Placeholder canvas

Cara Meningkatkan Pendapatan dengan Inbound Sales

Dalam zaman digital yang dinamis ini, lanskap penjualan telah berubah secara drastis. Metode penjualan outbound tradisional kini terlihat semakin ketinggalan zaman dan kurang efektif. Di tengah pergeseran ini, inbound sales muncul sebagai solusi yang revolusioner. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang inbound sales dan bagaimana cara kerjanya.

Pengertian Inbound Sales

Inbound sales adalah strategi yang berfokus pada pelanggan, menawarkan nilai tambah dan membangun kepercayaan dengan calon konsumen. Metode ini mengambil pendekatan yang berlawanan dari penjualan outbound. Sebagai gantinya, inbound sales membiarkan pelanggan datang kepada Anda dengan menyediakan konten yang menarik, wawasan, dan solusi yang relevan dengan masalah mereka.

Metode ini menciptakan proses penjualan yang berpusat pada pelanggan, memenuhi kebutuhan pembeli yang kian berdaya dengan pendekatan yang dipersonalisasi dan empatik. Calon pelanggan mulai memahami bisnis Anda melalui pemasaran konten, media sosial, dan saluran online lainnya. Mereka berinteraksi dengan informasi yang disediakan dan mulai membangun pemahaman tentang brand. Tahap berikutnya adalah di mana tim penjualan melanjutkan hubungan ini dan merawat prospek tersebut.

Kunci Inbound Sales

Empati adalah kunci dalam inbound sales, yang mana harus terhubung dengan prospek mereka dan memahami kebutuhan untuk menentukan apakah produk atau layanan sesuai. Pada hal ini, pendekatan konsultatif dan personalisasi diutamakan. Mereka berfokus untuk membangun kepercayaan dan menentukan bagaimana produk atau layanan dapat memecahkan masalah pelanggan dengan cara terbaik.

Berbeda dengan outbound yang melibatkan penjangkauan aktif ke calon pelanggan, inbound sales adalah strategi yang berpusat pada penarikan pelanggan ke bisnis Anda. Dalam inbound, pelanggan menghubungi bisnis setelah mereka mendapatkan pengalaman berharga melalui konten dan saluran online lainnya.

Efektivitas Inbound Sales

Untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang efektivitas inbound sales, berikut adalah beberapa statistik yang menarik:

  • Menurut LinkedIn, 62% pelanggan B2B merespons penjual yang memberikan konten dan wawasan yang relevan.
  • Sebanyak 41% pembeli B2B memeriksa 3-5 konten online sebelum berinteraksi dengan penjual.
  • Hampir setengah (49%) konsumen mengaku lebih mungkin menjadi pembeli berulang setelah mendapatkan pengalaman belanja yang dipersonalisasi.
  • Penjual yang fokus pada memberikan nilai tambah selama interaksi memiliki keberhasilan 96% lebih tinggi.

Sebagai kesimpulan, inbound sales bukan hanya tentang menjual produk atau jasa, tetapi juga tentang memberikan nilai, membangun kepercayaan, dan memahami pelanggan. Pendekatan ini telah terbukti lebih efektif dalam mengubah prospek menjadi pelanggan. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi perusahaan untuk mempertimbangkan inbound sales sebagai strategi penjualan utama mereka di era digital ini.

Apabila sebelum melakukan penjualan Anda ingin menerapkan inbound marketing terlebih dahulu untuk menggaet audiens secara online, silahkan konsultasikan ini kepada Onero Solutions. Kami siap melayani inbound marketing dengan menyediakan pilihan layanan SEO, SEM, dan social media ads yang bisa mendukung pemasaran online. Isi form di bawah ini untuk konsultasi praktis dengan kami.

Don't forget to share this post!

Related Insights