Untuk mendapatkan angka penjualan yang tinggi dibutuhkan strategi promosi yang matang. Semakin menarik dan tepat sasaran iklan Anda, maka akan semakin memengaruhi penjualan bisnis. 

Di era digital seperti sekarang, membuat iklan online dapat memengaruhi penjualan. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis yang baru terjun di dunia digital perlu mengetahui langkah langkah membuat iklan online.

Apakah sulit beriklan online? Tenang saja, membuat iklan online sangatlah mudah. Untuk membantu Anda, artikel ini telah merangkum beberapa jenis iklan online beserta langkah langkah membuat iklan online yang dijamin mudah.


Iklan Facebook dan Instagram

Facebook dan Instagram memiliki fitur iklan yang sama dan dan keduanya bisa diatur dalam Facebook Ads Manager. Fitur iklan ini sangat mudah digunakan dan cocok untuk pemula seperti Anda.

Langkah langkah membuat iklan di Facebook dan Instagram yang pertama ialah membuat akun bisnis atau halaman bisnis. Dengan mempunyai akun atau halaman bisnis, Anda bisa mengelola iklan dengan mudah tanpa tercampur dengan akun pribadi. 

Setelah memiliki akun atau halaman bisnis, Anda bisa memulai langkah langkah membuat iklan berikutnya, yaitu menentukan tujuan iklan. Tujuan iklan Anda haruslah spesifik atau detail.

Kemudian, setelah menentukan tujuan iklan, Anda bisa memasukkan nama iklan yang diinginkan. Selanjutnya, tentukan spesifikasi dari target audiens iklan Anda. Anda bisa memilih usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan kebiasaan dari target audiens. Selain itu, pada langkah ini juga Anda bisa memilih penempatan dan budget iklan yang dikeluarkan.

Langkah terakhir, yaitu menentukan tipe iklan yang diinginkan. Anda bisa mengatur iklan yang muncul di Facebook dan Instagram secara bersamaan tanpa perlu mengatur dua kali. Sangat praktis, bukan? Setelah itu, Anda bisa mengonfirmasi pembayaran dan iklan sudah siap ditayangkan! Langkah langkah membuat iklan online di Facebook dan Instagram sangat mudah, bukan?

Iklan dengan Google Ads dan YouTube

Untuk langkah langkah membuat iklan online yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan yang cara di atas, yaitu membuat iklan di dua platform (Google Ads dan Youtube) dalam satu pengaturan. Google Ads menawarkan iklan dengan sistem PPC (Pay-per-Click) dan YouTube menawarkan iklan video. 

Langkah langkah membuat iklan online di dua platform ini dimulai dengan membuka Google Ads (atau dulu dikenal dengan Google AdWords). Lalu, tentukan tujuan iklan Anda. Kemudian, masukkan nama bisnis dan situs toko untuk diperiksa oleh tools sebelum langkah berikutnya. 

Lalu, pada halaman berikutnya Anda perlu mengisi detail iklan, seperti judul, deskripsi, kata kunci, lokasi, target audiens iklan, dan anggaran. Setelah itu, Anda bisa memeriksa detail iklan secara keseluruhan dan tinggal menayangkannya!

Untuk YouTube, Anda perlu mengupload video iklan terlebih dahulu baru membuka Google Ads. Langkah langkah membuat iklan di platform ini, diawali dengan Anda memilih video yang ingin diiklankan kemudian mengisi detail iklan, seperti target audiens, penempatan, tipe, dan anggaran iklan. Lalu, barulah dilanjutkan pengaturan iklan dari Google Ads.

Selain memahami jenis-jenis dan langkah langkah membuat iklan online di atas, Anda juga perlu memastikan efektivitas dari iklan online tersebut. Lalu, pahamilah cara membuat iklan yang menarik audiens, mengoptimalkan platform yang digunakan, dan mengolah data dari iklan.

Agar iklan online Anda dapat bekerja optimal, tidak ada salahnya menggandeng digital agency profesional. Anda bisa menggunakan jasa Onero Solutions untuk mengiklankan produk di platform-platform di atas.

Sebagai digital agency professional yang telah berpengalaman, Onero Solutions bisa membuatkan iklan online menarik yang dapat menggaet banyak audiens yang berpotensi menjadi pelanggan bisnis Anda. Selain jago beriklan online, Onero Solutions juga memiliki layanan lain yang dapat meningkatkan penjualan Anda. Mulai dari jasa maintenance social media, optimasi SEO, pembuatan company profile, web toko online, mobile app, custom app, desain web, hingga maintenance web.

Bersama Onero Solutions, bisnis Anda akan mudah dikenal jutaan pengguna internet, mendapatkan omzet besar, dan pastinya mampu bersaing dengan kompetitor!

Posted by: mayang