Berbisnis online tampaknya menjadi salah satu hal yang semakin digemari saat ini. Pasalnya, berbisnis di internet memang lebih mudah dan bahkan cenderung lebih murah. Anda bisa memiliki toko online atau e-commerce Anda sendiri dan mempromosikan bisnis Anda secara digital. Teknik promosi digital ini tentunya lebih terjangkau karena Anda bisa langsung menjangkau banyak orang dalam waktu singkat.
Namun, kemudahan ini membuat banyak orang membuat e-commerce nya sendiri-sendiri sehingga persaingannya cukup ketat. Anda harus pandai-pandai bersaing untuk buat toko online yang berkualitas dan menarik. Biasanya, toko online atau e-commerce ini bisa dibuat di penyedia jasa pembuatan website. Jasa pembuat web rata-rata sudah memiliki keahlian dan pengalaman dalam membuat website toko online yang menarik serta paham bagaimana cara mengoptimasinya supaya website Anda ramai dikunjungi pembeli.
Nah, sebelum Anda terjun dalam bidang bisnis digital ini, ada baiknya untuk memahami dulu mengenai seluk-beluk toko online supaya Anda memiliki gambaran. Berikut penjelasannya:
5 Hal yang Harus Ada Ketika Buat Toko Online
Katalog produk
Ketika Anda ingin buat toko online, tentunya Anda ingin berbisnis. Anda ingin memperkenalkan dan menawarkan produk Anda pada pembeli sehingga tentu saja website toko online Anda nantinya harus memiliki fitur katalog produk. Katalog produk ini memuat seluruh informasi mengenai produk yang Anda jual, mulai dari foto, nama merk, harga, deskripsi, bahkan hingga review dari pembeli sebelumnya.
Katalog produk harus dibuat dengan rapi dan sistematis supaya mudah digunakan oleh para calon pembeli. Anda bisa memisahkannya menurut kategori supaya produk-produk lebih mudah ditemukan.
Fitur shopping cart
Shopping cart/ keranjang belanja adalah fitur lain yang hanya ada di e-commerce atau toko online. Ketika Anda ingin buat toko online, fitur yang satu ini wajib disertakan karena pembeli Anda tentu ingin memilih-milih dulu produk yang diinginkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Biasanya, icon keranjang belanja ini diletakkan di bagian atas website supaya mudah dilihat.
Sistem pembayaran
Fitur berikutnya yang harus ada ketika buat toko online adalah sistem pembayaran. Halaman website yang memuat mengenai sistem pembayaran ini sangat penting karena disinilah transaksi jual-beli terjadi. Sebaiknya diskusikan hal ini dengan jasa pembuat website Anda dan buatlah dengan tampilan yang mudah dipahami sehingga pembeli juga tidak merasa bingung ketika menggunakannya. Sediakan juga pilihan pembayaran yang mudah dilakukan.
Link sosmed
Terkadang, pembeli menemukan website Anda bukan karena mengetiknya langsung di mesin pencari Google. Mereka bisa saja menemukannya dari sosial media dan menekan link yang mengarah ke website toko online Anda. Tak hanya itu, di situasi yang berkebalikan terkadang ketika pembeli mengakses website mereka ingin melihat dan mengecek sosial media Anda. Untuk memfasilitasi hal ini, jangan lupa untuk selalu menghubungkan website Anda ke sosial media. Selain akan terlihat lebih profesional, Anda juga akan dinilai terpercaya.
Fitur login pengguna
Tentunya e-commerce harus memiliki fitur login bagi penggunanya yang mampu mencatat riwayat pembelian, produk dalam masuk ke shopping cart, dan lain-lain. Hal ini merupakan bagian dari data customer Anda dan membuat website toko online Anda terlihat lebih berkualitas.
Ketika buat toko online, pastikan semua fitur tersebut terpenuhi dan didesain dengan baik oleh penyedia jasa pembuatan toko online yang berkualitas. Salah satu rekomendasi jasa web toko online yang dapat menjadi pilihan Anda adalah Onero Solutions. Onero adalah pengembang web yang mampu mengoptimasi dan memaksimalkan fungsi dari toko online Anda. Tak hanya itu, Onero juga memiliki jasa maintenance sehingga website Anda selalu aktif dan up to date.
Onero memastikan bahwa website yang dibuat tidak hanya terlihat menarik, namun juga fungsional dan nyaman digunakan. Kini para pembeli akan semakin betah berlama-lama di website Anda! Cek website Onero Solutions di sini dan buat toko online milik Anda sendiri!