Placeholder canvas

Cara Buat Facebook Ads yang Menarik dan Tepat Sasaran

Untuk menjangkau calon pelanggan yang lebih luas dan spesifik, Anda bisa menggunakan strategi promosi menggunakan Facebook Ads.
Fitur melalui facebook adalah iklan media sosial yang paling populer di dunia, terutama di Indonesia yang juga memiliki pengguna Facebook cukup banyak. Bisa dikatakan mayoritas pengguna media sosial di Indonesia menggunakan Facebook.
Dengan jumlah pengguna sebesar ini, kebutuhan untuk membuat iklan di platform ini juga meningkat. Banyak calon pelanggan suatu bisnis yang mengetahui brand tertentu dari media sosial.
Sekarang media sosial bergerak seperti koran atau billboard besar di jalanan yang menunjukkan sebuah produk tertentu dan dapat membuat calon pelanggan Anda selalu teringat akan produk tersebut. Oleh karena itu, skill cara buat Facebook Ads juga menjadi keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap pebisnis.
Tutorial cara buat Facebook Ads itu cukup mudah. Hanya tinggal meng-klik ‘promosikan’ atau ke ‘pusat iklan’ di halaman Facebook khusus bisnis. Lalu tinggal mengatur desain dan budget yang menyesuaikan per hari nya.
Namun apakah Facebook Ads tersebut mampu membuat calon pelanggan tertarik dengan iklan yang Anda buat? Nah membuat calon pelanggan bisa terpikat dengan iklan Anda merupakan hal yang menjadi tantangan bagi setiap pebisnis.
Sekarang Anda tak perlu khawatir lagi, karena artikel ini akan merangkum bagaimana cara buat Facebook Ads yang menarik dan tentu tepat sasaran. Berikut ulasannya!
 
1.  Tentukan Pelanggan Ideal
Target pasar spesifik atau target calon pelanggan yang ideal adalah pondasi utama dalam cara buat Facebook Ads.
Fitur canggihnya yang menggunakan algoritma khusus yang mana dapat  mencocokkan jenis iklan dengan calon pelanggan Anda, hal yang perlu Anda atur di Facebook Ads Centre.
Oleh karena itu, Anda harus memastikan kriteria ini mulai dari umur, jenis kelamin, minat, kebiasaan di internet, dan jenis demografi lainnya. Semakin lengkap kriteria ini, semakin spesifik juga Facebook mengarahkan iklan Anda nantinya.
2.  Desain Visual yang Unik dan Familiar
Desain yang unik namun tetap familiar di mata calon pelanggan adalah kunci untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda
Anda bisa menggunakan desain yang tetap menampilkan visi dan misi bisnis Anda namun menyesuaikan dengan trend marketing atau sesimpel menggunakan foto suasana yang familiar.
Misalnya Anda pebisnis teh hijau. Anda bisa menggunakan foto hamparan kebun teh yang sejuk atau budaya ngeteh bersama dari negeri Sakura yang terkenal sangat sakral namun populer di masyarakat Indonesia.
3.  Storytelling yang Powerful
Storytelling dalam desain iklan juga merupakan hal yang vital. Banyak iklan berseliweran di beranda calon pelanggan Anda, tetapi tetap ada beberapa iklan yang memang meninggalkan kesan bagus.
Apalagi jika Anda sudah berpengalaman dalam sejenis kampanye. Storytelling ini tidak harus ditunjukkan dengan caption yang panjang. Cukup pesan yang singkat, padat, dan mewakili story bisnis yang ingin disampaikan.
Tim kreatif dan Anda juga harus pintar-pintar dalam mengakali ini. Persiapkan ilmu ini dengan membaca buku psikologi marketing untuk menargetkan calon pelanggan dengan lebih baik.
4.  Analisa Data
Cara buat Facebook ads yang menarik juga harus didasarkan dari data. Introspeksi ini berarti benar-benar mengandalkan analisa data dan tentukan langkah selanjutnya. Baik itu dari mengurangi elemen tertentu, tonjolkan aspek yang menarik, buat konten yang berkesan, analisa jam iklan yang lebih banyak menarik calon pelanggan, dan lainnya.
Dengan terus improvisasi dari Facebook ads yang sudah dibuat, Anda bisa terus berinovasi dan meningkatkan hasil dari promosi ini.
Cara buat Facebook Ads yang menarik sebenarnya cukup mudah yaitu bermain dalam visual, target audiens, dan data. Untuk memastikan harmonisasi dari ketiga aspek ini, Anda bisa menggandeng tenaga profesional sebagai partner yang bisa dipercaya untuk membangun Facebook Ads yang ciamik untuk Anda.
Salah satu partner digital yang tepat adalah Onero Solutions. Onero menawarkan jasa iklan online seperti Facebook Ads, Instagram Ads, YouTube Ads, Google Ads, dan jenis iklan lainnya untuk kebutuhan digital marketing Anda. Selain pengaturan dan perencanaan yang profesional untuk bisnis, Onero juga selalu terbuka untuk konsultasi terlebih dahulu untuk memastikan kebutuhan Anda. Wujudkan segera Facebook Ads yang lebih optimal untuk bisnis Anda bersama Onero Solutions.

Don't forget to share this post!

Related Insights