Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah SEO? Dalam dunia bisnis online, Anda sebagai pebisnis online perlu memahami SEO. Sebab, SEO adalah salah satu bagian dari strategi digital marketing.

Bagi yang belum mengetahui, kepanjangan SEO adalah Search Engine Optimization. Dalam bahasa Indonesia, pengertian SEO adalah optimisasi mesin pencari. SEO adalah sebuah cara untuk meningkatkan volume dan trafik kunjungan web melalui mesin pencari Google menuju website tertentu dengan menggunakan cara kerja algoritma Google.

Jika sudah mengetahui kepanjangan SEO, saatnya Anda mengenal lebih lanjut bagaimana cara kerjanya dan apa saja kegunaannya. Berikut artikel ini telah merangkum segudang informasi seputar SEO.


Cara Kerja SEO

Setelah mengetahui kepanjangan SEO, Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerja SEO untuk meningkatkan volume dan trafik kunjungan web melalui Google. Perlu diketahui, SEO memiliki dua jenis, yaitu on-page dan off-page. 

On-page SEO adalah sebuah cara untuk mengoptimasi website dari dalam. Optimasi ini berurusan dengan mengatur elemen yang ada di dalam web. 

Cara optimasi on-page SEO dapat berupa struktur web yang baik, kemudahan navigasi, dan konten relevan. Struktur yang baik akan menginformasikan kepada Google mengenai halaman web yang paling penting. Sementara, kemudahan navigasi akan membuat pengunjung web betah dan mau berlama-lama di website Anda. Kemudian, konten relevan akan mendatangkan banyak trafik yang berkualitas. Cara optimasi ini memang perlu dipelajari lebih lanjut daripada sekadar hanya mencari topik kepanjangan SEO.

Sedangkan, off-page SEO digunakan untuk mempromosikan web Anda. Dengan mempromosikan, orang-orang akan tahu jika web Anda layak untuk dikunjungi. 

Untuk menggunakan jenis SEO ini, Anda bisa membuat content marketing untuk menaikkan ranking web di hasil pencarian Google. Jika memiliki strategi content marketing yang bagus, maka Anda bisa mendatangkan pengunjung baru, memengaruhi pengunjung untuk membeli produk, dan menghemat biaya.

Jika sudah menggunakan strategi content marketing, namun web belum mendapatkan banyak followers atau subscriber, maka saatnya Anda melakukan promosi. Dengan berpromosi, web Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung. Selain itu, promosi pun dapat membuat web lebih unggul dibanding kompetitor. Semakin kreatif promosi, maka semakin mudah diingat pula bisnis Anda. Pengetahuan optimasi memang bukan hanya sekedar mengetahui kepanjangan SEO, bukan?

Optimasi off page SEO dapat berupa link building. Link building adalah sebuah cara untuk mendapatkan link dari web lain yang mengarah ke website Anda. Jenis link ini dikenal juga dengan sebutan backlink yang merupakan salah satu faktor utama dari penilaian SEO oleh Google. 

Perlu Anda ketahui, Google akan menilai backlink dari kualitasnya, bukan kuantitasnya. Backlink berkualitas adalah yang berasal dari web kredibel dan relevan dengan trafik stabil. 

Bisa dikatakan, on-page SEO membuat pengguna internet yang berkunjung ke website Anda betah berlama-lama dan menikmati fitur dan konten yang ditawarkan sehingga dapat terdeteksi Google. Sedangkan, off-page SEO berfokus pada peningkatan kredibilitas website sehingga peringkatnya bisa naik berdasarkan algoritma Google. Kombinasi kedua jenis SEO inilah yang diincar oleh banyak pebisnis agar bisa lebih mudah ditemukan oleh pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan. Sekarang Anda paham kepanjangan SEO beserta cara kerjanya, bukan?

Kegunaan SEO

Setelah mengetahui kepanjangan SEO dan bagaimana cara kerjanya, berikut ini penjelasan mengenai kegunaan SEO.

1.     Mempermudah Pelanggan Menemukan Anda

Jika website berada di halaman pertama hasil pencarian, maka pengguna internet pun akan lebih mudah menemukan web bisnis Anda. Inilah mengapa SEO diperlukan agar optimasi kinerja website terlihat di SERP (Search Engine Result Page).

2.     Menambah Traffic

Semakin banyak orang yang mengetahui website Anda, maka semakin banyak pula pengunjung yang akan masuk. Dengan traffic yang bertambah, pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan pun akan lebih besar. Kemudian, proses jual-beli produk dari bisnis Anda juga akan lebih lancar.

3.     Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Melakukan optimalisasi SEO, artinya Anda sudah membuat bisnis online menjadi kredibel atau dapat dipercaya. Sebab, dalam optimalisasi SEO, web akan memiliki kualitas yang lebih bagus. Mulai dari konten berkualitas, desain responsif, hingga performa web yang baik. Dengan memiliki web berkualitas dan muncul di halaman pertama hasil pencarian, tentunya akan membuat pelanggan percaya dengan bisnis Anda.

Setelah memahami kepanjangan SEO, cara kerja, dan beragam kegunaannya, kini Anda bisa mencoba mengoptimalkan SEO pada web. Akan tetapi, bila kesulitan mengoptimalkan SEO dan ingin mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menggunakan jasa SEO profesional, seperti Onero Solutions.

Onero Solutions adalah jasa SEO profesional yang telah berpengalaman mengoptimasi berbagai jenis website. Onero Solutions memiliki tim yang berkompeten dalam mengoptimasi dan menganalisis SEO yang dijamin dapat meningkatkan trafik, serta ranking web Anda dengan cepat.

Tak hanya jago dalam mengoptimasi SEO, Onero Solutions juga ahli dalam melakukan maintenance social media dan digital marketing. Selain itu, jasa SEO ini pun bisa membuat web toko online, company profile, mobile app, custom app, desain web, dan maintenance web. Paket komplit, ya? Segera tingkatkan trafik web dan dapatkan posisi teratas di hasil pencarian Google dengan menggunakan jasa Onero Solutions!

Posted by: mayang