Apakah Anda pernah mendengar istilah Search Engine Marketing (SEM)? Ya, mesin pencari yang biasanya Anda pakai untuk mencari apapun di internet bisa menjadi ‘billboard’ online untuk para pelaku bisnis. 

Dalam sistem search engine marketing, mesin pencari memakai algoritma khusus yang membuat hasil yang dicari pengguna akan diurutkan dari yang paling relevan. Namun, dengan memakai search engine marketing, hasil dari pencarian akan menunjukkan website yang diiklankan terlebih dahulu ketimbang hasil pencarian yang bersifat organik.

Perlu diketahui, search engine marketing dapat menjadi kunci sukses untuk pebisnis online. Mengapa search engine marketing adalah kunci sukses bisnis online? Berikut ini sejumlah alasan mengapa Anda harus mencoba jenis strategi marketing online tersebut.


1.     Prioritaskan Website Anda di SERP (Search Engine Results Page)

Search engine marketing adalah sebuah strategi utama jika ingin pengguna internet menemukan website Anda di halaman pertama pencarian. 

Sebagai sebuah contoh, Anda menjual jasa bordir pakaian partai. Ketika ada seseorang yang mencari keyword tertentu yang merujuk ke jenis jasa Anda, seperti keyword ‘jasa bordir pakaian’, ‘bordir partai’, dan ‘bordir pakaian online’. Mesin pencari akan memprioritaskan website Anda menjadi yang paling atas di halaman pertama pencarian di atas hasil pencarian yang organik atau tanpa diiklankan. 

Biasanya, website yang mampu muncul di halaman pertama akan lebih melek sistem SEO (Search Engine Optimization). Akan tetapi, jika dibandingkan dengan SEO, search engine marketing adalah jenis paid search yang memberikan hasil lebih cepat untuk memastikan website Anda di pencarian utama.

2.     Memiliki Target Spesifik

Anda sebagai pebisnis sekaligus marketer akan sangat terbantu dengan jenis marketing ini. Sebab, mesin pencari akan membantu mempertemukan Anda dengan konsumen di dunia maya yang spesifikasi sudah diatur oleh algoritma khusus mesin pencari. 

Dengan demikian, apa yang dicari oleh calon konsumen akan langsung disediakan oleh mesin pencari Google. Kemudian, semakin Anda memaksimalkan potensi website sekaligus menggunakan paid search, maka akan semakin dekat pula dengan calon konsumen. Bisa dikatakan, search engine marketing adalah jalan bertemunya konsumen dengan penjual di Google.

3.     Menyesuaikan dengan Budget

Digital marketing yang menggunakan fitur iklan online, terutama search engine marketing di artikel ini juga bisa menyesuaikan dengan budget yang sudah Anda persiapkan. Sebab, sistem search engine marketing adalah dengan Pay Per Click (PPC), maka iklan hanya dibayar sesuai seberapa banyak iklan Anda diklik oleh pengunjung. 

Ketika budget sudah tidak mencukupi lagi untuk memakai search engine marketing, maka Anda juga bisa memberhentikan iklan secara otomatis dan memakainya lagi ketika budget kembali normal untuk menggunakan marketing ini. Search engine marketing adalah jenis promosi yang fleksibel, bukan?

Semua tipe bisnis cocok dengan strategi marketing online ini. Dengan memanfaatkan mesin pencari, yaitu Google sebagai sumber informasi internet utama di seluruh dunia, Anda bisa semakin mendekatkan diri dengan konsumen melalui platform ini. Akan tetapi, memaksimalkan strategi ini juga memerlukan perencanaan dan persiapan website untuk target bisnis berjangka panjang.

Bila tertarik menggunakan search engine marketing untuk mengiklankan bisnis, Anda bisa menggunakan digital agency terbaik untuk membantu mengelolanya, seperti Onero Solutions. 

Sebagai digital agency terbaik dan ternama di Indonesia, Onero Solutions memiliki layanan digital marketing yang handal dalam mengiklankan bisnis. Tidak hanya beriklan di mesin pencari, Anda pun bisa menggunakan jasa Onero untuk mengiklankan bisnis di media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Selain handal dalam dunia digital marketing, Onero juga memiliki layanan lainnya. Mulai dari pembuatan company profile, web toko online, mobile apps, custom apps, maintenance web, desain website, optimasi SEO, hingga maintenance social media. Lengkap banget, ya?

Anda pun tidak perlu khawatir akan mengeluarkan kocek besar karena Onero bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Selain itu, Anda pun bisa mengonsultasikan kebutuhan digital marketing kepada Onero Solutions.

Posted by: mayang