Placeholder canvas

Jangan Ketinggalan! Ini Dia Strategi Marketing Online yang Wajib Anda Ketahui

Sebagai pebisnis online, kesiapan mental dan strategi untuk mengembangkan, serta mempertahankan bisnis di tengah arus persaingan yang semakin besar adalah suatu hal yang wajib. Bahkan, kini marketing online pun sampai memiliki berbagai kelas berbayar untuk membantu para pebisnis untuk mempersiapkan diri dalam persaingan jual-beli online. Apakah Anda memiliki toko online namun kini sedang dalam menjalankan strategi marketing online? Jika iya, berikut artikel ini telah merangkum beberapa strategi pemasaran online yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Konsumen adalah Nomor Satu


Ingatlah, konsumen harus selalu diprioritaskan. Apapun yang diinginkan konsumen, bagaimana pengalaman konsumen, dan bagaimana pelayanan Anda  adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan agar Anda bisa mengenal konsumen. Dari ketiga hal tersebut, marketing online Anda bisa berjalan dengan saling mencocokkan supply and demand yang saling berhubungan. 

Anda perlu menentukan target pasar dengan melakukan riset terlebih dahulu agar mengetahui tipe konsumen seperti apa yang ideal untuk produk dan jasa yang dijual. Dengan melakukan riset, Anda bisa mengetahui seperti apa detailnya produk atau jasa yang pasar butuhkan, seperti apa pengalaman belanja online yang diinginkan pasar, dan bagaimana pelayanan yang perlu Anda lakukan.

Aktifkan Media Sosial

Penggunaan media sosial adalah strategi marketing online yang wajib untuk Anda lakukan. Anda bisa aktif di media sosial dengan membuat akun Instagram dan Facebook khusus bisnis, berdiskusi di thread Twitter, aktif mengunggah konten kreatif, melakukan giveaway, dan melakukan promosi soft-selling lainnya.

Perlu diketahui, aktif dalam menggunakan media sosial juga harus diikuti dengan ketekunan dan kreativitas yang perlu diasah. Hal ini perlu dilakukan agar konsumen tidak merasa bosan dan pergi dari akun bisnis Anda karena melihat branding media sosial yang terlalu terkesan terlihat hard-sell atau akun yang jarang di-update. Anda perlu membatasi platform apa yang paling cocok untuk Anda dan konsumen sehingga penggunaan media sosial bisa maksimal.

Pasang Ads di Platform Online

Tidak akan terasa lengkap bila membicarakan marketing online  tanpa membahas iklan online. Anda bisa mengiklankan bisnis menggunakan fitur Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, Youtube Ads, dan berbagai macam platform online populer lainnya. 

Ads yang ada di platform online memang tidak gratis dan cenderung mahal. Akan tetapi, jika sudah menemukan objektif produk dan iklan, mengenal target pasar, menyusun kecocokan anggaran, kebutuhan, serta strategi, Anda bisa memilih tipe ads yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Dengan begitu, marketing online dapat berjalan sesuai dengan apa yang Anda rencanakan.

Pakai Google Analytics dan SEO Tools

Google Analytics adalah tools yang dipakai untuk menganalisa kinerja website. Tampilan Google Analytics berupa statistik yang menunjukkan pengunjung website. Traffic dari website Anda pun akan diketahui dari tools ini dan Anda bisa menyusun strategi marketing online selanjutnya, seperti apakah perlu memperbanyak konten baru, konten apa yang paling banyak menarik pengunjung, atau apa jenis konten selanjutnya yang bisa meningkatkan traffic website. 

Sedangkan, SEO (Search Engine Optimization) tools membantu website Anda untuk ditemukan lebih mudah di mesin pencari. Semakin mudah website ditemukan secara organik oleh pengunjung, semakin mudah juga Anda dipertemukan dengan konsumen. Pengetahuan dua tools ini adalah hal yang wajib diketahui supaya Anda bisa terus merefleksikan apa saja yang perlu ditingkatkan supaya website dapat terus berada di posisi teratas di hasil pencarian.

Pastikan Loading Web Cepat dan Ramah untuk Berbagai Device

Halaman web yang user-friendly, baik di desktop maupun mobile membuat pengunjung nyaman dengan apapun yang Anda tampilkan di web. Oleh karena itu, memiliki website yang cepat, responsif, dan menarik adalah hal yang perlu masuk ke dalam list prioritas Anda demi melancarkan strategi marketing online.

Semua strategi diatas bisa didukung dengan layanan Onero Solutions. Perlu Anda ketahui, Onero Solutions adalah digital agency terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan yang cocok untuk segala kebutuhan strategi marketing online Anda. Mulai dari pembuatan website toko online, company profile, mobile apps, custom apps, design web, maintenance web, maintenance social media, digital marketing, hingga optimasi SEO. Lengkap banget, kan?

Bahkan, bila kebingungan menentukan pemasaran online yang tepat, Anda bisa mengonsultasikannya kepada Onero agar goals bisnis dapat tercapai sesuai keinginan.

Tidak sekadar memberikan layanan, semua hasil pekerjaan Onero pun dijamin berkualitas. Onero mampu hasilkan web yang user-friendly dan mobile friendly, serta mampu menarik

web design, web development, custom apps, mobile apps, dan keperluan digital marketing lainnya. Jika Anda masih bingung dan ragu tipe jasa apa yang tepat untuk Anda, Anda bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu bersama Onero Solutions.

Don't forget to share this post!

Related Insights