Placeholder canvas

7 Kesalahan Umum dalam Membuat Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang dapat diakses melalui perangkat web, seperti komputer, laptop, tablet, atau smartphone. Aplikasi berbasis web menjadi semakin populer karena memiliki beberapa keunggulan, seperti kemudahan akses, biaya yang lebih terjangkau, dan fleksibilitas.

Baca juga: Begini Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web Sendiri

Meskipun demikian, membuat aplikasi berbasis web juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satu tantangan tersebut adalah menghindari kesalahan umum yang sering terjadi. Berikut adalah 7 kesalahan umum dalam membuat aplikasi berbasis web yang perlu Anda ketahui.

kesalahan umum membuat aplikasi berbasis web

Tidak Ada Rencana Matang

Kesalahan umum yang paling sering terjadi ketika membuat aplikasi berbasis web adalah tidak ada rencana matang sebelum memulainya. Hal ini dapat menyebabkan aplikasi tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna dan akhirnya tidak berhasil. Oleh karena itu, sebelum memulai membuat aplikasi berbasis web, penting untuk membuat rencana matang yang mencakup hal-hal berikut ini.

  • Tujuan aplikasi
  • Fitur-fitur yang akan disediakan
  • Target pengguna
  • Proses pengembangan
  • Anggaran

Tidak Mempelajari Metode Pengembangan

Pengembangan aplikasi berbasis web adalah proses yang kompleks yang melibatkan berbagai aspek, seperti perencanaan, desain, pengembangan, pengujian, dan pemasaran. Salah satu aspek yang penting untuk dipelajari adalah metode pengembangan.Metode pengembangan adalah cara yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi. Kesalahan umum dalam membuat aplikasi berbasis web adalah tidak mempelajari metode pengembangannya. Hal ini dapat menyebabkan aplikasi tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna dan akhirnya tidak berhasil.

Buat Terlalu Banyak Fitur

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat membuat aplikasi berbasis web adalah membuat terlalu banyak fitur pada aplikasi. Hal ini dapat menyebabkan aplikasi menjadi kompleks dan sulit untuk dikembangkan dan dipelihara. Oleh karena itu, penting untuk membuat fitur-fitur yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna. Jika diperlukan, fitur-fitur baru dapat ditambahkan secara bertahap.

Salah Pilih Platform OS

Aplikasi berbasis web dapat diakses melalui berbagai platform OS, seperti Windows, macOS, Linux, iOS, dan Android. Oleh karena itu, penting untuk memilih platform OS yang tepat sesuai dengan target pengguna.

Melewatkan Pengujian

Pengujian adalah proses penting untuk memastikan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Melewatkan pengujian dapat menyebabkan aplikasi memiliki bug atau error yang dapat mengganggu pengguna. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengujian secara menyeluruh sebelum aplikasi diluncurkan.

Tidak Melakukan Perkembangan

Aplikasi berbasis web harus selalu diperbarui untuk memperbaiki bug, menambahkan fitur baru, dan mengikuti perkembangan teknologi. Tidak melakukan perkembangan dapat menyebabkan aplikasi menjadi ketinggalan zaman dan tidak menarik bagi pengguna. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengembangan secara berkala.

Kurang Pemasaran

Aplikasi yang bagus tidak akan berhasil jika tidak diketahui oleh pengguna. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemasaran untuk mengenalkan aplikasi kepada pengguna. Pemasaran dapat dilakukan melalui berbagai saluran, seperti media sosial, iklan, dan promosi.

Baca juga: Gali Potensi Bisnis, Ini 10 Contoh Aplikasi Berbasis Web yang Sukses

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum di atas, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan dalam membuat aplikasi berbasis web. Untuk menemukan insight tambahan lainnya seputar pembuatan aplikasi berbasis web, Anda bisa cek kumpulan Insight Onero.

Nah, apabila setelah mempertimbangkan kesalahan umum di atas Anda memutuskan untuk menggunakan bantuan jasa profesional, disarankan menggunakan jasa dari Onero Solutions. Kami menawarkan layanan pembuatan aplikasi berbasis web yang berfokus pada kenyamanan user experience dan menggunakan bahasa pemrograman yang sudah teruji. Kalau Anda tertarik dan memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai layanan kami, silakan mengisi form di bawah ini.

Don't forget to share this post!

Related Insights