Menurut Statcounter, 27,5% dari total pengguna internet di Indonesia menggunakan Youtube sebagai media sosial untuk platform berbagi video. Youtube hanya satu tingkat di bawah popularitas Facebook, yaitu media sosial yang paling banyak dipakai di Indonesia.

Besarnya audiens Youtube membuat media sosial ini tidak ketinggalan dalam pasar periklanan online. Apalagi Youtube dimiliki langsung oleh mesin pencari nomor satu di dunia, yaitu Google.

Cara pasang iklan di Youtube banyak dicari oleh pebisnis untuk mempromosikan produk, jasa, atau sekedar kampanye untuk brand awareness. 

Apakah Anda tertarik beriklan di Youtube, namun belum mengetahui cara pasang iklan di Youtube? Jika iya, jangan khawatir! Artikel ini akan menjelaskan step by step cara memasang iklan di Youtube dengan mudah. Mari simak cara pasang iklan di Youtube di bawah ini.


1.     Upload Video Iklan Terlebih Dahulu

Anda sudah memiliki channel Youtube resmi untuk bisnis Anda, bukan? Jika sudah, langkah pertama cara pasang iklan di Youtube ialah mengunggah video yang akan dijadikan iklan terlebih dahulu.

2.     Buat Iklan Baru di Google Ads

Setelah mengunggah video yang akan dijadikan iklan, Anda perlu membuka Google Ads untuk melanjutkan cara pasang iklan di Youtube. Google Ads manager akan menampilkan berbagai jenis-jenis iklan atau kampanye yang bisa Anda pilih. Kemudian, pilihlah “Video”.

Dengan memilih video, Anda akan diarahkan untuk memilih tujuan dari iklan. Apakah untuk menambah leads (orang yang berpotensi untuk menjadi pembeli), website traffic, product and brand consideration (pertimbangan produk dan merek), atau brand awareness. Jika ingin menargetkan iklan tanpa goal spesifik, Anda juga bisa memilih untuk tidak memakai objektif atau tujuan iklan.

3.     Atur Detail Iklan

Detail iklan meliputi nama kampanye atau iklan, budget perhari, durasi, lokasi iklan, bahasa, lokasi target iklan, cara membayar, tipe video yang sesuai dengan iklan, dan konten yang menjadi pengecualian dari iklan Anda.

Dikarenakan iklan Anda akan dimasukkan ke video orang lain, Anda dapat memilih tipe video yang sesuai dengan iklan. Misalnya saja, jika menjual mainan anak-anak, maka Anda perlu memasukkannya ke video-video yang ditujukan untuk usia anak-anak, seperti kartun, film animasi pendek, dan lainnya. 

Dalam tahapan cara pasang iklan di Youtube ini, Anda harus teliti dalam menentukan detail iklan Anda agar target yang ingin dicapai bisa terpenuhi.

4.     Atur Target Audiens

Pengaturan target audiens Youtube juga ada di Google Ads. Anda bisa memilih demografi audiens, seperti umur, jenis kelamin, penghasilan, dan detail kriteria lainnya yang bisa diisi sendiri.

5.     Pilih Penempatan Iklan

Penempatan iklan diatur dengan pemilihan keyword, topik, dan lokasi di Youtube untuk iklan Anda. Iklan di Youtube bisa ditempatkan di dalam video atau menu search.  

6.     Pilih Iklan

Iklan yang sudah Anda unggah bisa dipilih, kemudian pilih “Save and Continue”.

7.     Atur Tipe Iklan

Tipe iklan di Youtube Ads bisa berupa in-stream (berada di awal, akhir, atau pertengahan video orang lain), video discovery (muncul ketika ada pencarian yang relevan), bumper (iklan singkat 5 detik), dan masthead (iklan otomatis yang berdurasi selama 30 detik di beranda Youtube). Untuk mengakhiri cara pasang iklan di Youtube, Anda hanya perlu “Save and Continue”, lalu “Continue to Campaign”.

Apakah setelah membaca beberapa cara di atas Anda masih bingung cara pasang iklan di Youtube? Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan jasa digital agency yang handal, seperti Onero Solutions.

Onero Solutions adalah digital agency profesional dan ternama di Indonesia. Anda bisa menggunakan jasa digital marketing dari Onero Solutions untuk pemasangan iklan di berbagai platform, termasuk Youtube. 

Jangan khawatir dengan budget! Anda bisa berkonsultasi secara gratis mengenai budget yang dimiliki dengan kebutuhan kepada Onero Solutions sehingga mereka bisa menyesuaikan dengan pesanan. Selain memasang iklan, Onero Solutions pun dapat mengoptimasi SEO dan melakukan maintenance social media.

Tak hanya itu, Onero Solutions juga memiliki layanan canggih lainnya. Mulai dari pembuatan mobile app, custom app, company profile, web toko online, design web, hingga maintenance website. Paket komplit, kan? Anda bisa menyewa semua layanan Onero untuk membantu mengembangkan bisnis. Dijamin bisnis Anda akan kebanjiran pembeli, dapat bersaing dengan kompetitor di internet, dan pastinya mendapatkan omzet besar!

Posted by: mayang