seperti kita ketahui, media sosial adalah platform yang dapat mengukur banyak hal di era sekarang. Misalnya saja, kita dapat mengetahui kata-kata gaul terbaru yang digunakan oleh anak muda, produk terkini yang banyak dibeli masyarakat, dan lainnya.

Digital marketing dapat berfungsi melebihi Google Analytics. Sebab, Google Analytics hanya dapat membantu Anda melihat jumlah pelanggan atau calon pelanggan ke toko online, namun tidak memberikan gambaran apa yang disukai dan diinginkan. Bisa dikatakan, digital marketing membantu Anda mendapatkan informasi lebih detail melebihi Google Analytics.

Itulah beberapa informasi mengenai pemasaran digital. Setelah membaca segala informasi mengenai pemasaran digital, dari definisi sampai pentingnya untuk bisnis Anda, apakah kini telah tertarik untuk menggunakan jenis pemasaran ini? Atau ingin berkonsultasi dengan mitra yang tepat terlebih dahulu untuk strategi-strategi yang lebih akurat untuk pasar Anda?

Jika butuh berkonsultasi mengenai pemasaran digital, Anda bisa menghubungi digital agency profesional, seperti Onero Solutions. Onero Solutions dapat melayani klien dari berbagai wilayah Indonesia untuk keperluan digital marketing, seperti membuat iklan di Facebook, Youtube, Instagram, Google, dan lainnya.

Anda pun bisa berkonsultasi mengenai budget yang dimiliki dengan pesanan yang diinginkan. Dengan begitu, Onero akan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Selain digital marketing, Onero Solutions juga memiliki layanan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis online. Mulai dari optimasi SEO, maintenance social media, pembuatan web toko online, company profile, mobile app, custom app, design web, hingga maintenance web. Tentunya semua layanan ini bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki!

Posted by: mayang