Placeholder canvas

10 Prinsip Menciptakan Interface Web yang User Friendly

Ketika berkunjung ke suatu website, tentunya Anda menginginkan navigasi yang mulus, tampilan yang menarik, dan kemudahan dalam menemukan informasi yang dicari. Inilah yang disebut dengan konsep “user friendly” atau ramah pengguna. Bagi Anda pemilik website, mengenal konsep user friendly adalah hal penting untuk kenyamanan akses pengunjung. Artikel ini akan membantu Anda mengenal konsep user friendly dan beberapa prinsip utama yang harus diterapkan untuk menciptakan interface website yang memenuhi standar user friendly. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ini, Anda dapat menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung website.

user friendly adalah hal penting bagi pemilik web

Pengertian User Friendly

User friendly adalah karakteristik utama dari website yang membuat pengunjung merasa nyaman dan mudah dalam berinteraksi dengan website tersebut. Website yang user friendly adalah website yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang lancar, intuitif, dan memuaskan bagi pengunjung.

Kriteria Website yang User Friendly

Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi apakah sebuah website dapat dianggap user friendly atau tidak. Beberapa di antaranya adalah berikut ini.

  • Navigasi Intuitif: Pengunjung harus dapat dengan mudah menemukan informasi yang dicari tanpa harus menghadapi kesulitan.
  • Waktu Muat Cepat: Website yang lambat dapat membuat pengunjung frustasi. Oleh karena itu, waktu muat atau loading yang cepat sangatlah penting.
  • Responsif terhadap Perangkat: Desain responsif memastikan website dapat diakses dengan baik di berbagai perangkat, termasuk laptop, ponsel dan tablet.
  • Desain Bersih dan Terorganisir: Tata letak yang rapi dan terstruktur membantu pengunjung fokus pada konten yang disediakan.
  • Ketersediaan Informasi: Semua informasi yang dibutuhkan pengunjung harus tersedia dengan jelas dan lengkap.

Prinsip untuk Menciptakan Interface Website yang User Friendly

Menciptakan interface website yang user friendly adalah langkah penting untuk memastikan pengalaman akses yang baik. Berikut adalah beberapa prinsip utama untuk menciptakan interface website yang user friendly.

  1. Sederhana dan Minimalis

Prinsip pertama dalam menciptakan interface web yang user friendly adalah menjaga desain yang sederhana dan minimalis. Hindari kerumitan yang tidak perlu dalam desain. Gunakan elemen-elemen yang sederhana dan fokus pada konten utama. Pengunjung harus dengan mudah memahami bagaimana website Anda berfungsi tanpa harus berpikir terlalu keras.

  1. Navigasi yang Jelas

Website yang user friendly adalah yang memiliki navigasi jelas. Buat menu navigasi dengan kategori yang mudah dipahami, logis, dan jelas. Pengunjung harus dapat dengan cepat dan intuitif menemukan informasi yang mereka butuhkan tanpa harus menggali terlalu dalam ke struktur website.

  1. Optimalkan Waktu Muat

Waktu muat website sangatlah penting. Website yang lambat dapat membuat pengunjung frustasi dan akhirnya meninggalkan website. Untuk mengatasi masalah ini, kecilkan ukuran gambar, gunakan kompresi data, dan pertimbangkan penggunaan teknologi caching untuk mempercepat waktu muat.

  1. Desain Responsif

Kini orang mengakses website dari berbagai perangkat, termasuk ponsel dan tablet. Pastikan desain website Anda responsif, yang berarti tampilan dan fungsionalitas website tetap bagus ketika diakses di berbagai layar dan perangkat.

Baca juga: Mengapa Harus Menggunakan Desain Website yang Mobile Friendly?

  1. Gunakan Warna yang Tepat

Pilih palet warna yang user friendly dengan kontras yang baik. Warna yang tepat membantu pengunjung dalam membaca dan berinteraksi dengan konten.

  1. Fokus pada Konten Berkualitas

Prioritaskan konten yang memberikan nilai kepada pengunjung. Pastikan konten tersebut mudah diakses dan dipahami. Gunakan teks yang jelas dan gambar yang mendukung pesan yang ingin Anda sampaikan.

  1. Rutin Uji Usability

Melakukan pengujian usability secara rutin adalah prinsip penting. Dengan mengumpulkan feedback dari pengunjung, Anda dapat mengidentifikasi masalah dan kesulitan yang mungkin mereka hadapi, serta kemudian memperbaikinya.

  1. Perhatikan Aksesibilitas

Pastikan website Anda dapat diakses oleh semua orang, termasuk pengunjung dengan disabilitas. Ini mencakup penggunaan atribut alternatif untuk gambar, navigasi keyboard yang baik, serta perhatian terhadap aksesibilitas dalam desain grafis dan interaksi.

  1. Berikan Feedback yang Jelas

Saat pengunjung melakukan tindakan di website Anda, seperti mengisi formulir atau mengklik tombol, berikan feedback yang jelas tentang apa yang terjadi. Berikan pesan yang jelas dan pandu pengunjung dengan baik jika terjadi kesalahan.

  1. Perbaiki Berdasarkan Feedback Pengunjung

Dengarkan masukan pengunjung dan terus perbaiki website Anda berdasarkan feedback yang diterima. User experience harus selalu menjadi perhatian utama dalam pengembangan dan pemeliharaan website.

Baca juga: Optimalkan Layout Website untuk User Experience yang Lebih Baik

Menciptakan interface website yang user friendly adalah langkah penting dalam memastikan pengalaman positif bagi pengunjung website Anda. Dengan memahami konsep user friendly dan mengikuti prinsip-prinsip yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat memastikan bahwa website akan menjadi tempat yang menyenangkan dan mudah digunakan bagi pengunjung. Apabila Anda membutuhkan tips dan trik desain website lainnya, silakan cek kumpulan Insight Onero.

Jika website Anda membutuhkan perbaikan untuk mendapatkan interface yang user friendly, tidak ada salahnya menggunakan bantuan profesional dari Onero Solutions. Kami menawarkan layanan pembuatan website secara lengkap, termasuk juga desain. Desain website kami rancang sesuai dengan identitas brand Anda dan menggunakan UI/UX practice sehingga desain bisa dibuat sesuai kebutuhan pengunjung website. Anda bisa mengisi form di bawah ini dan mengonsultasikan segala kebutuhan desain web dengan kami!

Don't forget to share this post!

Related Insights