Placeholder canvas

Mengenal 7 Tahapan Software Development Life Cycle

Software Development Life Cycle atau SDLC merupakan suatu kerangka kerja yang digunakan dalam pembuatan perangkat lunak untuk mengatur proses dari tahap awal sampai akhir. SDLC membantu Anda untuk mengelola proyek dengan efisien, memastikan kualitas, dan menghindari risiko yang tidak diinginkan. Bagi yang ingin membuat software, penting untuk mengetahui detail 7 tahapan software development life cycle.

mengenal tahapan software development life cycle

Pengumpulan Kebutuhan

Tahapan software development life cycle ini adalah langkah awal. Pada tahapan ini Anda perlu memahami kebutuhan bisnis, fungsional, dan non-fungsional yang harus dipenuhi oleh perangkat lunak yang akan dikembangkan. Mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan merupakan hal penting agar perangkat lunak yang dikembangkan sesuai dengan harapan.

Perencanaan

Setelah kebutuhan terkumpul, Anda perlu merencanakan proyek secara keseluruhan. Ini melibatkan penentuan sumber daya, jadwal, anggaran, dan risiko yang mungkin terjadi. Perencanaan yang matang membantu mengarahkan proyek dengan efisien dan mengatasi kendala yang mungkin muncul di kemudian hari.

Analisis

Tahap ini melibatkan analisa mendalam terhadap kebutuhan yang telah terkumpul. Anda perlu menganalisis kebutuhan fungsional dan non-fungsional, serta merancang arsitektur umum sistem. Tujuan dari tahapan software development life cycle ini adalah untuk mengidentifikasi solusi teknis yang tepat untuk memenuhi kebutuhan.

Desain

Desain merupakan langkah untuk merinci bagaimana perangkat lunak akan diimplementasikan. Anda perlu merancang struktur sistem, mengidentifikasi komponen-komponen utama, dan merencanakan antarmuka pengguna atau user interface. Desain yang baik dapat membentuk dasar implementasi yang efisien dan mudah di-maintenance.

Implementasi

Tahapan software development life cycle ini melibatkan penulisan kode berdasarkan desain yang telah dibuat. Anda perlu mulai mengimplementasikan komponen-komponen perangkat lunak dan melakukan uji unit untuk memastikan bahwa setiap bagian berfungsi dengan baik. Implementasi yang baik memastikan bahwa perangkat lunak dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Pengujian

Pengujian adalah tahap penting untuk memastikan bahwa perangkat lunak bekerja dengan benar dan memenuhi kebutuhan yang telah ditetapkan. Anda perlu melakukan berbagai jenis pengujian, termasuk uji integrasi, uji fungsional, dan uji kinerja. Hasil pengujian membantu mengidentifikasi dan memperbaiki bug, serta mengoptimalkan kinerja perangkat lunak.

Pengiriman dan Pemeliharaan

Setelah perangkat lunak dianggap siap, tahapan software development life cycle ini melibatkan pengiriman produk kepada pengguna akhir. Anda perlu mengelola proses peluncuran dan memastikan bahwa implementasi berjalan lancar. Setelah peluncuran, perangkat lunak tetap dipelihara dengan pembaruan, perbaikan bug, dan peningkatan fungsionalitas sesuai kebutuhan baru.

Dengan memahami 7 tahapan software development life cycle ini, Anda dapat mengelola proyek perangkat lunak dengan lebih terstruktur, efisien, dan terukur. Menerapkan SDLC dengan baik dapat membantu menghasilkan perangkat lunak berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan penggunanya. Jika ingin menambah wawasan atau ingin menemukan segudang tips seputar pembuatan software atau aplikasi, Anda bisa cek kumpulan Insight Onero.

Sementara, bila Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi, baik aplikasi berbasis website maupun aplikasi berbasis mobile, Onero Solutions bisa menjadi solusinya. Tim developer kami ahli dalam berbagai teknologi dan metodologi pengembangan aplikasi sehingga bisa menghasilkan aplikasi yang berkualitas. Selain itu, tim kami selalu mengutamakan kualitas aplikasi yang dihasilkan agar bisa berfungsi dengan baik, bebas dari bug, dan dapat diandalkan. Setelah proyek selesai pun kami akan memberikan dukungan purna jual berupa perbaikan, update, dan penyesuaian dengan perkembangan bisnis Anda. Untuk konsultasi seputar kebutuhan aplikasi Anda, silakan hubungi kami dengan mengisi form di bawah ini!

Don't forget to share this post!

Related Insights