Instagram adalah salah satu media sosial yang tengah populer di kalangan masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Menurut Statista, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 82.12 Juta per Februari 2021. Selain untuk penggunaan pribadi, Instagram juga menjadi ladang besar untuk para pebisnis. Dengan pengaturan foto feeds yang ciamik dan konten yang menarik, Instagram mampu menjadi promoter dan marketer yang canggih.

Akan tetapi, walaupun IG atau Instagram memiliki beragam fitur yang cukup mudah untuk dipahami dan digunakan pengguna baru, bukan berarti para pebisnis bisa menggampangkan taktik untuk berjualan di IG. Konsistensi dan kreativitas tetap hal utama agar menarik pengguna Instagram untuk mengunjungi akun bisnis Anda, serta nantinya dapat menjadi pelanggan. Berikut ini cara promosi di IG yg efektif dan worth it untuk dipraktekkan di akun bisnis Anda.

Bangun Profil Instagram yang Profesional dan Menarik

Cara promosi di IG dapat didahului dengan membangun profil bisnis di Instagram dengan profesional dan menarik. Anda perlu memilih nama akun yang simpel dan unik untuk diingat pengguna Instagram. Kemudian, buat bio akun yang menarik dengan mendeskripsikan jenis produk atau jasa apa yang Anda tawarkan dan tulislah kalimat CTA atau Call-to-Action. 

Lalu, gunakan foto profil terbaik untuk merepresentasikan produk Anda. Dengan membangun profil Instagram seperti di atas, maka akan memberikan first impression yang baik kepada calon pelanggan Anda. Jadi, pastikan hal-hal mendasar ini diterapkan sebelum mulai cara promosi di IG.

Tekun dan Konsisten dalam Mengunggah Konten

Konsistensi dan kreativitas Anda dibutuhkan dalam pembuatan dan pengunggahan konten untuk akun Instagram bisnis. Cara promosi di IG ini memerlukan rancangan feeds, seperti tone warna apa yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan, jenis informasi apa yang ingin disampaikan untuk mendukung katalog produk, dan konten-konten pendukung apa yang mampu menarik mata pengunjung akun Anda. 

Menyusun feeds yang konsisten dan menarik adalah cara promosi di IG yang mampu memberikan ciri khas untuk akun bisnis Anda. Dengan cara ini, calon pembeli akan tertarik untuk mengikuti atau mem-follow akun bisnis Anda dan nantinya akan meningkatkan engagement.

Gunakan Hashtag untuk Menjangkau Lebih Luas

Penggunaan hashtag cukup membantu dalam cara promosi di IG. Penggunaan hashtag berguna untuk menjangkau pengguna Instagram yang sedang mencari produk secara spesifik di IG, namun belum menemukan akun yang tepat untuk informasi sedang dicari. Anda bisa menggunakan simbol tagar (hashtag) pada caption di postingan konten feed. 

Akan tetapi, penggunaan hashtag tidaklah boleh sembarangan. Anda harus menggunakan hashtag yang terkait dengan produk, jasa, atau konten yang diunggah. Sebab, bila sembarangan menulis hashtag, pengguna Instagram yang meng-klik postingan Anda akan langsung pergi dari akun bisnis. Inilah cara promosi di IG yang gratis dan dapat menjangkau pengguna instagram secara luas.

Taruh Link Website Anda di Bio

Link website juga perlu ditaruh di bio akun bisnis Anda. Adanya link di bio akun bisnis dapat memudahkan dalam mengarahkan calon pembeli untuk mengeksplor bisnis Anda. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa website yang dicantumkan berjalan dengan baik dan responsive ke berbagai device. 

Endorsement dan Paid Promote

Endorsement (mengirimkan produk atau jasa ke influencer untuk dipromosikan) dan Paid Promote (membayar influencer untuk mempromosikan produk) adalah dua cara yang paling populer untuk mempromosikan produk atau jasa di IG. Dengan memanfaatkan pengikut yang banyak beserta engagement-nya yang bagus, Anda bisa mempromosikan akun Anda lewat pihak ketiga (influencers). Selain menggunakan hashtag, cara ini juga bagus untuk menjangkau market yang lebih luas.

Cara promosi di IG di atas bagus untuk memulai strategi digital marketing Anda dengan menggunakan platform Instagram. Untuk melanjutkan perkembangan bisnis, Anda juga tetap perlu konsisten dalam menganalisa market, meng-update strategi, dan menyediakan web toko online yang responsif untuk memberikan kenyamanan pembeli saat mengakses. 

Salah satu solusi untuk membantu Anda melakukan promosi di IG ialah bekerja sama dengan digital agency profesional, seperti Onero Solutions. Sebagai digital agency profesional dan terpercaya di Indonesia, Onero Solutions menawarkan layanan digital marketing, di mana Anda bisa mengandalkan mereka untuk mempromosikan bisnis di Instagram dan media sosial lainnya.

Posted by: mayang