Placeholder canvas

Customer Support: Tugas, Manfaat, dan Bedanya dengan Customer Service

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, perusahaan dituntut untuk memberikan customer support yang terbaik. Customer support yang baik tidak hanya akan meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga dapat meningkatkan loyalitas dan penjualan.

Customer support yang baik didefinisikan sebagai dukungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya, baik sebelum maupun setelah membeli produk atau jasa. Dukungan ini mencakup berbagai hal, mulai dari menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan bantuan teknis, menyelesaikan keluhan, hingga memberikan saran dan rekomendasi. Yuk, kita bahas lebih lengkap!

Apa Itu Customer Support?

Dukungan pelanggan atau customer support adalah rangkaian layanan dan bantuan yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya. Tujuan utama dari dukungan pelanggan adalah untuk memberikan kepuasan pelanggan dan membantu pelanggan menyelesaikan masalahnya.

Dukungan pelanggan dapat mencakup berbagai macam layanan, termasuk:

  • Pelayanan pelanggan: Layanan umum yang diberikan kepada pelanggan untuk menjawab pertanyaan dan memberikan bantuan.
  • Dukungan teknis: Layanan yang diberikan kepada pelanggan untuk membantu pelanggan dengan masalah teknis terkait produk atau layanan perusahaan.
  • Dukungan penjualan: Layanan yang diberikan kepada pelanggan untuk membantu pelanggan dengan pertanyaan atau masalah terkait penjualan.
  • Dukungan pasca-penjualan: Layanan yang diberikan kepada pelanggan setelah mereka membeli produk atau layanan perusahaan.

Dukungan pelanggan dapat diberikan melalui berbagai saluran, seperti telepon, email, aplikasi pesan, dan media sosial. Customer support memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis. Bisnis dengan dukungan pelanggan yang baik cenderung memiliki pelanggan yang lebih puas dan loyal. Dukungan pelanggan yang baik juga dapat membantu bisnis untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Tugas Customer Support

Tugas customer support secara umum adalah untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada pelanggan dalam menggunakan produk atau layanan perusahaan. Tugas-tugas tersebut dapat mencakup berbagai hal, mulai dari menjawab pertanyaan, menyelesaikan masalah, hingga memberikan solusi.

Tugas customer support

  • Menjawab pertanyaan pelanggan: Ini adalah tugas yang paling umum dari customer support. Customer support harus dapat menjawab pertanyaan pelanggan dengan akurat dan informatif. Pertanyaan pelanggan dapat berupa pertanyaan umum tentang produk atau layanan, pertanyaan teknis, atau pertanyaan terkait penjualan atau layanan pelanggan.
  • Menyelesaikan masalah pelanggan: Tugas customer support lainnya adalah untuk menyelesaikan masalah pelanggan. Masalah pelanggan dapat berupa masalah teknis, masalah penjualan, atau masalah layanan pelanggan. Customer support harus dapat menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat dan efisien.
  • Memberikan solusi: Customer support juga dapat memberikan solusi kepada pelanggan. Solusi dapat berupa solusi teknis, solusi penjualan, atau solusi layanan pelanggan. Customer support harus dapat memberikan solusi yang efektif dan memuaskan pelanggan.

Selain tugas-tugas umum tersebut, customer support juga dapat memiliki tugas-tugas khusus lainnya, tergantung pada jenis bisnis dan produk atau layanan yang ditawarkan. Misalnya, customer support untuk perusahaan teknologi mungkin perlu memberikan dukungan teknis yang lebih mendalam. Customer support untuk perusahaan ritel mungkin perlu memberikan dukungan penjualan yang lebih kuat.

Secara umum, tugas customer support dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Tugas reaktif: Tugas reaktif adalah tugas yang dilakukan customer support sebagai respons terhadap permintaan atau masalah dari pelanggan. Misalnya, menjawab pertanyaan pelanggan, menyelesaikan masalah pelanggan, atau memberikan solusi.
  • Tugas proaktif: Tugas proaktif adalah tugas yang dilakukan customer support untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan. Misalnya, memberikan informasi produk atau layanan, memberikan tips dan saran, atau menawarkan promosi.

Customer support yang baik harus dapat melakukan kedua jenis tugas tersebut secara efektif. Customer support harus dapat memberikan bantuan yang cepat dan tepat kepada pelanggan, baik ketika pelanggan membutuhkannya maupun ketika pelanggan tidak menyadari bahwa mereka membutuhkan bantuan.

Baca juga: Apa Itu Manajemen Hubungan Pelanggan? Pahami Komponen dan Manfaatnya

Customer Support vs Customer Service, Apa Bedanya?

Customer service dan customer support adalah dua istilah yang sering digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Customer service adalah istilah yang lebih luas yang mencakup semua interaksi antara pelanggan dan perusahaan. Hal ini dapat mencakup berbagai hal, mulai dari menjawab pertanyaan, menyelesaikan masalah, hingga memberikan dukungan penjualan.

Customer support adalah istilah yang lebih spesifik yang mengacu pada bantuan dan dukungan yang diberikan kepada pelanggan dalam menggunakan produk atau layanan perusahaan. Mereka yang bertugas di bagian customer support biasanya berfokus untuk menyelesaikan masalah teknis atau pertanyaan yang lebih spesifik.

Berikut adalah tabel yang merangkum perbedaan antara customer service dan customer support:

AspekCustomer ServiceCustomer Support
FokusInteraksi pelanggan secara keseluruhan, kepuasan pelanggan paling utama.Bantuan dan dukungan dalam menggunakan produk atau layanan
CakupanLuasSempit
ContohMenjawab pertanyaan umum, menyelesaikan masalah penjualan, memberikan dukungan pasca-penjualanMenjawab pertanyaan teknis, menyelesaikan masalah teknis, memberikan dukungan produk

Secara umum, customer service adalah tanggung jawab semua karyawan dalam perusahaan, sedangkan customer support biasanya ditangani oleh tim khusus. Namun, dalam beberapa kasus, customer support juga dapat menjadi tanggung jawab karyawan lini depan, seperti staf penjualan atau staf teknis.

Untuk memberi gambaran utuh terkait perbedaan kedua istilah ini, berikut adalah beberapa contoh perbedaan antara customer service dan customer support:

  • Jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara menggunakan produk baru, Anda akan menghubungi customer support.
  • Jika Anda memiliki masalah dengan pesanan Anda, Anda akan menghubungi customer service.
  • Jika Anda ingin mengetahui tentang promosi terbaru, Anda akan menghubungi customer service.

Manfaat Customer Support untuk Bisnis

Dukungan pelanggan yang baik sangat penting untuk bisnis apa pun yang ingin memberikan pengalaman pelanggan yang positif. Berikut adalah beberapa manfaat dukungan pelanggan untuk bisnis:

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan: Pelanggan yang puas lebih cenderung melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan bisnis kepada orang lain.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan: Pelanggan yang loyal lebih cenderung tetap setia pada bisnis Anda bahkan ketika ada alternatif lain yang tersedia.
  • Meningkatkan penjualan dan pendapatan: Pelanggan yang puas dan loyal lebih cenderung melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan bisnis kepada orang lain.
  • Meningkatkan citra merek: Bisnis yang memiliki reputasi baik untuk dukungan pelanggan yang baik cenderung dipandang sebagai bisnis yang peduli dengan pelanggannya.

Secara keseluruhan, dukungan pelanggan adalah investasi yang berharga bagi bisnis apa pun. Dengan memberikan dukungan pelanggan yang baik, bisnis dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, penjualan, pendapatan, dan citra mereknya.

Baca juga: Ketahui 7 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Platform Customer Support Terbaik

Dalam era digital yang serba cepat ini, pelanggan mengharapkan pengalaman yang lancar dan mudah di mana pun mereka berada. Hal ini membuat penting bagi bisnis untuk memiliki sistem CRM yang kuat yang dapat membantu mereka mengelola hubungan dengan pelanggan secara efektif.

Satuin adalah solusi CRM yang dirancang khusus untuk bisnis digital. CRM ini menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu bisnis Anda meningkatkan customer support dan penjualan, termasuk:

  • Pengelolaan pesan otomatis: Satuin akan mengubah pesan pelanggan yang datang dari pesan WhatsApp dan form menjadi tiket yang siap ditindaklanjuti oleh tim yang ditugaskan secara otomatis. Sistem ini akan membantu Anda untuk merampingkan proses customer support Anda dan memastikan bahwa semua permintaan pelanggan ditangani dengan cepat dan efisien.
  • Pelacakan interaksi pelanggan: Dilengkapi dengan fitur Deals, Satuin akan melacak seluruh interaksi Anda dengan pelanggan, mulai dari pertanyaan hingga pembelian. Ini akan memberikan wawasan berharga tentang bagaimana pelanggan Anda berinteraksi dengan bisnis, sehingga Anda dapat membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan pengalaman mereka.
  • Segmentasi dan personalisasi: Satuin akan membantu Anda untuk segmentasi pelanggan berdasarkan minat dan perilaku mereka. Ini akan memungkinkan Anda untuk memberikan pengalaman yang lebih relevan dan personal kepada pelanggan Anda, yang dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas mereka.
  • Analisis data: Satuin akan menyediakan analisis data yang komprehensif tentang pelanggan Anda, transaksi Anda, dan kampanye pemasaran Anda. Ini akan membantu Anda untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan data.
  • Mengirim pesan blast: Satuin dilengkapi dengan fitur Campaign yang dapat mengirimkan pesan ke berbagai pelanggan yang telah tersegmentasi. Anda dapat melakukan personalisasi pesan sehingga pelanggan merasa lebih dekat dengan Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan dukungan pelanggan dan penjualan bisnis Anda, Satuin adalah solusi yang tepat untuk Anda. CRM ini menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu Anda untuk mengelola hubungan dengan pelanggan Anda secara efektif dan menciptakan pengalaman pelanggan yang positif. Kunjungi halaman ini untuk uji coba gratis sekarang!

Don't forget to share this post!

Related Insights