Toko online atau e-commerce adalah sebuah website yang memuat informasi penjual dan produk serta dilengkapi dengan sistem transaksi jual-beli. Toko online ini dinilai lebih efektif dalam melakukan promosi dan lebih mudah digunakan untuk melakukan pembelian karena pengguna hanya harus mengakses toko berbekal internet. Berbagai kelebihan toko online ini membuat ribuan orang mulai ikut membangun toko online-nya sendiri sehingga persaingannya cukup tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan jasa pembuat website toko online supaya Anda bisa mendapatkan toko online yang menarik, rapi, nyaman, dan mudah digunakan. Salah satu aspek penentu kualitas toko online adalah tampilan atau desain toko. Biasanya, pihak penyedia web mampu memberikan Anda berbagai pilihan desain toko yang menarik dimana Anda bisa mengikuti desain template atau membuat desain custom. Namun, karena Anda akan membuat toko online, Anda harus memastikan desain tersebut unik, menarik, dan eksklusif. Maka, akan lebih baik jika Anda memilih desain custom.

Kemudian, bagaimana menentukan nuansa desain toko yang Anda butuhkan apabila Anda sendiri merupakan awam di dunia desain web? Berikut beberapa tipsnya.


Tips Tentukan Desain Toko Online


·         Kumpulkan referensi

Langkah pertama dalam menentukan desain yang Anda butuhkan untuk toko online adalah dengan mengumpulkan referensi. Referensi ini bisa didapat dari mana saja, intinya Anda harus mencari tampilan-tampilan website yang Anda sukai dan kira-kira cocok untuk website toko online Anda nantinya. Pertimbangkan desain seperti apa yang mampu membuat toko online Anda terlihat menarik dan nyaman digunakan oleh para pengguna.

·         Cek tren desain web

Jangan lupa untuk mengecek tren desain web saat akan menentukan desain toko. Anda bisa melihat komponen apa saja yang biasanya digunakan di website-website yang menarik sebelum kemudian mendiskusikannya dengan jasa web yang Anda pilih untuk mendesain toko online. Anda bisa menggunakan tema-tema atau dekorasi tertentu, apapun yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk membangun toko online yang terlihat berkualitas dan terpercaya.

·         Pilihlah warna yang mewakili

Tentukan warna yang mewakili toko online Anda sebagai warna utama dalam nuansa website toko Anda nantinya. Misalnya, Anda menjual peralatan kosmetik wanita dan Anda ingin supaya website Anda terlihat feminim, cantik, dan manis. Anda bisa saja menggunakan warna pink atau warna-warna yang identik dengan kesan feminim. Dengan begini, pengguna juga akan merasa nyaman dan langsung memahami bahwa toko Anda memang utamanya diperuntukkan bagi wanita.

·         Keep it simple

Selalu usahakan agar desain toko Anda simpel. Jasa pembuat web biasanya sudah memahami hal ini sehingga Anda pun harus mengerti bahwa website yang terlalu penuh malah berisiko membuat pelanggan merasa terdistraksi serta bingung. Gunakan 2-3 warna saja dan gunakan layout yang mudah dipahami oleh pengguna. Diskusikan hal ini dengan jasa pembuat web dan karena Anda menggunakan desain custom, hal ini akan membuat website Anda memiliki nilai tambah di mata pelanggan.

 

·         Desain sebagai penunjang

Jadikan desain sebagai penunjang sistem website, bukan sebatas dekorasi saja. Maksudnya, desain toko online Anda harus responsif dan mendukung website menyampaikan tujuannya, yaitu mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk Anda.

Belum ada gambaran untuk desain toko online Anda nanti? Anda dapat menemukannya lewat layanan kosultasi Bersama Onero Solutions. Onero merupakan jasa web developer yang dapat membantu Anda mendapatkan toko online dengan desain yang sesuai dengan bindang usaha Anda. Untuk mendapatkan desain yang pas, Anda akan ditanya seputar gambaran usaha Anda dan segment pasar yang Anda tuju, dengan begitu desain toko online akan sejalan dengan kebutuhan Anda baik dari segi UI maupun UX.

Sehingga, toko daring Anda tak hanya enak dipandang namun juga memberikan kenyamanan kepada pengunjung yang menemukan Anda di Internet. Onero sudah berpengalaman menangani ratusan project dalam bentuk membangun website toko online untuk berbagai bidang bisnis para client. Selain menghadirkan toko online yang terlihat menarik dan trendi, Onero juga memberikan jaminan website yang SEO friendly sehingga akan mudah ditemukan di mesin pencari Ketika melakukan optimasi SEO. Cek website Onero disini dan dapatkan informasi lebih lanjut.

Posted by: rizki
Tags: Desain Toko