Placeholder canvas

Marketing di Masa Depan

Ekspektasi konsumen makin meningkat saat ini, konsumen selalu menginginkan hal yang baru sehingga pemasaran harus dibuat semakin relevant, useful, and assistive experiences. Untuk dapat bertahan di masa depan, berikut hal-hal yang harus diperhatikan oleh merek-merek dalam hal marketing.

1. Evolusi ketergantungan orang dengan smartphone

Kini banyak orang yang tidak bisa berpergian ke mana pun tanpa smartphone/gadget. Kita selalu membutuhkan smartphone  untuk mendapatkan informasi terkait apa yang harus diketahui, mencari tempat tujuan, ide kegiatan yang apa ingin dilakukan, hingga mencari tahu spesifikasi barang. 

Smartphone/gadget telah berevolusi menjadi asisten pribadi dengan pencarian mengetik hingga memakai suara. Menurut statistik Google, pencarian informasi dengan suara telah mencapai 20%.

Mengambil foto makanan dengan smartphone

2. Konsumen ingin mobile experience tanpa kesulitan

Saat ini lalu lintas internet cukup tinggi karena banyak orang yang memakai smartphone/gadget yang lebih dari satu. Melihat hal itu, website Anda perlu dioptimisasi untuk dapat loading dengan baik di jenis device apapun, baik laptop, tablet, maupun smartphone.

Para pemasar perlu memikirkan kembali cara optimisasi merek agar dapat sukses di masa akan datang. Google telah membuat suatu benchmark optimisasi website yaitu Accelerated Mobile Page (AMP). Benchmark ini telah dikembangkan selama 18 bulan. Anda dapat mengetahui website tersebut memiliki AMP atau tidak dengan melihat keberadaan tanda AMP. Jika ada mencoba membuka website tersebut dengan tanda “AMP”, biasanya loading halaman akan terbuka lebih cepat.

3. Sinergi dunia digital dan fisik

Dunia online dan offline kini tidak bisa dibatasi masing-masing. Kedua dunia ini harus dapat bersinergi untuk memaksimalkan produktivitas marketing. Tumbuhnya berbagai inovasi, memunculkan beragam jenis measurement tool untuk mengukur jejak konsumen melalui channel, gawai, dan tipe-tipe media untuk membantu menjembatani dunia digital dan fisik.

Dari data tools tersebut, para pebisnis dapat mengetahui ke toko mana dan apa yang dibeli. Sehingga dari data-data yang dapat dikumpulkan (baik diketahui atau tidak identitasnya), para pebisnis terutama marketing mampu mempelajari jejak tersebut untuk nantinya menjadi pertimbangan dalam decision making.

Sebab data yang dipelajari nyata dari kegiatan nyata. Harapannya, marketing dapat menyiapkan pemasaran yang lebih tepat sasaran.

Pencarian informasi lewat smartphone

4. Ekspektasi pemasaran meningkat

Iklan yang eye-catching tidak melulu menjadi cara untuk menarik perhatian audiens. Perhatian audiens terhadap suatu iklan akan terjadi saat mereka mampu menghubungkan produk dalam iklan dengan kebutuhan mereka.

Untuk membuat iklan yang personalized tersebut, pemograman berbagai tools dalam marketing pun telah mengalami revolusi. Banyak di antaranya lebih fokus dalam mengkombinasi data, mesin belajar (machine learning), dan otomatisasi untuk menghasilkan iklan dengan performa yang lebih baik. Data dari marketing tools ini dapat diimplementasikan dalam pembuatan media plan untuk rencana kampanye berikutnya, di mana sebuah fondasi dari kampanye sukses dibangun.

Agar dapat menciptakan kampanye yang sukses, data-data kampanye sebelumnya perlu dianalisis. Hasil analisis yang tepercaya mampu membantu dalam merekomendasikan keputusan yang tepat, serta menargetkannya berdasarkan tujuan Anda yang unik dan menyimpannya dalam histori. Sehingga nantinya Anda akan lebih mudah untuk mempelajari dan membuat strategi pemasaran dengan terstruktur.

Sambil menuju masa depan, sudahkah Anda mulai mempersiapkan bisnis Anda? Onero Solutions mampu membantu marketing bisnis Anda untuk menghadapi masa depan dengan digital marketing.

Don't forget to share this post!

Related Insights