Bagaimana Cara Buat Iklan di Instagram yang Tepat Sasaran?

Untuk menentukan media sosial mana yang cocok dijadikan pusat promosi, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai kriteria pelanggan tujuan. Apakah rentang umurnya dari remaja ke paruh baya? Lalu, minat mereka sesuai dengan produk atau jasa yang Anda jual atau tidak?
Detail target pasar adalah hal penting untuk memaksimalkan fungsi media sosial dan detail promosi. Karena itulah sebelum jauh berpikir untuk membuat iklan apa, bekerja sama dengan influencer siapa, atau menyewa jasa iklan apa, Anda harus memahami detail target pasar terlebih dahulu.
Jika setelah melakukan riset dan mengetahui bahwa target pasar cocok dengan platform Instagram, maka sudah waktunya Anda menguasai cara buat iklan di Instagram. Sebenarnya, cara buat iklan di Instagram sangat mudah dan algoritmanya yang canggih memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk menargetkan pasar yang spesifik. Namun, penggunaan fitur iklan Instagram juga harus dibarengi dengan kreativitas visual dan dedikasi dalam pembuatan konten di akun bisnis agar tetap menjaga brand yang baik di mata pelanggan.
Cara buat iklan di Instagram digabung dalam Facebook Ads Manager sehingga iklan di Instagram juga bisa muncul di Facebook. Pengaturannya yang terintegrasi akan sangat memudahkan Anda, terutama bagi pemula dalam iklan online. Pada artikel ini akan dijelaskan seputar tips cara buat iklan di Instagram agar efektif dan tepat sasaran. Penasaran? Simak penjelasan berikut ini ya.
Konten yang Relevan dan Familiar
Cara buat iklan di Instagram untuk menangkap perhatian audiens yang dituju adalah dengan membuatnya sefamiliar mungkin. Untuk menampilkan visual yang menarik dan ‘cerita’ yang diterima pemirsa harus dimulai dengan pembukaan yang familiar dan terlihat seperti postingan pada biasanya. Ini bukan berarti mematikan ide tim kreatif Anda! Tetapi justru sebagai pedoman awal untuk mencari tahu bagaimana mendapatkan perhatian audiens secara natural.
 
Mainkan Emosi Audiens
Topik ini bukan berarti menggunakan gimmick berlebihan atau subjek yang sedang viral membuat emosi netizen ya. Emosi disini berarti Anda harus mengetahui dasar-dasar psikologi audiens. Anda bisa memberikan pesan menyentuh atau pengalihan topik yang tetap menyampaikan pesan brand. Dengan begitu, cara buat iklan di Instagram Adna akan lebih tepat sasaran.
Targetkan Audiens Lokal Terlebih Dahulu
Menargetkan audiens dengan tepat memang sudah menjadi dasar utama dari periklanan online. Tapi, jangan langsung menargetkan seluruh area Indonesia ya! Hal ini berpengaruh kepada survey Anda juga. Dari mana saja Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan? Coba mulai dari kota Anda terlebih dahulu. Apalagi jika produk atau jasa yang Anda tawarkan berbasis budaya setempat atau lebih familiar untuk lokasi tertentu. Cara buat iklan di Instagram ini cocok untuk Anda yang menjual barang handmade atau jasa berbasis lokal.
Coba Berbagai Macam Format Iklan
Instagram menghadirkan beberapa format iklan seperti foto, video, carousel, slideshow, dan stories. Apakah Anda bingung format iklan apa yang paling cocok? Anda bisa mencoba post di feed dan stories terlebih dahulu, namun juga boleh mencoba semuanya agar tahu format iklan apa yang paling memungkinkan untuk mendapatkan audiens.
Kreasikan dengan Tren Terkini
Tren internet bisa dikreasikan untuk masuk dalam konten iklan Instagram. Ini dia fungsinya para pebisnis dan marketer untuk selalu up to date dengan tren marketing agar bisa lebih menangkap atensi audiens yang dituju.
Cara buat iklan di Instagram memang beragam dan intinya adalah tentang kreativitas namun tetap step-by-step. Walaupun gunanya iklan di Instagram adalah menjangkau banyak audiens, pastikan orang yang dijangkau adalah yang paling tepat untuk Anda.
Selain menguasai cara buat iklan di Instagram, Anda juga perlu perencanaan digital marketing dan iklan media sosial lainnya untuk meningkatkan penjualan bisnis. Salah satu caranya adalah dengan memilih digital agency yang tepat, seperti Onero Solutions.
Onero Solutions adalah digital agency profesional yang menawarkan jasa beriklan digital di berbagai platform, seperti Instagram, Youtube, Facebook, Google, dan lainnya. Iklan buatan Onero Solutions dapat menarik banyak audiens yang berpotensi menjadi pembeli Anda sehingga penjualan pun akan meningkat.
Tak hanya itu, Onero Solutions juga memiliki layanan maintenance social media untuk membantu meningkatkan followers media sosial bisnis Anda. Bagi yang belum memiliki web bisnis pun bisa menggunakan layanan Onero Solutions. Sebab, digital agency terpercaya ini juga menawarkan layanan buat website, desain website, maintenance website, buat mobile app, dan optimasi SEO. Wah, lengkap banget, kan? Jangan sampai ketinggalan, pastikan bisnis online Anda bekerja sama dengan Onero Solutions, partner digital terbaik!

Don't forget to share this post!

Related Insights