Placeholder canvas

6 Langkah Jitu Melakukan Segmenting Pasar yang Efektif untuk Bisnis

Segmenting adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang serupa. Dengan melakukan segmenting pasar, bisnis dapat lebih memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya, sehingga dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Segmenting adalah hal penting bagi pebisnis dan Anda perlu mengetahui langkah-langkah apa saja yang efektif untuk bisnis. Berikut ini pengertian, peran, dan langkah melakukan segmenting pasar yang efektif.

Baca juga: Segmentasi Pasar: Pahami Definisi, Jenis, dan Manfaatnya dalam Bisnis

segmenting adalah hal penting saat menentukan market

Pengertian Segmenting

Dalam dunia bisnis, segmenting adalah proses membagi pasar yang besar dan beragam menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil dan spesifik berdasarkan kesamaan tertentu. Tujuan segmenting adalah untuk memahami kebutuhan dan keinginan masing-masing kelompok dengan lebih baik, sehingga dapat mengembangkan strategi pemasaran, produk, dan layanan yang lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Mengenal STP Marketing: Segmentation, Targeting, Positioning

Pentingnya Segmenting Pasar

Segmenting pasar penting karena dapat memberikan sejumlah manfaat bagi bisnis, antara lain berikut ini

  • Membantu bisnis memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Dengan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, bisnis dapat mengembangkan produk dan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Meningkatkan efektivitas strategi pemasaran. Dengan segmenting pasar, bisnis dapat menargetkan strategi pemasarannya pada kelompok pelanggan yang tepat. Hal ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi strategi pemasaran, serta mengurangi biaya pemasaran.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, bisnis dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, yang nantinya meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Tahapan Melakukan Segmenting Pasar

  1. Tentukan Tujuan Segmenting

Langkah pertama adalah menentukan tujuan segmenting pasar yang ingin dicapai oleh bisnis. Apakah tujuannya untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan kepuasan pelanggan, atau meningkatkan loyalitas pelanggan?

  1. Kumpulkan Data Pelanggan

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data pelanggan yang relevan untuk segmenting pasar. Data yang dapat dikumpulkan antara lain demografi, psikografi, dan perilaku pelanggan.

  1. Analisis Data Pelanggan

Setelah data pelanggan terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut untuk mengidentifikasi kelompok-kelompok pelanggan yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang serupa.

  1. Pilih Variabel Segmenting

Variabel segmenting adalah faktor-faktor yang digunakan untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok. Variabel segmenting yang umum digunakan antara lain:

  • Demografi, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, hobi, pendidikan, dan pendapatan.
  • Psikografi, seperti gaya hidup, kepribadian, dan nilai-nilai.
  • Perilaku, seperti frekuensi pembelian, loyalitas, dan sensitivitas harga.
  1. Mengevaluasi Kelompok-Kelompok Pelanggan

Setelah kelompok-kelompok pelanggan terbentuk, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi setiap kelompok pelanggan untuk menentukan apakah kelompok tersebut layak untuk ditargetkan.

  1. Mengembangkan Strategi Pemasaran

Kembangkan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan setiap kelompok pelanggan, seperti kebutuhan dan karakteristik setiap kelompok pelanggan.

Baca juga: Peran Kecerdasan Buatan dalam Segmentasi Pasar yang Lebih Akurat

Tips Melakukan Segmenting Pasar

Berikut adalah beberapa tips melakukan segmenting pasar yang efektif:

  • Fokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan. Tujuan segmenting pasar adalah untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Oleh karena itu, fokuslah pada kebutuhan dan keinginan pelanggan dalam proses segmenting pasar.
  • Gunakan data yang relevan. Pastikan data yang digunakan untuk segmenting pasar adalah data yang relevan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
  • Jangan terlalu banyak membagi pasar. Jika terlalu banyak membagi pasar, bisnis dapat menjadi terlalu kompleks dan sulit untuk dikelola.
  • Pertimbangkan faktor biaya. Segmenting pasar dapat membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pertimbangkan faktor biaya dalam proses segmenting pasar.

Baca juga: Contoh Segmenting, Targeting, Positioning dalam Berbagai Industri

Segmenting adalah proses yang penting untuk dilakukan oleh setiap bisnis. Dengan melakukan segmenting pasar, bisnis dapat lebih memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya, sehingga dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Untuk menambah wawasan Anda seputar strategi pemasaran, peluang bisnis, atau tren digital terkini, cek kumpulan Insight Onero.

Don't forget to share this post!

Related Insights