Website E-commerce saat ini sedang digandrungi oleh banyak pengguna internet, terutama bagi masyarakat yang suka belanja online. Kemudahan yang ditawarkan website e-commerce membuat bisnis semakin laris dipasaran dan penjual online terus kebanjiran orderan. Hal inilah yang membuat belanja online saat ini menjadi bentuk dari lifestyle. Seba, kini belanja online semakin diminati karena tidak perlu lagi kepanasan saat berbelanja, membawa uang receh, dan tidak perlu bersusah payah membawa belanjaan karena barang akan langsung datang di depan rumah. 

Hal-hal seperti ini membuat para pebisnis ingin memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membuat website e-commerce khusus untuk brandnya sendiri. Dengan membuat website e-commerce, maka juga akan memudahkan pebisnis dalam mendapatkan lebih banyak customer. Mengingat pengguna internet di Indonesia saja sudah mencapai 217 juta jiwa dari 277 juta jiwa. Besar sekali bukan peluangnya? 

Akan tetapi, kendala yang dirasakan oleh para pebisnis saat akan membuat website e-commerce, yaitu memilih antara membuat sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website ecommerce. Nah, jika Anda demikian sedang kebingungan memilih, untuk memudahkan dalam menentukan pilihan, sebaiknya Anda mengetahui kekurangan dan kelebihan di antara keduanya. Berikut ini penjelasan kelebihan kekurangan dari membuat sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website ecommerce. 



Membuat Website Sendiri

Pembuatan website e-commerce sebenarnya bisa saja dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa pembuatan website ecommerce. Selain akan menghemat biaya, membuat sendiri juga bisa memudahkan Anda memasukkan fitur-fitur di dalam website e-commerce sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian, Anda juga bisa mendesain website sesuai dengan selera. 

Akan tetapi, memang memerlukan waktu yang panjang dan pemahaman lebih mengenai dunia IT untuk membuat website e-commerce sendiri. Hal ini mengingat fitur yang harus ada di dalam website ecommerce cukup banyak dan kompleks. Berikut ini kelebihan dan kekurangan lain dari membuat web ecommerce sendiri.

Kekurangan 

Kekurangan dari membuat website e-commerce sendiri, yaitu Anda harus mengerjakan sendiri semuanya dan belum tentu fitur-fitur kompleks bisa Anda masukkan sendiri. Selain itu, juga waktu pengerjaan bisa lebih lama jika Anda mengerjakannya sendiri. 
Kelebihan

Akan tetapi, kelebihan yang Anda dapatkan, yaitu bisa membuat desain sesuai dengan selera dan akan lebih menghemat biaya pengeluaran.

Pakai Jasa Pembuatan Website Ecommerce

Pembuatan website menggunakan jasa pembuatan website ecommerce akan memudahkan Anda dalam pengerjaan. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu memikirkan bagaimana cara membuat website e-commerce atau memikirkan bagaimana cara membuat khalayak tertarik untuk mengunjungi website e-commerce Anda. Selain itu, jasa pembuatan website ecommerce juga dapat memberikan banyak fitur yang sekiranya Anda tidak dapat mengerjakan sendiri, seperti SEO, SEM, social media ads, atau digital marketing. Untuk lebih rincinya, berikut ini kekurangan dan kelebihan dari menggunakan penyedia jasa. 

Kekurangan

Jika Anda menggunakan penyedia jasa, maka kekurangan yang Anda rasakan, yaitu pada biaya yang harus dikeluarkan. Sebab, bisa saja pengeluaran Anda akan jauh lebih banyak jika menggunakan penyedia jasa. Terlebih jika penyedia jasa yang Anda gunakan tidak profesional, bisa-bisa website yang Anda dapatkan tidak sesuai ekspektasi.

Kelebihan

Tentunya dengan menggunakan penyedia jasa, akan ada banyak kelebihan yang akan didapat, seperti penggunaan fitur digital marketing, pasang banner iklan pada website atau optimasi seperti SEO yang bisa membuat website Anda semakin mudah dikenal pengguna internet. SEO yang bekerja dengan memunculkan website di halaman pertama Google memudahkan customer menemukan website Anda. 

Itulah beberapa perbandingan membuat website sendiri dan menggunakan penyedia jasa. Menurut Anda, lebih baik mana, membuat web sendiri atau menggunakan penyedia jasa? Apa pun pilihannya pastikan fitur-fitur untuk website e-commerce Anda lengkap dan nyaman untuk diakses ya. 

Nah, jika Anda memilih untuk menggunakan penyedia jasa, ada baiknya jika menggunakan jasa pembuatan ecommerce yang sudah profesional agar keuntungan seperti di atas bisa didapat dengan maksimal. Salah satu jasa pembuatan website ecommerce yang bisa Anda gunakan, yaitu Onero Solutions

Onero Solutions merupakan jasa buat web ecommerce yang telah berpengalaman sejak tahun 2013. Selain handal membuat ecommerce, Onero Solutions juga melayani pembuatan company profile, website pribadi, dan lainnya. Tiap jenis web buatan Onero Solutions pun dapat dilengkapi dengan fitur-fitur fungsional untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung web dan tentunya untuk mencapai goals Anda.

Tak hanya melayani pembuatan berbagai jenis web, penyedia jasa ini juga melayani desain web, maintenance web, pembuatan mobile app, melakukan optimasi SEO, digital marketing, dan maintenance media sosial. Anda bisa menggunakan semua layanan Onero Solutions untuk mengembangkan bisnis online. Butuh penyedia jasa untuk buat ecommerce? Onero Solutions adalah solusinya!

Posted by: syachfara