Facebook Ads Manager adalah platform untuk mengatur secara lengkap kebutuhan iklan dan promosi produk atau jasa bisnis Anda yang memiliki menu cukup detail demi untuk menjangkau audiens yang diinginkan. Selain menu untuk menjangkau dan mengatur kriteria audiens, Facebook Ads Manager juga memiliki berbagai menu lainnya, seperti tujuan, format, dan penempatan iklan, hingga harga iklan yang dapat disesuaikan dengan budget harian Anda.

Dengan beragam menu Facebook Ads yang detail tersebut, membuat banyak pelaku bisnis tertarik memakai media sosial Facebook untuk keperluan digital marketing.

Bila tertarik beriklan di Facebook namun bingung cara menggunakannya, berikut artikel ini akan menjelaskan poin-poin penting yang mudah dimengerti untuk cara membuat iklan di FB menggunakan Facebook Ads Manager.

Masuk ke Halaman business.facebook.com

Apakah Anda sudah memiliki halaman bisnis sendiri? Cara membuat iklan di FB harus diawali dengan halaman khusus bisnis Anda. Jika sudah, klik di bagian ‘Iklan’ pada dashboard kiri halaman Anda untuk memulai pengaturan Facebook Ads. Kemudian, Anda akan diarahkan ke ‘Pusat Iklan’ dan klik ‘Pengelola Iklan’. Dengan menggunakan pengelola iklan, Anda akan diberikan pilihan yang lebih detail.

Buat Kampanye Baru

Cara membuat iklan di FB selanjutnya ialah memilih tujuan kampanye atau iklan. Pada tujuan kampanye atau iklan ada berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan yang terbagi menjadi tiga garis besar, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi. Ketiga tujuan ini menentukan apakah Anda ingin iklan membangun brand awareness (Kesadaran), menargetkan promosi produk untuk meningkatkan traffic dan engagement di halaman Anda (Pertimbangan), atau ingin langsung menargetkan penjualan dan kunjungan web toko Anda (Konversi).

Pengaturan 1: ‘Kampanye’

Di pengaturan ini, Anda akan menentukan dasar-dasar utama dari iklan. Pada pengaturan ini, Anda akan membuat nama kampanye atau iklan, kembali mengonfirmasi tujuan dalam Ads, menentukan kategori iklan, dan optimalisasi anggaran kampanye atau iklan. Cara membuat iklan di FB ini adalah hal yang perlu Anda tentukan terlebih dahulu sebelum menuju ke detail audiens di ‘set iklan’.

Pengaturan 2: ‘Set Iklan’

Pada menu ini, Anda akan menentukan bagaimana iklan berjalan dan disebarkan. Anda akan disuguhkan opsi untuk target audiens. Mulai dari umur, jenis kelamin, lokasi, minat, demografi, hingga perilaku. Selain itu, Anda juga bisa memilih tujuan traffic yang diinginkan, apakah untuk traffic di web atau aplikasi Anda. 

Tak hanya itu, di pengaturan ini Anda juga bisa mengatur anggaran dan jadwal untuk menyebarkan iklan. Cara membuat iklan di FB di tahap ini juga akan memperhatikan penempatan iklan agar sesuai dengan anggaran dan efektifitas iklan.

Pengaturan 3: ‘Iklan’

Tahapan ini adalah finalisasi iklan. Anda akan menentukan materi iklan, seperti judul iklan, identitas halaman Facebook dan media sosial lain yang ingin dihubungkan, format iklan berupa foto, video atau carousel (2 gambar atau video yang bisa ditampilkan dalam 1 iklan), serta web yang dituju. Jika Anda sudah mengecek ulang untuk semua detail iklan dan siap mem-posting iklan, saatnya klik ‘Terbitkan’. Cara membuat iklan di FB cukup mudah dan bisa langsung meluncur ke feeds target audiens Anda.

Dari cara membuat iklan di FB di atas, Anda dapat memaksimalkan dengan melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan objektif, target audiens, dan jenis iklan yang efektif, serta sesuai dengan budget. Selain itu, Anda juga harus memiliki web toko online yang responsif dan tidak lemot agar traffic dan engagement tidak putus di halaman Facebook. Oleh karena itu, Anda perlu bekerja sama dengan digital agency yang bisa membantu perkembangan bisnis, seperti Onero Solutions.

Onero Solutions adalah digital agency terbaik di Indonesia yang menghadirkan berbagai layanan untuk atasi masalah digital Anda. Onero memiliki layanan digital marketing yang dapat membantu Anda mengiklankan produk atau jasa melalui Facebook Ads Manager. 

Selain itu, Onero pun dapat membuatkan web toko online berkualitas untuk bisnis Anda. Dijamin hasil web dari Onero responsif ke berbagai device dan anti lemot sehingga pengunjung website akan nyaman mengeksplor toko online Anda.

Tidak hanya melayani jasa buat web toko online dan digital marketing, Onero pun memiliki layanan lainnya. Mulai dari desain web, pembuatan company profile, mobile apps, custom apps, maintenance web, maintenance social media, hingga optimasi SEO yang tentunya dapat membantu mengembangkan bisnis Anda. Jika memiliki bisnis online dan ingin menjangkau audiens secara luas, Onero Solutions adalah solusi terbaik untuk Anda!

Posted by: mayang