Jika ingin membuat website khusus jualan online, maka artikel ini sangat cocok untuk Anda! Sebagai pebisnis, Anda memang harus siap dengan segala perkembangan agar bisa bersaing dengan para kompetitor di dunia digital. 

Salah satu hal yang perlu Anda persiapkan untuk bersaing di dunia digital, yaitu membuat website jualan. Tentu saja Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan membuat web jualan dibanding hanya mengandalkan media sosial dan marketplace.

Dengan memiliki website jualan, Anda bisa membangun brand awareness lebih profesional di mata pelanggan. Selain itu, penjualan barang ataupun jasa yang ditawarkan juga lebih terpusat karena Anda dapat leluasa dalam mengatur penjualan dengan mudah. 

Anda pun bisa melakukan promosi sesuai keinginan di web tersebut. Banyak sekali bukan keuntungan dari membuat web jualan?

Nah, bagi yang tertarik dan sudah tidak sabar ingin membuat web jualan, berikut artikel ini telah merangkum sederet cara membuat website jualan yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.


Memilih Web Builder yang Cocok

Cara membuat website jualan yang pertama, yaitu memilih web builder yang cocok. Ada banyak website builder yang bisa Anda pilih, seperti WordPress, Wix, Joomia, Shopify, Blogger, Squarespace, Drupal, Laravel, dan Ruby on Rails. Dari banyaknya web builder yang ada, WordPress adalah web builder yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. 

Pada artikel ini akan dijabarkan tutorial memakai WordPress. Sebab, WordPress mudah digunakan dan memiliki banyak fitur gratis. Selain itu, tampilan WordPress dapat responsif di berbagai perangkat, baik di desktop maupun mobile.

Memilih Nama Domain dan Hosting

Setelah memilih WordPress, Anda bisa melanjutkan cara membuat website jualan dengan memilih nama domain dan web hosting. Nama domain akan mencerminkan alamat website. Sedangkan, web hosting berperan sebagai tempat penyimpanan data dari web. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki kedua elemen tersebut untuk melengkapi pembuatan website jualan.

Pilihlah domain yang mudah diingat dan tetap menampilkan profesionalitas bisnis. Anda bisa memilih ekstensi .com dan .net untuk pemilihan domain agar web jualan tampak lebih kredibel di mata pelanggan. Selain itu, dua ekstensi tersebut pun populer di kalangan masyarakat.

Kemudian, pilihlah hosting yang memiliki space server sesuai kebutuhan Anda. Untuk memilih nama domain dan space hosting, Anda bisa membeli dari penyedia jasa yang menjual domain dan hosting.

Menginstall Web Builder yang Dipilih

Untuk tahapan cara membuat website jualan selanjutnya, yaitu menginstall WordPress. WordPress bisa di-install dengan dua cara, yaitu cara one-click-installation atau manual. Nah, Anda bisa dengan mudah memilih one-click-installation. Kemudian, ikuti petunjuk berikutnya dengan mengisi data untuk login ke akun WordPress Anda.

Mendesain Web Jualan

Cara membuat website jualan berikutnya adalah mendesain web. Anda bisa memilih tema, fitur, dan tambahan lainnya untuk membuat web jualan tampak terlihat profesional dan menarik. Anda bisa mengeksplor tema dan fitur di Elementor yang bisa dicari di Plugin.

Launching dan Sebarkan!

Website Anda sudah jadi dan tinggal disebarkan di media sosial. Jangan lupa undang kerabat Anda untuk mengunjungi website jualan untuk membantu perkembangan bisnis.

Itulah cara membuat website jualan yang mudah dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika kesulitan mencoba cara membuat website jualan di atas, tidak ada salahnya Anda menyewa jasa pembuatan web profesional, seperti Onero Solutions. 

Onero Solutions adalah jasa pembuatan web profesional yang telah berpengalaman menghasilkan berbagai jenis web untuk beragam bidang bisnis sejak tahun 2013. Onero Solutions dapat membuatkan Anda web jualan dengan desain menarik yang dilengkapi berbagai fitur canggih untuk membantu kemudahan dalam berjualan online, seperti adanya fitur live chat, shopping cart, beragam metode pembayaran, serta lainnya.

Selain bisa buat web jualan, Onero Solutions pun bisa membuat web company profile, mobile app, custom app, dan melakukan maintenance web. Tak hanya berurusan dengan web, jika menginginkan bisnis online dikenal banyak pengguna internet dan mendapatkan banyak pelanggan, Anda bisa menggunakan jasa lainnya dari Onero Solutions, yaitu digital marketing, optimasi SEO, dan maintenance social media.

Dengan menggunakan jasa Onero Solutions, dijamin bisnis online Anda dapat bersaing dengan para kompetitor dan tentunya bisa mendapatkan omzet besar!

Posted by: mayang