Dalam dunia bisnis online yang dipenuhi dengan kompetisi dan inovasi, pemasaran online adalah strategi yang wajib untuk dikuasai oleh setiap pebisnis dari berbagai bidang.

Anda sebagai pebisnis wajib untuk mengetahui pemasaran online adalah apa untuk semakin mengembangkan bisnis, terutama Anda pebisnis pemula. Perlu diketahui, pemasaran online adalah segala cara yang bertujuan untuk memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan oleh pebisnis dengan memanfaatkan platform berbasis web, seperti media sosial, website, marketplace, dan lainnya.

Selain itu, teknik dan cara pemasaran online adalah hal yang perlu Anda ketahui juga dalam mengembangkan bisnis. Tak hanya menjelaskan pengertian pemasaran online adalah apa, pada artikel ini juga akan menjabarkan berbagai teknik pemasaran online yang tengah populer di Indonesia untuk membantu Anda mengembangkan bisnis dan bersaing dengan kompetitor di dunia digital.


Media Sosial

Pemasaran online adalah konsep yang tidak bisa dilepaskan dari peran media sosial. Pada era sekarang, media sosial bukan hanya digunakan sebagai platform untuk membagikan momen pribadi, namun juga tempat beriklan yang efektif dan tepat sasaran.

Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lainnya memiliki berbagai fitur iklan dan tampilan visual yang bermacam-macam untuk mendukung promosi Anda. Semua media sosial tersebut tidak hanya bisa meningkatkan brand awareness bisnis, namun juga menargetkan pasar secara spesifik. 

Selain itu, media sosial juga memiliki banyak pengguna yang bisa dijadikan sebagai target audiens iklan yang juga berpotensi sebagai pelanggan bisnis Anda.

Email

Pemasaran melalui email masih terbukti efektif hingga sekarang. Dengan adanya email, pebisnis bisa mengirimkan informasi katalog, promo, atau produk baru kepada pelanggan dan audiens iklan.

Selain itu, email juga menjadi platform yang tepat untuk strategi remarketing untuk re-marketing. Re-marketing bertujuan untuk menargetkan audiens iklan yang belum membeli produk, namun sudah pernah mengunjungi website atau media sosial Anda. 

Iklan di Mesin Pencari

Salah satu teknik populer pemasaran online adalah beriklan di mesin pencari Google atau biasa disebut SEM (Search Engine Marketing) dengan bentuk PPC (Pay Per Click). Anda akan melakukan ‘bidding’ untuk mendapatkan ranking teratas di Google supaya iklan tersebut bisa dilihat dan dikunjungi saat pengguna internet mencari produk atau jasa melalui keyword yang relevan dengan iklan.

Saat iklan PPC berjalan dengan baik, biaya yang akan Anda keluarkan akan sedikit dibandingkan income yang nantinya didapatkan. Misalnya saja, tiap klik ke web, Anda perlu membayar 10 ribu rupiah, tapi klik tersebut mendatangkan penjualan mencapai 1 juta rupiah dengan keuntungan bersih 100 ribu, maka Anda bisa mendapatkan untung yang cukup besar.

Influencer

Influencer dari berbagai media sosial adalah tipe pemasaran online yang juga tengah populer. Konsep influencer pemasaran online adalah sebuah cara menggunakan audiens untuk mendapatkan pelanggan untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, kehadiran influencer adalah jawaban untuk pemasaran online di era sekarang.

Optimisasi Mesin Pencari

Konsep optimisasi mesin pencari atau biasa disebut SEO, berbeda dengan beriklan di mesin pencari atau SEM. Sebab, SEO bisa dilakukan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Untuk menggunakan SEO, Anda bisa mendatangkan pelanggan dengan mengoptimasi keyword yang ada website yang muncul dari hasil organik di mesin pencari.

Pengertian pemasaran online adalah apa dan teknik-tekniknya wajib diketahui oleh setiap pebisnis. Sebelum melakukan pemasaran online, Anda bisa menyiapkan diri dengan mengikuti seminar, membaca buku, atau menonton video untuk memperkaya ilmu pemasaran online.

Selain itu, Anda juga bisa menyewa digital agency untuk membantu memasarkan produk secara online. Salah satu digital agency yang bisa Anda andalkan untuk pemasaran online, yaitu Onero Solutions.

Onero Solutions adalah digital agency profesional yang telah berpengalaman dalam memasarkan berbagai jenis bisnis secara online. Onero Solutions dapat menggunakan teknik-teknik pemasaran online di atas untuk mengembangkan bisnis Anda.

Selain pemasaran online, Onero Solutions juga mampu melakukan optimasi SEO dan maintenance social yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan bisnis. Menariknya lagi, Anda yang belum memiliki website toko online, juga bisa menggunakan layanan Onero Solutions. Tidak sampai di situ, Onero Solutions juga bisa membuat web company profile, mobile app, company profile, dan melakukan maintenance web. Paket lengkap, bukan? Segera kembangkan bisnis online Anda bersama Onero Solutions!

Posted by: mayang