Teknologi tidak sekedar menambah ruang dalam kehidupan sehari-hari namun menjadi bagian besar dalam hari-hari besar di Indonesia. Ramadan menjadi hari besar bagi umat muslim yang tidak terlepas dari teknologi. Dapat dilihat pemakaian ponsel pintar di Indonesia berkisar 47,6% dari populasi, lebih tinggi dibandingkan dengan pemakaian komputer sebesar 1,7% (1). Ponsel pintar menjadi hal yang lebih penting dibandingkan terutama dalam kegiatan rangkaian Ramadan hingga nanti.

Dalam Ramadan, berkumpul bersama keluarga, mempebaharui iman dan makanan lezat menjadi kenikmatan sendiri dalam menjalaninya. Dengan banyaknya hal yang harus dilakukan dalam bulan suci ini, masyarakat memanfaatkan internet sebagai sumber informasi dari keperluan. Keperluan tersebut seperti mencari inspirasi doa, jadwal, serta resep tradisional, serta hal yang paling penting yaitu mulai merencanakan pulang kampung.

Berdasarkan observasi baik sebelum, saat, dan sesudah Ramadan, banyak hal yang dicari. Untuk kata kunci yang paling dicari berhubungan dengan ‘kepergian’ dan ‘tiket perjalanan’ (2). Seperti pencarian tiket kereta api cukup tinggi dua bulan sebelumnya, sebab mempersiapkan rencana perjalanan dari awal menjadi penting. Salah satunya untuk mendapatkan tiket murah.


Dalam momen Ramadan, membangun mobile strategy dalam momen ini menjadi penting mengeksistensi merek. Caranya dengan mengatur merek dengan kata kunci yang berhubungan dengan Ramadan. Contoh kata kunci seperti ‘amalan ramadhan’ dan ‘jadwal puasa’ (3)

Dalam bukan bulan Ramadan, masyarakat Indonesia tidak terlalu menggunakan ponsel pintar saat makan siang dan jam kerja. Saat Ramadan justru berbanding terbalik. Untuk menghindari rasa lapar atau menunggu, masyarakat memakai ponsel pintar untuk bermain games aplikasi, menonton Youtube seperti video religi atau dakwah, juga sekedar melihat-lihat sosial media.

Selain pengaksesan internet untuk hiburan, pencarian mengenai belanja juga menjadi hal penting saat ramadan. Dimana masyarakat melewatkan waktu untuk melihat-lihat barang-barang saat sahur dan akan berbuka meningkat sebanyak 28%. Yang dicari masyarakat adalah promo kartu kredit, peralatan memasak, telepon genggam baru, terutama baju meningkat 2,8 kali (4)

Apalagi ketika masyarakat mulai menerima Tunjangan Hari Raya menjangkau konsumen dalam rangka membelanjakan uangnya setelah mendapat tunjangan hari raya untuk membeli baju baru untuk lebaran. Pencarian meningkat dengan kata kunci ‘harga’ dan ‘promosi’ sebesar 40%4

Ketika membicarakan soal Lebaran, mencari tiket pulang untuk Lebaran juga menjadi salah satu hal penting yang dicari menggunakan Google. Biasa pencarian ini dilakukan tidak hanya Ramadan namun juga sebelum bulan Ramadan, demi mendapatkan tiket murah.

Pada akhirnya baik menikmati keindahan Ramadan saat bersama keluarga maupun berbagi di sosial media, mari kita berbagi sukacita dan berkah untuk saling membersihkan dan menyegarkan jiwa kita kembali.


___

  1. CNN Indonesia,
  2. Think With Google
  3. Tempo.co 
  4. Kompas

Posted by: admin