skip to content

Langkah Langkah Menyusun Iklan di Berbagai Platform Online

Mengunggah foto menarik, video ciamik, ataupun sekedar tulisan di mesin pencari adalah bentuk-bentuk iklan yang umum berada di berbagai macam platform online.

Mulai dari Google, Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, atau bahkan LinkedIn untuk market antar partner bisnis. Semua ini memiliki fitur iklan yang tentu saja akan berguna untuk para pebisnis yang ingin mempromosikan barang atau jasanya.

Oleh karena itu langkah langkah menyusun iklan di platform online menjadi suatu skill yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik bisnis dan marketer. Apakah Anda sudah siap untuk mempelajarinya?

Artikel ini akan merangkum langkah langkah menyusun iklan yang akan berfokus pada persiapan secara keseluruhan sebelum Anda menentukan media atau tipe iklan yang cocok untuk target pasar Anda.

Riset Terlebih Dahulu!

Untuk memulai langkah langkah menyusun iklan yang tepat Anda bisa melakukan riset. Riset ini biasanya meliputi market research dan menentukan SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat). Dengan demikian Anda bisa mengetahui beberapa hal seperti apa saja yang menjadi kekuatan atau keunikan dari bisnis, masalah apa yang dijawab oleh bisnis Anda, siapa saja kompetitor, tipe pelanggan seperti apa yang ideal untuk produk atau jasa bisnis, hingga prediksi dan rencana yang tepat untuk bisnis Anda kedepannya.

Dengan adanya riset, maka Anda bisa mengetahui lebih jauh mengenai bisnis Anda dari segala sisi dan dapat menuntun Anda ke strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran.

Tentukan Tujuan Utama dan Target Pasar Spesifik

Setiap menyusun iklan, pasti akan dimulai dengan menentukan tujuan utama Anda untuk memasang iklan ini. Tujuan ini bisa berupa brand awareness, menarik traffic dan engagement pemirsa, atau mengkonversi dari leads ke pelanggan.

Berbagai macam platform online akan selalu dimulai dengan opsi ini dengan nama-nama berbeda. Setelah objektif yang cocok dengan rencana Anda, target pasar spesifik juga menjadi fokus yang penting.

Dengan memiliki kriteria target pelanggan spesifik, Anda bisa mengatur iklan online dengan lebih tepat sasaran dan tidak ‘asal melempar jaring’.

Pilih Media yang Cocok

Banyaknya media sosial yang menawarkan fitur iklan online membuat Anda bingung?

Setelah Anda memiliki target pasar spesifik dan objektif yang jelas, Anda akan tahu dimana pelanggan Anda berkumpul secara online.

Misalnya jika Anda menjual skin care untuk wanita. Berarti target Anda berjenis kelamin wanita dari umur 18-35 tahun dan biasanya mereka memakai Instagram dan Facebook sebagai media sosial. Dengan begini Anda bisa memakai fitur iklan di media ini karena cocok dengan target Anda.

Atau untuk mempermudah pemirsa menemukan toko, Anda bisa menggunakan iklan di Google untuk memunculkan website toko online Anda di hasil teratas. Pilihan media yang cocok ada di tangan Anda.

Brainstorming adalah Kunci!

Brainstorming atau berdiskusi serius dengan tim bisnis tentu akan menghasilkan beberapa ide ataupun menjawab masalah yang masih mengganggu untuk eksekusi strategi Anda.

Pastikan tim Anda berisi orang-orang profesional yang menanamkan visi dan misi yang sama dengan Anda sebagai kepala tim bisnis ini. Keputusan bersama yang diambil akan menjadi langkah awal yang tepat untuk Menyusun iklan.

Storytelling dalam Desain

Ini merupakan langkah langkah menyusun iklan yang penting! Visual iklan tidak hanya tentang seberapa cantik atau menonjol, namun cerita atau pesan yang disampaikan juga harus jelas.

Desain yang menarik hanya akan membuat pelanggan tertarik di awal saja dan setelah itu bisa saja mengabaikan iklan yang Anda buat. Namun dengan menggunakan desain yang bermakna dan kreatif akan membuat pelanggan bisa ingin mengetahui lebih dalam. Kemampuan storytelling dalam desain ini biasanya membutuhkan riset dan pengalaman desain yang profesional dalam dunia marketing.

Untuk memaksimalkan langkah langkah menyusun iklan, Anda juga bisa menyewa jasa digital agency sebagai partner yang tepat untuk perencanaan dan eksekusi iklan Anda. Onero Solutions adalah jawabannya!

Onero menawarkan jasa pembuatan iklan online, optimasi SEO, dan tentunya dapat memaksimalkan kinerja media sosial bisnis dari klien. Dengan memilih Onero sebagai partner digital bisnis, Anda bisa bebas berkonsultasi dan bernegosiasi untuk kebutuhan sesuai dengan budget Anda. Wujudkan penyusunan iklan yang tepat sasaran bersama Onero!

 

Don't forget to share this post!