Placeholder canvas

Ini Cara Iklan di Facebook agar Pelanggan Kepincut dengan Produk Anda

Cara Iklan di Facebook tidak hanya sekadar mendesain iklan dan menjual produk Anda dengan cara lama, seperti menampilkan segalanya di halaman Facebook layaknya majalah katalog. Cara kerja iklan di Facebook sudah lebih canggih, yaitu dengan fitur yang mampu menargetkan langsung ke pelanggan yang sudah sesuai dengan kriteria target market produk Anda. 

Meskipun sudah canggih, namun cara iklan di Facebook pun dapat membuat audiens kabur dan tidak jadi melakukan transaksi. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut artikel ini telah merangkum beberapa cara efektif untuk memberikan kesan baik ke audiens, juga sekaligus bisa mengoversi pengunjung menjadi pembeli, bahkan dapat menjadi pelanggan setia produk Anda.
Jenis Format FB Ads

Sebelum meminta tim kreatif untuk membuat ads atau iklan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam jenis Facebook ads dan format yang cocok dengan objektif dari bisnis. 

Jenis Facebook ads antara lain ada Photo ads, yaitu tipe ads paling dasar yang berbentuk satu foto dan deskripsi singkat. Kemudian, ada pula Video ads berbentuk video untuk memberikan highlight lebih banyak ke produk Anda. Lalu, ada Stories ads yang memakai full-screen ads untuk mendapatkan atensi penuh dari audiens, dan masih banyak jenis ads lainnya.

Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan jenis ads. Cara iklan di Facebook ini dapat efektif berjalan bila Anda pun membuat desain iklan sesuai dengan jenis ads dan mampu menarik audiens.

Tempatkan Ads di Halaman yang Strategis

Cara iklan di Facebook selanjutnya ialah pintar dalam memilih lokasi ads Anda di halaman Facebook. Walaupun kini dunia periklanan sudah digital, namun perbedaan penempatan iklan tetaplah memengaruhi perhatian audiens. Sama halnya seperti billboard di jalan yang membutuhkan lokasi tepat.

Di Facebook, ada Desktop News Feed yang menampilkan iklan di beranda sama seperti unggahan status atau foto sehingga ads ini terlihat lebih natural. Ada juga Mobile News Feed yang memiliki sistem yang sama dengan desktop, namun memiliki kemungkinan lebih besar untuk dilihat audiens karena banyaknya pengguna Facebook yang menggunakan hp untuk bermedia sosial.

Tidak hanya itu, ada pula Desktop Right Column (Kolom Kanan), di mana ads akan muncul di kolom kanan dan ukurannya agak kecil. Selain itu, masih ada berbagai macam penempatan ads lainnya di Facebook. Akan tetapi, disarankan memilih otomatis agar Facebook memilihkannya atau Anda pun bisa mengatur atur sendiri, namun tetap menyesuaikan dengan jenis ads yang sudah dipilih sebelumnya.

Pertimbangkan Pemilihan Warna

Jika membicarakan tentang desain, maka tidak terlepas dari pemilihan warna. Perlu diketahui, pemilihan warna memengaruhi psikologi audiens dalam bereaksi terhadap iklan Anda. 

Detail cara iklan di Facebook ini sering dilupakan para pebisnis karena mungkin yang dipikirkan ialah warna iklan terlihat terang untuk mendapatkan perhatian audiens. Padahal, pemilihan warna dapat mendefinisikan brand dari bisnis Anda dan menghubungkan produk dengan tipe feeling tertentu untuk audiens.

Kini, sudah banyak brand yang memiliki pesaing sama kuatnya, namun tetap bisa mendefinisikan brand secara tampak berbeda. Misalnya saja, produk soda. Anda bisa membedakan Coca-Cola dan Pepsi dari warna brandnya yang berbeda, bukan? Padahal, keduanya sama-sama minuman soda. 

Hal ini juga berlaku untuk desain ads Anda di Facebook. Pertimbangkan untuk memilih warna yang tepat agar Anda dapat menarik audiens dengan tepat.

Pastikan Landing Page Sesuai dengan Ads

Anda sudah harus menyiapkan landing page yang relevan dengan ads yang di-klik dan web toko online. Tujuan dari penempatan ads di Facebook adalah untuk menarik audiens menjadi konsumen, bukan? Maka dari itu, pastikan web dan landing page Anda tidak membuat kabur audiens.

Setelah mengetahui cara iklan di Facebook, saatnya Anda mulai eksekusi dan mempersiapkan web toko online untuk menyambut calon pembeli. 

Untuk membantu memenuhi kebutuhan web toko online dan digital marketing, Anda bisa bekerja sama dengan Onero Solutions. Sebagai digital agency terbaik di Indonesia, Onero Solutions menawarkan berbagai layanan untuk Anda. Mulai dari pembuatan company profile, toko online, mobile apps, custom apps, design web, maintenance web, maintenance social media, hingga digital marketing.

Dengan menggunakan jasa digital marketing dan pembuatan toko online dari Onero, dijamin bisnis Anda akan dikenal khalayak luas, serta tentunya menghasilkan omzet besar. Anda pun bisa mengandalkan pemasangan iklan di Facebook dari Onero yang bisa dipastikan dapat menarik banyak audiens. Tertarik? Segera konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan Onero!

Don't forget to share this post!

Related Insights