Placeholder canvas

Ketahui Strategi Segmentasi Pasar dan Kegunaannya Untuk Bisnis

Dalam menargetkan audiens yang tepat dalam sebuah strategi promosi tidak bisa sembarangan direncanakan dan dieksekusi.
Salah satu perbedaan mendasar dari strategi pemasaran konvensional dengan modern adalah adanya strategi yang memungkinkan untuk menargetkan spesifikasi audiens atau bagian pasar tertentu yang memang cocok dengan bisnis yang dijalankan.
Ibaratnya jika Anda ingin menjaring ikan yang banyak, tidak perlu hingga menebar jaring ke seluruh wilayah lautan. Cukup lautan yang sudah pasti memiliki ikan yang banyak dan mudah untuk dijangkau. Hal ini juga menjadi perumpamaan yang sederhana untuk memahami sebuah strategi segmentasi pasar.
Definisi Strategi Segmentasi Pasar
Strategi segmentasi pasar adalah strategi untuk mengelompokkan atau membagi target pasar ke beberapa kategori kecil yang lebih spesifik dan terarah.
Strategi segmentasi pasar ini biasanya membagi target audiens dengan karakteristik yang mirip hingga dibagi ke beberapa jenis kelompok seperti berdasarkan demografi, minat, kebutuhan, maupun lokasi.
Tentu strategi ini menawarkan beberapa keuntungan yang bisa menjadikan usaha untuk promosi suatu bisnis menjadi lebih efektif. Fokus yang terarah serta target yang spesifik membuat Anda tidak perlu mengeluarkan budget atau tenaga yang sia-sia untuk mempromosikan bisnis Anda.
 
Kegunaan Strategi Segmentasi Pasar
1.  Pesan Promosi Lebih Kuat
 
Anda tidak perlu menulis caption yang panjang dan umum untuk produk yang dipromosikan. Apalagi pemilihan bahasa yang umum memang dipilih sebagai ‘cara aman’ untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Namun sebenarnya Anda tidak perlu menjangkau seluas-luasnya. Anda hanya perlu menargetkan pasar yang tepat.
Pesan promosi yang lebih kuat adalah kekuatan utama strategi segmentasi pasar. Anda bisa menyampaikan pesan secara langsung tentang apa yang diinginkan, dibutuhkan, dan karakter unik dari target audiens Anda sehingga kecocokan produk dengan pasar akan memudahkan target audiens dalam memahami pesan yang Anda sampaikan.
2.  Identifikasi Strategi Terbaik
Banyak sekali strategi marketing yang dikenal di dunia bisnis. Online marketing pun masih memiliki berbagai macam taktik seperti media sosial, email, konten, video, iklan SEM, SEO, dan jenis strategi lainnya.
Saat Anda sudah paham betul dengan segmentasi pasar yang spesifik, Anda bisa lebih cepat mengetahui solusi apa yang terbaik untuk promosi produk kepada target audiens yang tepat sasaran. Sehingga ini memudahkan Anda dalam menentukan taktik yang tepat untuk bisnis Anda. Hal ini Anda bisa lebih cepat mengeliminasi usaha-usaha lain untuk promosi yang kurang menghasilkan output bagus kedepannya.
3.  Membedakan Produk dengan Kompetitor
 
Value dan keunikan dari sebuah strategi juga akan membuat Anda bisa lebih unggul daripada kompetitor.
Daripada membuat bisnis terlihat 100% seperti orang lain yang belum tentu membuat Anda unggul di pasaran. Anda bisa menggunakan target spesifik dari pasar Anda untuk membantu dalam menentukan kegiatan promosi dan manajemen jangka panjang yang lebih target-oriented. Tentu hal ini dapat membuat Anda terlihat beda dan bisa menaklukan hati dari para target audiens Anda
4.  Fokus dengan Target Audiens yang Super-Targeted
Target audiens yang super-targeted sudah disebutkan secara implisit di poin-poin sebelumnya. Poin ini adalah hal vital dalam mengelola iklan online, yaitu menargetkan audiens dari  umur, minat, jenis kelamin, dan kriteria lainnya.
Dengan mengetahui fokus target audiens Anda Segala jenis fitur iklan online akan menonjolkan kemudahan ini sehingga nantinya Anda bisa lebih mudah menganalisa mana strategi marketing yang cocok untuk Anda dan apa saja hal yang bisa Anda perbaiki dari kesalahan-kesalahan yang lalu.
Strategi segmentasi pasar memang berfokus pada target pasar spesifik agar usaha yang dikeluarkan oleh pebisnis untuk menyampaikan pesan bisnisnya terlaksana dengan efektif tanpa harus ‘menjaring lautan yang terlalu luas’.
Untuk memaksimalkan strategi segmentasi pasar ini, Anda membutuhkan tenaga profesional khusus untuk dapat menganalisa data yang dihasilkan dengan baik dan memastikan eksekusinya tepat
Salah satu digital agency yang berpengalaman dalam bidang ini adalah Onero Solutions. Onero menawarkan jasa strategi digital marketing termasuk segmentasi pasar yang spesifik. Onero juga menyediakan berbagai macam kebutuhan dalam melakukan pemasaran online seperti optimasi SEO, penggunaan SEM, digital marketing pembuatan website dan masih banyak lagi. Selain itu, analisa data dari tim Onero yang profesional juga sudah tersertifikasi dan bisa diajak berkonsultasi. Wujudukan kelancaran bisnis dengan segmentasi pasar dan strategi yang tepat bersama Onero!

Don't forget to share this post!

Related Insights