skip to content

Apa itu Inbound Marketing?

Inbound marketing merupakan cara untuk menarik pelanggan dengan menciptakan konten yang valuable yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Jika pemasaran dengan outbound marketing dilakukan dengan mengganggu audiens melalui konten yang tidak selalu mereka inginkan, inbound marketing berusaha untuk menjembatani kebutuhan audiens dan menyediakannya solusi atas masalah mereka.

Table of Contents
    Add a header to begin generating the table of contents

    Apa Itu Metodologi Inbound?

    Metodologi inbound merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda dengan membangun relasi yang baik dan panjang dengan audiens, calon pelanggan, dan pelanggan. Cara ini digunakan untuk membantu audiens mendapatkan keinginan mereka di setiap tahapan mereka berinteraksi dengan produk/jasa Anda. Mengapa demikian? Karena kesuksesan pelanggan adalah kesuksesan Anda.

    Metodologi inbound diterapkan dengan 3 cara:

    1. Attract: menarik audiens yang tepat dengan konten yang valuable sehingga audiens menjadikan Anda sebagai sumber terpercaya atau expertist dalam industri Anda.
    2. Engage: menyampaikan insight dan solusi yang sesuai dengan masalah dan tujuan audiens sehingga mereka mau menggunakan produk/jasa Anda.
    3. Delight: menyediakan bantuan dan dukungan untuk pelanggan agar puas dengan produk/jasa yang mereka beli.

    Ketika pelanggan merasa puas dengan transaksi mereka dan membagikan pengalamannya dengan orang lain, pelanggan baru akan datang untuk produk/jasa Anda. Dengan cara ini, Anda akan menciptakan strategi marketing yang mandiri. Inbound metodologi akan menjadi pondasi yang kuat untuk flywheel Anda.

    Apa itu Flywheel?

    Flywheel adalah bisnis model yang kami adopsi untuk menggambarkan momentum yang dapat diperoleh organisasi Anda dengan memprioritaskan dan memberikan user experience yang baik.

    Flywheel Graphic Full

    Anda dapat memutar dan membangun momentum di Flywheel dengan berinvestasi pada strategi yang tepat dalam memperoleh dan mempertahankan pelanggan.

    Apapun yang menjadi hambatan dan memperlambat Flywheel Anda akan dikenal sebagai friksi (gesekan). Sumber friksi terbesar bagi pelanggan adalah masalah internal tim sehingga keselarasan dan komunikasi antartim adalah kunci utama untuk menjaga Flywheel tetap berputar.

    Flywheel Graphic Inbound Marketing

    Ketika Flywheel Anda berdasarkan metodologi inbound, fungsi pemasaran, penjualan, dan layanan Anda dapat menambah kekuatan dan mengurangi hambatan selama fase attact, engage, dan delight.

    Misalnya, dalam fase attrack, tim marketing kemungkinan akan memiliki peranan yang besar dengan melakukan hal-hal seperti blogging, event marketing, dan paid ads. Tetapi tim sales juga dapat menambah kekuatan tim dengan terlibat dalam social selling, dan tim customer service Anda dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan dengan memberi solusi yang tepat.

    Setelah Anda mendapatkan cukup banyak pelanggan, berinteraksi, dan membuat pelanggan senang, mereka dapat membuat Flywheel Anda terus berputar dengan mempromosikan produk/jasa Anda ke circle mereka hingga mendatangkan pelanggan baru untuk Anda. Seiring berjalannya waktu, Flywheel memungkinkan bisnis Anda untuk tumbuh terus-menerus tanpa banyak berinvestasi dalam akuisisi pelanggan.

    Yuk, kita bahas strategi inbound marketing lebih detail.

    Strategi Inbound Marketing

    Strategi ini akan membantu Anda memasarkan produk/layanan secara efektif ke target audiens. Di bawah ini terdapat strategi untuk setiap metode inbound, yaitu attrack, engage, dan delight agar Flywheel Anda terus berputar dan membantu bisnis Anda tumbuh lebih baik.

    - Strategi Attracting

    Strategi inbound marketing yang menarik target audiens dengan cara menyediakan konten yang valuable.

    Untuk menjangkau audiens, mulailah dengan membuat dan menerbitkan konten yang memberi manfaat ke audiens, bisa berupa blog, email, maupun media sosial. Contohnya, panduan cara menggunakan produk Anda, informasi bagaimana produk/layanan Anda bisa mengatasi kendala audiens, testimoni pelanggan, dan detail promo atau diskon.

    Untuk menarik audiens ke tingkat selanjutnya, optimalkan konten Anda dengan strategi SEO. SEO mengharuskan Anda menargetkan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan produk atau layaman Anda dan menginformasikan manfaat produk terhadap masalah yang audiens miliki.

    Hal ini akan menyebabkan konten atau informasi yang Anda tulis tampil di halaman pencarian mesin pencari secara organik ketika audiens mencari suatu informasi. Audiens yang melakukan pencarian di mesin pencari merupakan pelanggan yang tepat untuk bisnis Anda.

    - Strategi Engaging

    Ketika menggunakan strategi inbound untuk meningkatkan keterlibatkan audiens, gunakan cara komunikasi yang membuat mereka ingin membangun hubungan jangka panjang dengan Anda. Saat menggunakan strategi ini, masukkan informasi tentang nilai yang dapat Anda berikan kepada audiens. Strategi engaging dapat mencakup tentang cara Anda menangani dan mengelola calon pelanggan. Fokuslah pada bagaimana cara customer service atau sales menangani pesan maupun telepon dari orang-orang yang tertarik dengan produk/layanan Anda. Selain itu, pastikan Anda selalu menjual solusi bukan produk. Hal ini akan membuat semua transaksi berakhir dengan saling menguntungkan bagi pelanggan dan bisnis Anda. Artinya, Anda berhasil memberikan nilai bagi pelanggan.

    - Strategi Delighting

    Strategi delighting memastikan pelanggan senang dan puas setelah mereka melakukan pembelian. Strategi ini melibatkan anggota tim Anda sebagai tim ahli yang dapat membantu pelanggan kapan pun dibutuhkan.

    Menggabungkan chatbot dan survei secara tepat untuk membantu dan meminta feedback dari pelanggan bisa jadi cara yang bagus untuk membuat pelanggan merasa senang dan dihargai. Pastikan chatbot dan survei digunakan pada waktu yang tepat agar benar-benar bernilai.

    Misalnya, chatbot dapat digunakan untuk membantu pelanggan mencoba produk/layanan baru yang Anda tawarkan. Pengiriman survei kepuasan pelanggan dapat dilakukan 6 bulan setelah pelanggan menggunakan produk/layanan tersebut untuk mendapatkan feedback dan insight hal-hal yang perlu diperbaiki.

    Mendengarkan media sosial (social media listening) adalah strategi penting lain dalam menyenangkan pelanggan. Pengikut Anda di media sosial sering kali memberi feedback, bertanya, atau berbagi pengalaman mereka terkait produk/layanan Anda. Anda perlu menanggapi setiap interaksi yang ada dengan menjawab, membantu, melakukan re-post, dan hal-hal lain yang menunjukkan bahwa Anda mendengar dan peduli pada mereka.

    Inbound strategi yang berfokus pada kepuasan pelanggan adalah strategi yang membantu dan mendukung pelanggan dalam situasi apapun, terlepas dari apakah bisnis Anda mendapatkan manfaat besar atau tidak. Pada akhirnya, pelanggan yang senang akan menjadi pendukung dan promotor bisnis Anda. Jadi, tangani semua interaksi, baik yang besar maupun kecil dengan tepat dan hati-hati.

    Menggunakan Metode Inbound dalam Pemasaran

    Sebagai inbound marketer, tujuan Anda adalah menarik calon pelanggan baru ke perusahaan, berinteraksi dengan mereka, dan membuat mereka senang serta puas dengan produk/layanan.

    Anda juga perlu bermitra dengan tim penjualan dan customer service untuk menjaga Flywheel efektif dan membantu bisnis tumbuh.

    Content Flywheel Graphic Inbound Marketing

    - Attract Tools

    Tentu Anda tidak ingin sembarang orang datang ke situs website Anda. Anda menginginkan orang-orang yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan setelah berinteraksi dengan website. Lalu, bagaimana cara mendapatkannya? Anda dapat menarik lebih banyak audiens dengan memberikan konten yang relevan di waktu yang tepat. Gunakan strategi konten yang tepat untuk membangun otoritas di pencarian dan ranking untuk topik yang paling berpengaruh bagi target marketmu. Publikasi artikel pada blog atau gunakan konten video di media sosial. Bangun pula brand awareness dengan menggunakan iklan. Lakukan analisis data terhadap berbagai strategi yang Anda lakukan di tahapan ini untuk mendapat informasi tentang apa yang berhasil dan mana yang perlu ditingkatkan.

    - Engage Tools

    Gunakan tools untuk menciptakan komunikasi yang baik dengan calon pelanggan di channel yang mereka sukai, bisa melalui email, bots, live chat, atau aplikasi pesan. Untuk mendapatkan informasi detail, Anda juga bisa menggunakan berbagai tools seperti CTAs, form, dan lead flows. Manfaatkan informasi pelanggan yang Anda dapatkan untuk mempersonalisasi website dengan smart content atau dengan mengirimkan email sesuai dengan buyer journey. Ciptakan loyalitas dengan menargetkan audiens tertentu menggunakan konten di media sosial maupun iklan.

    - Delight Tools

    Gunakan email dan marketing automation untuk menyampaikan informasi yang dipersonalisasi di waktu yang tepat. Pastikan Anda berkomunikasi secara kontekstual dan selaras antar anggota tim penjualan maupun customer service. Buat konten yang mudah diingat dan dapat dibagikan ke teman atau keluarga audiens. Anda bisa menggunakan berbagai format konten yang disukai audiens Anda, seperti video.