Sebagai salah satu kegiatan keagamaan terbesar di Indonesia, umat muslim tidak sekedar melakukan ibadah dengan tekun dan rajin, namun aktivitas online pun cukup tinggi terutama di Google (Berdasarkan Google Trends Data 2015). 

Dari banyak kata kunci, Google pun membagi dalam 5 kategori tren pencarian tersebut. Berikut pencarian yang ada,apa pencarianmu ada di trends Google?

1. Penampilan

Jadwal puasa, dietpuasa, sampai puasa ibu hamil menjadi topik yang dicari dalam memanfaatkan puasa dengan kegiatan bermanfaat lainnya. Soal penampilan, tutorial hijab,menjaga kesehatan kulit, dan mengatasi bau mulut menjadi topik yang palingdicari dalam bulan puasa untuk menjaga penampilan baik.


2. Spiritual

Soal menjaga danmenambah iman, pencarian jiwa amalan ramadhan, kultum ramadhan, dan jadwalsholat penting untuk diketahui agar tidak tertinggal dan menambah amal baik dibulan yang penuh berkah.

3.Resep Makanan

Tidak ketinggalan resep - resep makanan wajib selama puasa maupun lebaran perludiketahui baik resep tradisional maupun masa kini. Tiga kata kunci terpenting yang dicari adalah menu puasa, kue kering, dan menulebaran.

4. Hiburan

Selama bulan puasa, banyak orang mencari hiburan yang mampu menyegarkan iman juga menjaga pikiran dari rasa lapar dan dahaga. Secara umum, yang dicari adalah permainan aplikasi, video agamis, lagu agamis, dan seri televisi bernuasa agamis. 

5.  Belanja

Berbelanja juga menjadi hal penting dalam Lebaran untuk berbelanja berikut e-commerce yangpaling di cari berdasarkan merek: Lazada, Tokopedia, Buka Lapak. Sementara katakunci perbelanjaan yang dicari adalah baju muslim, baju anak, dan gamis.

6. Perjalanan

Mudik adalah salah satu momen yang tidak mungkin dilewatkan oleh umat muslim setelah merayakan ramadan. Dalam merencanakan perjalanan, banyak yang mencari Traveloka, jalur mudik, tiket pesawat, dan tiket kereta api.

7. Merayakan Lebaran

Saat lebaran tiba, saling memaafkan menjadi hal yang menyenangkan dilakukan baik secara langsung maupun online. Mencari inspirasi ucapan lebaran, takbiran, dan gambar idul fitri untuk dibagikan tidak hanya untuk keluarga terdekat tapi kolega dan teman yang di daerah lain.


___

Sumber dari apac.thinkwithgoogle.com

Posted by: admin