Placeholder canvas

Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web dan Tools yang Dibutuhkan

Aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang dapat diakses melalui internet menggunakan web browser. Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari bisnis, pendidikan, hingga hiburan.

Membuat aplikasi berbasis web membutuhkan beberapa keterampilan, seperti pengetahuan tentang bahasa pemrograman, HTML, CSS, dan JavaScript. Namun, saat ini ada juga cara membuat aplikasi berbasis web tanpa perlu menulis kode, yaitu dengan menggunakan platform-platform pembuat aplikasi berbasis web (web application builder). Bagi Anda yang ingin membuat aplikasi web sendiri, berikut cara membuat aplikasi berbasis web beserta tools apa saja yang dibutuhkan.

Baca juga: Perhatikan Ini Ketika Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

cara membuat aplikasi berbasis web dan tools yang dibutuhkan

Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web

Secara umum, cara membuat aplikasi berbasis web memiliki beberapa tahapan, yaitu berikut ini.

  1. Perencanaan

Tahap perencanaan adalah tahap awal dalam pembuatan aplikasi berbasis web. Pada tahap ini, Anda perlu menentukan tujuan aplikasi, fitur-fitur yang akan ada dalam aplikasi, serta target pengguna aplikasi.

  1. Desain

Tahap desain adalah tahap untuk membuat tampilan dan tata letak aplikasi. Pada tahap ini, Anda perlu menentukan elemen-elemen yang akan ada dalam aplikasi, seperti menu, tombol, dan form.

  1. Pengembangan

Tahap pengembangan adalah tahap untuk membuat kode aplikasi. Pada tahap ini, Anda perlu menulis kode sesuai dengan desain yang telah dibuat.

  1. Pengujian

Tahap pengujian adalah tahap untuk memastikan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

  1. Peluncuran

Tahap peluncuran adalah tahap untuk menyebarkan aplikasi ke publik. Pada tahap ini, Anda perlu menyiapkan server untuk menjalankan aplikasi.

Baca juga: Begini Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web Sendiri

Tools yang Dibutuhkan

Ada beberapa alat yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi berbasis web, yaitu berikut ini.

  1. Perangkat Keras

Perangkat keras yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi berbasis web meliputi komputer, laptop, atau smartphone.

  1. Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi berbasis web meliputi berikut ini.

  • Bahasa Pemrograman: Bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web adalah PHP, Java, JavaScript, dan Python.
  • HTML: HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat konten dan struktur di halaman web.
  • CSS: CSS adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur tampilan halaman web.
  • JavaScript: JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menambahkan interaksi ke halaman web.
  1. Platform

Platform pembuat aplikasi berbasis web dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web tanpa perlu menulis kode. Beberapa platform pembuat aplikasi berbasis web yang populer adalah Wix, WordPress, dan Squarespace.

Baca juga: 7 Kesalahan Umum dalam Membuat Aplikasi Berbasis Web

Tips dan Trik Membuat Aplikasi Berbasis Web

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda dalam membuat aplikasi berbasis web.

  • Mulailah dengan membuat prototipe. Membuat prototipe dapat membantu Anda untuk memvisualisasikan aplikasi yang akan dibuat.
  • Buatlah desain yang responsif. Aplikasi berbasis web harus dapat diakses dengan baik di berbagai perangkat, mulai dari komputer, laptop, hingga smartphone.
  • Gunakan bahasa pemrograman yang sesuai. Pilihlah bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi Anda.
  • Bacalah dokumentasi bahasa pemrograman dan platform pembuat aplikasi berbasis web yang Anda gunakan.
  • Jangan takut untuk bertanya. Jika Anda mengalami kesulitan, jangan takut untuk bertanya kepada komunitas pengembang web.

Baca juga: Tips dan Trik Membuat Aplikasi Berbasis Web yang Efisien

Cara membuat aplikasi berbasis web di atas dapat menjadi tantangan yang menarik bagi Anda yang ingin belajar pemrograman atau ingin membuat aplikasi sendiri. Dengan mengikuti tahapan-tahapan dan tips-tips yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat aplikasi berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda merasa masih awam dan ingin menambah wawasan seputar aplikasi website, temukan informasi, tips, dan tren terkini mengenai aplikasi web di kumpulan Insight Onero.

Don't forget to share this post!

Related Insights