Menurut survei dari Statista, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 140 juta pengguna per Januari 2021. Bisa dikatakan setengah dari penduduk Indonesia menggunakan Facebook sebagai media sosial yang wajib ada di gadget.
Facebook sebagai media sosial yang populer di Indonesia, menjadikan platform satu ini tidak hanya untuk membagikan dokumentasi kegiatan atau mengunggah status di profil. Melainkan juga digunakan sebagai alat marketing yang mampu membantu bisnis tumbuh dengan pesat.
Dari besarnya jumlah pengguna Facebook di Indonesia, media sosial ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengembangkan dan mempromosikan bisnis dengan menggunakan fitur FB ads atau Facebook advertising.
Memang, FB ads adalah apa ya? Untuk yang belum mengetahui FB ads adalah apa, berikut artikel ini menyajikan sederet informasi mengenai FB ads adalah dan mengenal kategori objektif iklan dari Facebook.
FB Ads adalah
FB ads adalah fitur iklan di facebook yang cukup canggih dan tepat sasaran dengan memberikan opsi kepada pemilik bisnis untuk menargetkan audiens dengan spesifik. Mulai dari kategori demografi, lokasi, umur, minat, jenis kelamin, dan lainnya.
Kecanggihan ini membuat Anda bisa mempromosikan barang atau jasa yang dijual menjadi lebih tepat sasaran kepada audiens yang memenuhi syarat-syarat yang sudah diatur. Contohnya saja, jika Anda menjual kosmetik, FB ads ini akan muncul di beranda pengguna yang berjenis kelamin wanita, berumur muda hingga dewasa, dan mencantumkan minatnya terhadap kosmetik. Fitur ini bersifat otomatis di Facebook setelah diatur oleh Anda sebagai pemilik bisnis.
Selain itu, distribusi FB ads bukan hanya berdasarkan detail apa yang dicantumkan pengguna Facebook. Tapi, juga tentang kebiasaan ketika berselancar di Facebook yang membentuk pola tertentu.
Misalnya saja, jika seorang pengguna sedang menyukai konten-konten yang berhubungan dengan drama korea, kemudian Facebook secara otomatis akan mengenali pola ini sehingga pengguna akan terus melihat konten yang mirip. Hal inilah yang berujung munculnya FB ads tentang kosmetik dan merchandise yang berhubungan dengan drama korea. Facebook yang mengenali pola ini secara otomatis akan mengarahkan pengguna menuju FB ads yang berhubungan dengan minatnya yang kadang tidak disadari oleh pengguna itu sendiri.
Setelah mengetahui FB ads adalah apa, saatnya Anda menentukan objektif iklan. Terdapat 3 kategori objektif iklan pada Facebook yang perlu Anda ketahui.
3 Kategori Objektif Iklan Facebook
1. Awareness (Kesadaran)
Kini, terdapat 3 juta bisnis yang diiklankan di Facebook saat ini, apakah yakin bisnis Anda sudah dikenal audiens? Jika belum, tandanya kategori objektif iklan bisnis Anda adalah awareness.
Kategori objektif ini untuk memperkenalkan bisnis Anda dan membangun brand awareness. Bisnis yang memiliki objektif awareness, harus menyiapkan iklan singkat yang kreatif dan membekas di ingatan audiens, seperti video 15 detik, ilustrasi menarik, atau post tentang fakta unik yang menyampaikan pesan membekas.
2. Consideration (Pertimbangan)
Kategori objektif ini fokus pada bagaimana FB ads dapat membuat audiens menimbang-nimbang untuk membeli produk atau jasa. Tingkat ini lebih memancing kepo audiens. Objektif consideration digunakan untuk mendukung audiens meng-klik facebook, masuk ke web bisnis, serta fokus pada menaikkan traffic dan engagement web. Pastikan iklan yang Anda buat menarik dan web toko online tidak lemot ketika di klik langsung dari halaman iklan.
3. Conversions (Konversi)
Kategori objektif ini ditargetkan untuk audiens yang bisa langsung membeli jasa atau barang Anda. Tipe ads untuk kategori objektif ini jika di-klik pengguna akan berujung pada pengisian form, memberikan kontak bisnis, meningkatkan traffic audiens di web toko online, dan mendukung kegiatan sales atau transaksi. Tipe ads untuk conversions tentu harus menarik dan jenis ads ini lebih mahal daripada poin-poin sebelumnya.
Untuk memastikan semua jenis objektif ini terpenuhi, web toko online Anda harus sudah siap digunakan dan tentunya tidak lemot ketika diakses. Biasanya, pengguna Facebook banyak yang meninggalkan iklan karena website yang di-klik berjalan lambat. Inilah yang membuat FB ads tidak berjalan sesuai rencana.
Itulah beberapa informasi mengenai FB ads adalah dan kategori-kategori objektif iklan dari Facebook. Bila menginginkan web toko online yang menarik dan tidak lemot saat diakses, Anda bisa menggunakan jasa Onero Solutions.
Sebagai jasa pembuatan web toko online terbaik, Onero mampu menghasilkan web toko online yang menarik dan tentunya kecepatan loadingnya cepat. Dijamin audiens Anda akan puas mengeksplor web, bahkan membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Selain membuat web toko online, Onero juga memiliki layanan lainnya, seperti pembuatan company profile, mobile apps, custom apps, design web, digital marketing, maintenance social media, maintenance web, dan lainnya. Paket komplit, kan? Segera buat web toko online impian Anda bersama Onero Solutions!