Placeholder canvas

9 Tren Penjualan yang Perlu Diperhatikan di 2023 Menurut Para Ahli

Tahun 2023 akan membawa tantangan dan perubahan unik, termasuk dalam lanskap penjualan. Permainan penjualan tidak akan sama seperti sekarang, dan sangat membantu untuk memahami transisi tersebut sejak dini. Berikut adalah beberapa tren penjualan yang paling penting untuk diwaspadai di tahun 2023.

Menjual Masalah, Bukan Solusi

Bayangkan menjual sebuah buku. Anda bisa menyebutkan beberapa statistik tentang berat dan dimensi buku tersebut, tetapi Anda mungkin akan lebih sukses menjual cerita di dalamnya dan bagaimana cerita tersebut dapat memperkaya kehidupan pembaca. Dalam konteks demo penjualan, seberapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk fitur dan fungsi produk Anda dibandingkan dengan masalah yang dapat diselesaikan oleh produk tersebut?

Lebih Banyak Titik Kontak

Jarang sekali penjualan terjadi pada kontak pertama dengan prospek. Dalam kenyataannya, proses tersebut memerlukan beberapa titik kontak. Namun, rata-rata penjual hanya melakukan dua upaya untuk mencapai prospek. Di tahun 2023, sangat penting untuk menerapkan pendekatan multi-titik untuk membangun hubungan berkualitas.

Freemium

Model freemium, di mana pengguna dapat mencoba produk atau layanan secara gratis sebelum memutuskan untuk membayar, akan menjadi semakin populer. Model ini membagi pengguna menjadi dua tingkat, gratis atau premium, dengan harapan bahwa pengguna gratis akhirnya akan meningkatkan ke akun berbayar.

Pelanggan menjadi Prioritas

Penjual akan lebih fokus pada mempertahankan dan memperluas hubungan dengan pelanggan yang sudah ada daripada mencari pelanggan baru. Ini berarti menciptakan peluang untuk mengembangkan, terutama melalui up-selling dan cross-selling.

Hierarki Merata

Struktur organisasi penjualan akan menjadi lebih datar dengan lebih banyak penjual dan manajer yang kurang. Hal ini akan memungkinkan lebih banyak peluang bagi penjual saat industri berkembang.

Pentingnya Personalisasi

Pendekatan satu ukuran untuk semua semakin tidak relevan. Penjual harus menyesuaikan pendekatan mereka untuk setiap prospek atau pelanggan.

Spesialisasi dalam Pasar Vertikal

Penjual akan semakin fokus pada pasar atau industri tertentu, yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan pesan dan penawaran mereka lebih efektif.

Budaya Penjualan menjadi Prioritas Utama

Budaya penjualan yang kuat dan positif akan menjadi semakin penting untuk menarik dan mempertahankan penjual yang berbakat.

Melalui CRM

CRM dengan fitur pelacakan panggilan dapat membantu penjual mencapai lebih banyak.

Jika dari semua tren Anda ingin mencoba CRM, Onero Solutions menghadirkan layanan CRM Satuin yang bisa memudahkan Anda terhubung dengan konsumen. Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai CRM milik Onero, silahkan isi form di bawah ini.

Don't forget to share this post!

Related Insights