skip to content

Lengkap! Berikut Estimasi Biaya Pembuatan Website dan Rinciannya

Bagi para pebisnis maupun perorangan lainnya yang ingin membuat website, pasti sempat berpikir membuat website memerlukan biaya yang sangat banyak, sehingga tidak perlu membuat website apalagi hanya untuk berbisnis. 

Estimasi biaya pembuatan website selalu menjadi momok bagi siapapun yang ingin mewujudkan mimpinya di dunia digital. Padahal di zaman yang semakin berkembang dan teknologi yang semakin canggih ini, website menjadi hal terpenting dalam berbisnis. Berikut ini ulasan estimasi biaya pembuatan website  untuk Anda yang masih ragu dalam sebelum membuat website. Anda perlu mengetahui elemen apa saja yang menjadi list dalam rencana budget untuk mempermudah pembuatan website Anda.

turned on Acer laptop on table near cup

1. Hosting dan Domain

 Untuk membuat website, diperlukan kedua elemen ini. Walaupun Anda mencoba untuk membuat website sendiri dengan estimasi biaya pembuatan website belasan ribu rupiah saja. Namun tentu hasilnya akan berbeda dengan memiliki hosting dan domain sendiri. 

Hosting berperan sebagai gudang penyimpanan untuk segala jenis data yang akan menjadi pendukung website Anda. Sesimpel gambar yang diupload di website tentu perlu ditampung di suatu tempat, hosting adalah tempatnya. 

Sedangkan untuk domain, ini menjadi penentu kepercayaan pengunjung website Anda juga. Bandingkan toko online yang memiliki ujung .com dengan ujung .blogspot.com. Tentu Anda lebih percaya dengan yang berakhiran .com bukan?

Domain ini berperan sebagai alamat dari website Anda. Tentu Anda perlu memilih domain yang bisa di-custom dan memiliki ujung yang populer yaitu .com, .net, atau .co supaya meningkatkan kepercayaan pengunjung Anda juga. 

Memiliki website yang berdomain populer dan mudah diingat adalah kunci untuk menangkap perhatian pengunjung sekaligus mendapatkan kepercayaannya. Anda bisa tes sendiri dengan membandingkan beberapa jenis website dengan domain berbeda. 

Estimasi biaya pembuatan website dengan domain yang disebutkan tadi juga berbeda-beda. Tergantung tingkat popularitas dan traffic yang akan didatangkan, Anda perlu menelusuri lebih jauh dulu perbedaan dari domain-domain diatas. 

2. Desain Web

 Dalam membuat website memang ada beberapa yang bisa memakai tema yang telah disediakan oleh platform yang digunakan. Tetapi pilihan tema gratis tentu berbeda dengan custom tema yang unik dan menarik sesuai dengan keunikan visi misi website Anda. 

Disini desain web masuk ke dalam estimasi biaya pembuatan website yang tidak boleh dilewatkan. Jika Anda menginginkan website yang cantik dan memiliki user interface yang bisa membuat pengunjung betah menikmati visual dan kontennya, maka biaya yang harus Anda keluarkan juga harus lebih banyak. Karena desain web merupakan hal yang riskan dan memerlukan ketelitian yang tinggi. 

Kesan pertama pengunjung ada pada desain web yang cantik. 

3. Konten Web

 Konten web juga masuk dalam list estimasi biaya pembuatan website. Dalam mengupload apapun atau menulis konten, tidak bisa dikerjakan sembarangan. 

Ada ilmu SEO atau optimasi mesin telusur yang bekerja disini. Selain itu, untuk membuat website Anda lebih mudah ditemukan, isi dari web tentu harus mengikuti trend internet juga agar website juga memiliki reputasi bagus di mata Google. 

Estimasi biaya pembuatan website untuk konten web juga memiliki ragam paket yang bisa Anda tanyakan terlebih dahulu dengan penyedia jasa untuk include dalam SEO atau sekedar support konten biasa. 

4. Maintenance

 Maintenance disini berupa perencanaan hingga ke potensi troubleshoot di website Anda. Estimasi biaya pembuatan website tidak akan lepas dari maintenance web. Oleh karena itu, Anda harus memastikan budget yang Anda siapkan juga sesuai dengan kebutuhan support Anda agar tidak terjadi miss komunikasi dalam proses pembuatan website Anda. 

4 poin diatas adalah elemen yang masuk dalam estimasi biaya pembuatan website. Nah dari pengetahuan diatas, Anda tidak perlu ragu dengan pertanyaan “budget yang saya keluarkan untuk apa aja ya?”. 

Tentu jasa yang profesional akan menggunakan budget tersebut sesuai dengan request website Anda dan mereka akan memastikan website berjalan dengan mulus. Salah satu jasa profesional dalam pembuatan website adalah Onero Solutions 

Onero menawarkan jasa pembuatan, desain, dan maintenance website yang sudah berpengalaman sejak tahun 2013. Selain itu, Onero juga ahli dalam digital marketing dan optimasi SEO. Tentu semua jasa ini bisa dikonsultasikan terlebih dahulu secara gratis dan menyesuaikan budget dengan kebutuhan Anda. Mudah dan efisien bukan? Ayo bermitra dengan Onero sekarang!

Don't forget to share this post!

Related Insights