Placeholder canvas

Dijamin Efisien! Ini Cara Membuat FB Ads untuk Pebisnis Pemula

FB Ads (Facebook Advertising) adalah fitur iklan yang ditawarkan oleh Facebook dengan menargetkan pengguna Facebook yang memiliki detail fitur canggih, seperti dapat menargetkan audiens sesuai dengan produk yang diiklankan, memiliki beragam paket iklan yang dapat disesuaikan dengan budget, meningkatkan brand awareness dengan cepat, serta data hasil FB ads juga bisa diolah dan diteliti lebih lanjut.

Banyaknya keuntungan dalam menggunakan fitur FB ads membuat berbagai jenis produk dan jasa dapat dipromosikan di Facebook. Cara membuat FB ads juga cukup mudah untuk para pebisnis pemula. Sebab, penjelasan paket beserta setting fiturnya dijelaskan dengan baik dan user-friendly di web Facebook for Business.

Akan tetapi, dalam mengiklankan suatu produk atau jasa, Anda tidak bisa terus melihat tren di masa lalu di mana tujuan dan deskripsi produk dijelaskan sejelas mungkin di depan audiens dengan teks panjang atau siaran iklan yang lama. Tentunya Anda perlu melakukan efisiensi budget yang dikeluarkan untuk promosi, bukan?

FB ads sebagai salah satu fitur iklan di media sosial biasanya memiliki pola iklan yang singkat, padat, dan jelas untuk target audiensnya. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis yang ingin mengiklankan produk atau jasa dengan FB ads, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk memulai menggunakan fitur ini tanpa perlu mengeluarkan kocek besar. Berikut artikel ini telah menyiapkan 3 cara membuat FB ads untuk para pebisnis pemula yang ingin mengutamakan efisiensi budget.
Pastikan Tujuan Iklan Bisnis Jelas

Cara membuat FB ads yang pertama ialah memastikan tujuan Anda dalam mengiklankan produk Anda di Facebook. Apakah Anda ingin membangun brand awareness dengan ingin menarik lebih banyak followers ke halaman toko online Anda? Apakah ingin meningkatkan engagement audiens untuk berlomba-lomba meningkatkan like dan comments di halaman Anda? Atau mengharapkan subscription dan transaksi ke halaman atau web toko online Anda?

Nah, jawaban Anda menentukan bagaimana Call-to-Action (CTA) audiens nantinya. Dengan menentukan tujuan iklan bisnis dengan jelas, calon pelanggan tidak akan bingung atau ragu untuk meng-klik iklan Anda.

Tulis Tagline atau Deskripsi Bersifat Soft-Selling

Saat ini, audiens menjadi lebih pemilih dan cepat bosan dengan strategi pemasaran yang itu-itu saja. Oleh karena itu, kolom FB ads tidak terlalu besar di halaman beranda, namun tetap membuat audiens Facebook memerhatikan iklan tersebut. Cara membuat FB ads yang menarik perhatian dan tidak membosankan ialah dengan menulis tagline atau deskripsi yang bersifat komunikatif. 

Bandingkan kata-kata hard-selling, seperti “Ini adalah jasa terbaik yang sudah diakui oleh tokoh X, ayo beli sekarang!” dan soft-selling, seperti  “Anda bingung dengan pilihan Anda? Atau masih ragu dengan paket yang kami tawarkan? Konsultasikan bersama kami.” Bisa Anda rasakan perbedaan tone dari kedua deskripsi iklan ini, bukan? Pelanggan cenderung lebih menyukai kalimat singkat yang bisa bersifat mengajak dan komunikatif daripada nada perintah yang disampaikan di contoh.

Pilih Foto atau Ilustrasi Kreatif yang Mendukung Pesan Headline

Cara membuat FB ads Anda agar membekas di ingatan audiens ialah dengan mencocokkan isi iklan dengan foto atau ilustrasi yang kreatif. Tidak harus terlihat seperti iklan atau justru lebih ke clickbait yang murahan, cukup foto atau ilustrasi yang menarik dan mewakili objektif iklan Anda. Kecocokan foto dan pesan headline akan memberikan kesan yang membekas di ingatan audiens.

Cara membuat FB ads yang sudah tertera di atas juga harus didukung dengan membuat web toko online yang responsif dan user-friendly. Hal ini dilakukan agar ketika audiens yang dituju meng-klik FB ads Anda, audiens tetap melanjutkan ke web dengan nyaman hingga transaksi.

Bila sudah mencoba berbagai cara membuat FB ads di atas dan ingin melanjutkan promosi dengan membuat web toko online, Anda bisa mengandalkan jasa Onero Solutions. Sebagai jasa pembuatan toko online terpercaya di Indonesia, Onero akan mewujudkan toko online impian Anda dengan dilengkapi berbagai fitur canggih. Mulai dari adanya shopping cart, live chat, metode pembayaran, hingga banner promosi.

Selain membuat web toko online, Onero pun memiliki layanan lainnya, seperti pembuatan company profile, custom apps, mobile apps, maintenance web, maintenance social media, design web, digital marketing, optimasi SEO, dan lainnya. Bila masih bingung ingin membuat web toko online seperti apa, Anda bisa mengonsultasikan hal ini kepada Onero. Dengan berkonsultasi terlebih dahulu, Onero dapat mengetahui segala kebutuhan dan keinginan Anda sehingga dapat dibuatkan web toko online yang mampu mencapai goals yang diinginkan. Segera konsultasikan segala kebutuhan dan keinginan toko online Anda bersama Onero Solutions!

Don't forget to share this post!

Related Insights