Placeholder canvas

Aplikasi Basis Web vs Aplikasi Mobile, Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis?

Aplikasi basis web atau aplikasi basis mobile, mana yang lebih cocok untuk mengembangkan dan memajukan bisnis Anda di era digital seperti sekarang? Dalam upaya untuk menghadirkan layanan yang lebih baik kepada pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional, pemilihan platform yang tepat menjadi langkah penting. Dalam artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara aplikasi basis web dengan aplikasi basis mobile, serta memberikan panduan bagaimana memilih jenis aplikasi yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

aplikasi basis web atau basis mobile

Pengertian Aplikasi Basis Web

Aplikasi berbasis web adalah perangkat lunak yang diakses melalui browser internet pada perangkat seperti komputer, tablet, atau smartphone. Jenis aplikasi ini tidak memerlukan pengunduhan atau instalasi khusus sehingga dapat diakses dari berbagai platform dengan koneksi internet. Aplikasi basis web umumnya dibangun dengan teknologi web seperti HTML, CSS, dan JavaScript.

Pengertian Aplikasi Basis Mobile

Aplikasi berbasis mobile adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk diunduh dan diinstal pada perangkat seluler seperti smartphone atau tablet. Jenis aplikasi ini biasanya ditemukan di toko aplikasi, seperti App Store (iOS) atau Google Play Store (Android). Aplikasi mobile dapat mengakses fitur perangkat keras seluler seperti kamera, GPS, dan sensor lainnya.

Perbedaan Aplikasi Basis Web dan Aplikasi Basis Mobile

  1. Aksesibilitas

Aplikasi basis web dapat diakses dari berbagai perangkat dengan browser dan koneksi internet. Sedangkan, aplikasi mobile harus diunduh dan diinstal pada perangkat seluler.

  1. Fitur Perangkat Keras

Aplikasi basis web memiliki keterbatasan dalam mengakses fitur perangkat keras, seperti kamera dan GPS. Sedangkan, aplikasi mobile dapat mengakses sepenuhnya fitur perangkat seluler.

  1. User Experience

Aplikasi basis web lebih seragam di berbagai perangkat, tetapi mungkin kurang responsif dan cepat. Sedangkan, aplikasi mobile menawarkan user experience yang lebih khusus dan responsif, tetapi memerlukan pengembangan multi platform (iOS dan Android).

  1. Biaya Pengembangan

Aplikasi basis web biasanya lebih ekonomis untuk dikembangkan karena dapat digunakan di berbagai platform. Sedangkan, aplikasi Mobile lebih mahal karena memerlukan pengembangan terpisah untuk iOS dan Android.

Cara Memilih Jenis Aplikasi untuk Bisnis Anda

Pemilihan antara aplikasi basis web atau aplikasi basis mobile harus dipertimbangkan dengan cermat berdasarkan kebutuhan bisnis Anda. Berikut beberapa pertimbangannya.

  1. Definisikan Tujuan Bisnis

Pertama-tama, identifikasi tujuan bisnis Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, atau menciptakan sumber pendapatan baru? Memahami tujuan akan membantu Anda fokus pada fitur dan fungsi yang diperlukan.

  1. Kenali Kebutuhan

Ketahui apa saja kebutuhan bisnis Anda dengan cermat. Anda perlu tahu apa yang diperlukan oleh berbagai departemen dan tingkat bisnis. Pastikan jenis aplikasi yang dipilih dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.

  1. Pertimbangkan Budget

Tentukan anggaran yang dapat dialokasikan untuk pengembangan, peluncuran, dan pemeliharaan aplikasi. Ini akan mempengaruhi apakah Anda lebih cocok menggunakan aplikasi basis web atau mobile, serta jenis pengembangan yang dapat diakses.

  1. Pilih Platform yang Tepat

Apakah Anda lebih condong kepada aplikasi berbasis web yang dapat diakses melalui browser atau aplikasi berbasis mobile yang diunduh dan diinstal pada perangkat seluler? Keputusan ini akan bergantung pada target audiens dan fitur yang Anda butuhkan.

  1. Pertimbangkan User Experience

Pengalaman pengguna atau user experience yang baik adalah kunci keberhasilan aplikasi. Pastikan aplikasi Anda mudah digunakan dan responsif terhadap berbagai perangkat.

  1. Keamanan dan Kepatuhan

Jaga keamanan data pelanggan Anda. Pastikan aplikasi mematuhi regulasi dan standar keamanan yang berlaku untuk bisnis.

  1. Riset Developer

Pilih developer atau pengembang aplikasi yang terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik. Periksa portofolio mereka dan cari review dari klien-klien sebelumnya.

  1. Uji Aplikasi

Sebelum meluncurkan aplikasi, uji secara menyeluruh untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik dan memenuhi standar kualitas Anda.

  1. Pemeliharaan dan Dukungan

Pertimbangkan bagaimana Anda akan merawat dan memperbarui aplikasi seiring berjalannya waktu. Dukungan teknis yang handal adalah aspek penting.

  1. Evaluasi dan Perbaikan Terus-menerus

Setelah aplikasi diluncurkan, terus evaluasi kinerjanya dan perbaiki sesuai kebutuhan. Bisnis Anda akan terus berkembang dan aplikasi harus dapat beradaptasi.

Dalam kesimpulannya, tidak ada jawaban yang benar atau salah dalam pemilihan antara aplikasi basis web atau mobile. Keputusan tergantung pada kebutuhan bisnis dan sumber daya yang tersedia. Sebaiknya konsultasikan dengan developer aplikasi profesional untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat sesuai dengan tujuan bisnis. Jika ingin menemukan informasi lainnya seputar aplikasi bisnis, Anda bisa mengecek kumpulan Insight Onero.

Untuk rekomendasi developer, Anda bisa menggunakan jasa Onero Solutions. Kami menawarkan layanan pembuatan aplikasi basis web dan aplikasi basis mobile untuk segala kebutuhan bisnis. Kami menciptakan aplikasi basis web dengan framework dan bahasa pemrograman yang telah teruji, serta penerapan microservice untuk membuat aplikasi yang lebih baik. Sementara, aplikasi basis mobile dirancang dengan teknologi hybrid yang bisa membuat aplikasi multi-platform (untuk Android dan iOs) hanya dengan satu bahasa pemrograman sehingga lebih efisien waktu dan budget. Jika memiliki pertanyaan seputar layanannya, Anda bisa mengisi form di bawah ini.

Don't forget to share this post!

Related Insights