Placeholder canvas

Makin Cuan dengan Kuasai Cara Membuat Iklan yang Baik

Mendapatkan laba sebanyak mungkin dengan modal seminim mungkin adalah tujuan dari setiap pebisnis dalam mencari keuntungan. Oleh karena itu, sebuah promosi untuk mendongkrak penjualan juga harus dipastikan berada dalam jalur efektif dan tidak membuang banyak waktu.
Salah satu tipe promosi paling ampuh adalah dengan membuat iklan. Iklan dulu hanya ditampilkan di media cetak atau billboard di jalan. Namun saat ini iklan cenderung lebih banyak muncul di media online, mengingat pengguna social media dan internet semakin meningkat drastis. Tak hanya itu, terdapat banyak fitur salah satunya ialah dapat menargetkan audiens yang spesifik.
Namun walaupun dengan media yang berbeda, inti dari pembuatan iklan tetap sama yaitu menarik perhatian para calon pelanggan agar tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, keahlian dalam membuat iklan baik itu offline maupun online tetap dibutuhkan.
Berikut ini adalah cara membuat iklan yang baik untuk berbagai media. Pastikan Anda paham dan menguasai sehingga ini bisa diaplikasikan langsung ke strategi bisnis Anda.
1. Target Audiens yang Spesifik
Cara membuat iklan yang baik diawali dengan mengenali audiens. Siapakah nantinya yang akan menggunakan produk atau jasa Anda? Masalah apa yang diselesaikan dengan munculnya produk atau jasa ini? Dua pertanyaan inilah yang nantinya akan memudahkan Anda dalam memulai riset untuk menentukan target audiens yang spesifik.
Dengan adanya target yang lebih jelas dan terarah, memudahkan Anda dalam membuat konten iklan dan media yang akan digunakan. Misalnya jika Anda menjual ATK (alat tulis kantor). Tentu target audiens Anda cukup luas yaitu anak sekolah hingga pekerja kantoran. Namun untuk membuatnya spesifik, Anda bisa juga menargetkan lokasi tertentu hingga umur tertentu yang kira-kira bisa untuk membeli produk Anda lewat iklan yang nantinya akan Anda pasang. Dari sini juga Anda bisa menentukan lokasi atau media sosial yang cocok untuk tipe audiens ini.
2. Apa yang Membuat Produk Anda Spesial?
Produk atau jasa yang baik adalah yang menjawab suatu masalah dengan memberikan efisiensi solusi. Uniknya produk Anda bisa menjadi poin penting dalam cara membuat iklan yang baik sehingga dapat membuat produk Anda terasa lebih spesial.
Anda juga bisa menonjolkan kualitas terbaik dari produk Anda dalam kemasan desain maupun copywriting yang baik. Kedua hal ini bisa menjadi salah satu kunci dari sebuah iklan yang optimal
3. Pesan dalam Desain
Desain juga merupakan poin penting dalam cara membuat iklan yang baik. iklan tidak hanya sekedar sebuah ilustrasi dengan warna yang mencolok untuk menarik perhatian pemirsa Anda.
Namun, desain yang baik juga dapat menyampaikan sebuah pesan ataupun suatu identitas dari bisnis Anda. Brand besar yang memiliki produk mirip namun dengan merk berbeda seperti Coca Cola dan Pepsi dapat dikenali melalui warna kemasan dan pesan dari iklannya.
Anda bisa mencontoh hal ini dan mulai dengan mendesain iklan menyesuaikan pasar namun tetap menonjolkan pesan bisnis sebagai identitas unik di tengah persaingan bisnis ini.
4. Singkat, Padat, Jelas
Dalam membuat iklan pastikan pesan yang disampaikan singkat, padat dan jelas. Sekarang bukan masanya lagi untuk mengiklankan sesuatu lewat tulisan panjang yang bertele tele, karena akan terkesan membosankan
Namun Anda dapat menggunakan Cara membuat iklan yang baik seperti dengan memasukkan tulisan tidak lebih dari 20% dari keseluruhan visual iklan, isi dan tujuan jelas serta gambar yang digunakan bisa menjelaskan mengenai maksud dari pesan yang ingin disampaikan.
Misalnya jika Anda ingin menarik pemirsa dengan diskon besar untuk launching produk baru, maka tonjolkan diskon ini dengan ketentuan yang memancing keinginan pemirsa untuk membelinya seperti ‘untuk 50 pembeli pertama’ atau ‘hingga akhir bulan ini’.
5. Jangan Lupakan CTA
CTA atau Call-to-Action adalah konklusi dari suatu iklan. Setelah Anda paham cara membuat iklan yang baik, Anda juga perlu memikirkan bagaimana cara menutup iklan tersebut?
CTA dilakukan dengan memberikan sinyal pasti kepada pemirsa tentang langkah selanjutnya untuk mereka aagr lebih tertarik dengan produk tersebut. Cara membuat iklan yang baik memang harus memenuhi struktur lengkap seperti visual, teks, target, dan CTA yang tepat. Oleh karena itu, pembuatan iklan tidak boleh sembarangan agar hasil yang diharapkan akan didapatkan secara maksimal.
Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan sebelum mengeksekusi sebuah iklan. Untuk memaksimalkan efektivitas iklan, Anda bisa menyewa jasa profesional dalam bidang periklanan. Salah satunya adalah Onero Solutions.
Onero menawarkan jasa periklanan terutama di media online seperti Google, YouTube, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. Selain itu, Onero juga ahli dalam optimasi SEO untuk meningkatkan kinerja website bisnis sehingga lebih mudah dalam bidang periklanan online. Tunggu apa lagi? Hubungi Onero sekarang.

Don't forget to share this post!

Related Insights