Placeholder canvas

Ini Cara Memilih Agency Social Media yang Tepat untuk Bisnis

Melihat feeds Instagram suatu profil bisnis dengan konten yang rapi dan informatif bisa membuat Anda berlama-lama melihatnya bukan? Ini merupakan tujuan yang sebenarnya dari membangun brand awareness yang bagus lewat social media.
Nah untuk bisnis yang baru merintis, membangun brand awareness dan merencanakan konten yang menarik memang terkesan seperti sedang menebak-nebak. Seringkali mencontoh beberapa brand yang sudah besar tanpa detail data yang pasti. Padahal bisa saja target audiens antara keduanya sangat berbeda.
Inilah mengapa agency social media dibutuhkan disini. Agency social media yang profesional adalah orang-orang terpercaya yang sudah berpengalaman dalam berbagai jenis strategi marketing social media, bukan hanya Instagram feeds yang cantik atau Stories yang interaktif. Namun juga dalam mengelola keseluruhan dari social media.
Mengelola social media berarti mengelola wajah perusahaan. Oleh karena itu hal ini tidak bisa sembarangan. Mengupload sesuatu di feeds, membuat iklan di social media, serta memilih influencer yang tepat sesuai dengan target pasar adalah pekerjaan yang sangat vital. Maka dari itu Anda memerlukan seorang yang profesional dan berpengalaman dalam mengelola social media, salah satunya ialah dengan menggunakan sebuah agency.
Namun, Anda harus hati-hati dan selektif dalam memilih agency social media untuk bisnis Anda. Karena kesalahan dalam memilih ini dapat membuat social media bisnis Anda tidak bekerja secara maksimal. Artikel ini akan membahas mengenai 3 kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih agency social media yang tepat untuk Anda. Berikut ini penjelasannya!
1.  Cek Website dan Media Sosialnya
Hal pertama yang harus dicek dari agency social media ini tentu saja website dan media sosial yang dipakai. Apakah websitenya lancar? Apakah media sosial yang dipakai aktif dan mencerminkan jasa yang ditawarkan?
Ini merupakan first impression yang penting sebagai calon partner. Konsistensi pekerjaannya bisa diperhatikan dari visual pertama yang ditampilkan di online presencenya.
Anda juga bisa mencoba untuk menghubungi kontak yang tertera dan menilai seberapa responsif admin dari social media yang dipakai sehingga Anda dapat mengetahui apakah orang-orang di baliknya sangat komunikatif?.
2.  Apakah Berpengalaman?
Anda perlu mengecek portofolio dan testimoni dari klien sebelumnya yang pernah ditangani oleh agency social media yang sedang Anda riset. Kedua hal ini menunjukkan seberapa berpengalamannya agency tersebut serta jenis industri apa yang sudah pernah menggunakannya.
Dari situ Anda bisa mengetahui apakah agency ini cocok untuk bisnis Anda. Misalnya Anda merupakan pebisnis makanan cepat saji. Apakah agency social media ini berpengalaman dalam dunia F&B? Bagaimana approach mereka terhadap industri ini? Atau jika mereka belum pernah, apakah mereka juga punya pendekatan dan opini tertentu dalam persaingan digital dunia F&B?
Dari sini Anda bisa melihat kemampuan mereka dalam problem solving yang spesifik apalagi berkaitan dengan wajah perusahaan makanan cepat saji Anda.
3.  Apakah Transparan dalam Informasi?
Transparansi adalah elemen terpenting dalam komunikasi antar pebisnis. Salah satunya adalah antara Anda dengan calon agency pilihan Anda.
Selain melihat orang-orang yang berpengalaman dalam agency, Anda juga berhak untuk berkonsultasi berbagai macam hal sebelum ketok palu untuk menjadi klien mereka. Selain itu, persoalan budget dan perkiraan request serta tingkat kesulitan juga perlu dibicarakan secara terbuka oleh agency tersebut.
Pastikan kepercayaan Anda dan kompetensi dari agency tersebut cocok dan tidak salah sasaran.
Nah memilih agency social media yang tepat memang memerlukan riset dari Anda, bisa juga menanyakan referensi dari teman-teman Anda yang sudah pernah memakai jenis jasa ini. Proses seleksi ini memang membutuhkan berbagai macam pertimbangan, untuk menemukan agency social media yang profesional dan tepat untuk bisnis Anda.
Salah satu agency yang berpengalaman di bidang social media adalah Onero Solutions. Onero menawarkan jasa social media management yang beragam mulai dari Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. Selain itu, Onero juga berpengalaman dalam iklan online dan optimasi SEO untuk memaksimalkan digital marketing dan brand awareness bisnis Anda. Onero juga terbuka untuk konsultasi mengenai request kebutuhan digital bisnis apa saja! Menarik bukan? Tak perlu menunggu terlalu lama, hubungi Onero sekarang!

Don't forget to share this post!

Related Insights