Saat ini, Instagram adalah media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama pada kalangan muda. Hal inilah yang membuat Instagram dapat menjadi ladang untuk eksekusi strategi marketing yang bagus untuk bisnis Anda. 

Instagram atau IG berfokus pada jenis posting yang mirip dengan Facebook, namun lebih mengutamakan konten foto dan video. Hal inilah yang membuat Instagram banyak digandrungi pengguna dari segala usia karena feeds akan terlihat seperti katalog.

Di Instagram sendiri, iklan biasanya ditampilkan di feeds atau Instagram stories yang berdurasi 15 detik. Anda pun bisa beriklan melalui Instagram stories atau feeds IG. Sebab, pengguna Instagram cenderung menghabiskan banyak waktu untuk melihat kedua hal tersebut. Oleh karena itu, Instagram stories dan feeds cocok untuk Anda menyebarkan iklan.

Sebelum mengetahui cara pasang iklan di IG, Anda perlu memastikan bahwa akun sudah diubah ke mode bisnis agar memudahkan melihat insight. Perlu Anda ketahui, insight adalah salah satu fitur di Instagram yang memberikan berbagai informasi, seperti konten yang di posting, jumlah interaksi, dan data diri pengikut akun tersebut.

Apa Itu Instagram Insight?

Instagram insight adalah salah satu fitur yang membagikan berbagai informasi mengenai akun bisnis Anda. Mulai dari untuk mengetahui data diri pengikut akun (umur, jenis kelamin, lokasi), jumlah pengunjung akun, jumlah pengguna IG yang meng-klik email bisnis Anda, jumlah interaksi, hingga detail konten yang di posting.

Dengan banyaknya fungsi dari fitur tersebut, tentunya Anda semakin tertarik untuk mengetahui cara pasang iklan di IG dengan mudah dan efektif, bukan?

Cara Pasang Iklan di IG

Jika sudah familiar dengan cara memasang iklan di Facebook, Anda sudah satu langkah lebih cepat untuk menguasai cara pasang iklan di IG. IG kini sudah dibeli oleh Mark Zuckerberg (Founder Facebook) di tahun 2012 sehingga iklan di kedua media sosial ini bisa diatur dalam satu sistem yang sama. Lalu, bagaimanakah cara memasang iklan di IG yang kini sudah satu sistem dengan Facebook? Berikut ini beberapa caranya.

1. Halaman Bisnis di FB dan di IG

Untuk memulai cara pasang iklan di IG, Anda perlu memiliki halaman bisnis di Facebook dan akun bisnis di IG untuk menghubungkan keduanya dari media sosial yang berbeda.

2. Menentukan Tujuan Iklan

Setelah itu, Anda harus menentukan tujuan dari iklan Anda, yaitu kesadaran, pertimbangan, dan konversi.

Kesadaran berarti berfokus pada brand awareness, yaitu mengenalkan produk ke audiens yang masih awam dengan bisnis Anda. Tujuan ini sangat cocok untuk Anda yang baru mulai menjalankan bisnis. Untuk pertimbangan, fokus dari tujuan ini ialah meningkatkan interaksi dan traffic ke halaman, serta bisnis Anda. Lalu, untuk konversi, lebih berfokus kepada penjualan di toko online Anda.

3. Memilih Tujuan Traffic

Setelah menentukan tujuan iklan, saatnya Anda mengarahkan traffic yang didapatkan dari iklan. Apakah Anda ingin mengarahkan ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp?

4. Menentukan Kriteria Pembeli yang Dituju, Penempatan Iklan, dan Buat Jadwal

Ini adalah salah satu bagian dari cara pasang iklan di IG yang paling seru. Sebab, pada bagian ini, Anda bisa menggunakan fitur canggih untuk menentukan kriteria calon pembeli Anda dengan spesifik, seperti jenis kelamin, lokasi, umur, dan lainnya. 

Penempatan iklan juga ditentukan di sini, apakah Anda ingin menampilkannya di feeds atau stories atau bahkan di keduanya. Pembuatan jadwal untuk iklan Anda juga diatur di sini. Anda bisa membuat jadwal iklan di waktu saat banyak pengguna mengakses IG.

5. Memilih Format dan Biaya Iklan

Anda bisa memilih format iklan secara detail, seperti jenis iklan yang diinginkan, media apa yang mau ditampilkan (video atau foto), dan link website yang ingin dipromosikan. Kemudian, yang terakhir ialah tinggal membayar biaya iklan.

Dari cara pasang iklan di IG di atas, sebelumnya Anda sudah harus mengetahui cara memakai Facebook Ads Manager agar bisa menampilkan iklan di kedua platform tersebut. Anda juga harus paham dengan karakteristik pengguna IG untuk kelancaran promosi.

Bila kesulitan menerapkan cara di atas, Anda bisa mengandalkan jasa Onero Solutions. Sebagai digital agency yang profesional, Onero Solutions memiliki layanan digital marketing yang akan membantu Anda memasang iklan di berbagai platform, termasuk cara pasang iklan di IG

Selain digital marketing, Anda pun bisa meminta dibuatkan web toko online oleh Onero agar bisnis tampak lebih profesional. Tenang saja, web toko online dari Onero dijamin memiliki desain ciamik dengan dilengkapi beragam fitur canggih untuk membantu mengelola bisnis.

Onero Solutions juga melayani berbagai layanan lain, seperti pembuatan company profile, mobile app, custom app, design web, maintenance web, maintenance social media, optimasi SEO, dan lainnya. Dengan menggunakan jasa Onero, promosi bisnis dapat tepat sasaran dan bisnis Anda pun akan berkembang pesat.

Posted by: mayang