skip to content

Bagaimana Menjual Layanan Secara Online?

Di era digital ini, e-commerce sedang berkembang dan tampaknya akan terus ada. Anda bisa membeli hampir apa saja secara online, termasuk layanan. Layanan ini bisa beragam, mulai dari konseling keuangan hingga bacaan tarot. Ketika Anda berpikir tentang penjualan online, biasanya berpikir tentang menjual produk seperti pakaian atau elektronik. Namun, sangat menguntungkan bagi bisnis untuk menjual layanan secara online, terutama sekarang ketika berbagai layanan dapat ditawarkan secara virtual.

Tentukan Apa yang Dijual

Langkah pertama dalam menjual layanan secara online adalah menentukan apa yang akan Anda jual. Apakah Anda akan menawarkan semua layanan bisnis secara online? Atau hanya pilihan terbatas? Berapa harga yang akan Anda tetapkan untuk layanan? Langkah dasar ini akan membantu Anda menentukan siapa target audiens, yang merupakan langkah selanjutnya dalam menjual layanan secara online.

Definisikan Target Audiens

Mendefinisikan target audiens adalah langkah kritis dalam jenis penjualan apa pun dan ini juga berlaku untuk penjualan layanan secara online. Menjual layanan secara online berarti menjangkau audiens yang lebih luas dibandingkan dengan menjual layanan di lokasi fisik, tetapi melakukan pemasaran kepada semua orang tidak akan membantu Anda mendapatkan pelanggan yang dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan. Ada berbagai jenis target audiens yang dapat dikategorikan menjadi beberapa kelompok, yaitu niat pembelian, minat, dan gaya hidup.

Cek Market

Setelah mendefinisikan target audiens Anda, saatnya untuk melakukan penelitian pasar untuk lebih memahami mereka dan memenuhi kebutuhan di mana mereka berada. Penelitian pasar memberikan wawasan tentang di mana target audiens dan pelanggan saat ini melakukan penelitian produk atau layanan mereka, kompetitor mana yang menjadi rujukan audiens target Anda untuk informasi, pilihan, atau pembelian, dan apa yang mempengaruhi pembelian dan konversi di antara target audiens.

Buat Website

Tentu saja, Anda tidak dapat menjual secara online tanpa kehadiran web. Salah satu hal yang dapat benar-benar memajukan kehadiran web adalah web perusahaan Anda sendiri. Namun, itu tidak bisa menjadi web sembarangan – itu harus menjadi web yang memiliki desain yang user friendly dan dioptimalkan untuk konversi.

Optimalkan Website dengan SEO

Anda telah membuat web yang indah, lau sangat tidak bijaksana untuk tidak memasukkan SEO (search engine optimization) ke dalam rencana. Menurut Laporan Keadaan Pemasaran HubSpot, 69% pemasar berinvestasi dalam SEO pada tahun 2021. Lebih banyak trafik web berarti lebih banyak pelanggan dan oleh karena itu lebih banyak peluang untuk menjual layanan secara online.

Jika ingin menghadirkan online presence pada bisnis, Anda bisa menggunakan jasa Onero Solutions. Kami siap melayani segala kebutuhan digital bisnis Anda, mulai dari pembuatan berbagai jenis website, desain custom, hingga maintenance untuk mengoptimalkan peringkat website, termasuk juga ada SEO. Isi form di bawah ini dan silahkan konsultasikan kebutuhan Anda kepada tim kami.

Don't forget to share this post!

Related Insights