skip to content

Mudah dan Gratis! Ini 5 Contoh Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Anda Terapkan

Apakah Anda baru terjun ke dunia bisnis dan tengah kebingungan mencari contoh strategi pemasaran produk yang efektif? Sebenarnya, mencari contoh strategi pemasaran produk  bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, baik dari teman yang sudah memulai bisnis duluan maupun dari internet.

Nah, untuk membantu Anda para pebisnis pemula, berikut ini sederet contoh strategi pemasaran produk yang mudah dan dijamin gratis. Apa sajakah contoh-contoh tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini.

 Mudah dan Gratis! Ini 5 Contoh Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Anda Terapkan
  1.     Word of Mouth Strategy

Contoh strategi pemasaran produk yang pertama ialah dari word of mouth strategy. Strategi ini membutuhkan kerabat Anda, seperti keluarga dan teman. Anda bisa meminta tolong kepada kerabat untuk mencoba produk Anda. Jika mereka menyukainya, Anda bisa meminta tolong kepada mereka untuk merekomendasikan produk ke kerabat mereka, baik direkomendasikan dari mulut ke mulut maupun melalui media sosial. 

Akan tetapi, jika mereka tidak menyukai produk Anda, mintalah kritik dan saran mengenai kemajuan produk. Hal ini dilakukan agar Anda bisa menilai kekurangan produk sebelum dijual kepada khalayak luas.

  1.     Buat Konten Kreatif

Tanpa disadari, membuat konten yang kreatif, menarik, dan ciamik tidak hanya untuk memperindah feed Instagram. Melainkan juga untuk memberikan keunikan pada brand dan meningkatkan daya tarik kepada pengguna Instagram untuk melirik bisnis Anda.

Walaupun Anda tidak memakai fitur iklan di Instagram, Anda juga tetap bisa menggunakan hashtag agar produk bisa ditemukan oleh banyak pengguna Instagram. Konten yang menarik, kreatif, dan rutin di-posting dapat menjadi contoh strategi pemasaran produk yang mudah, serta gratis. Anda bisa rutin mem-posting di jam 10 pagi, 1 siang, dan 7 malam karena pada jam-jam tersebut, banyak pengguna internet yang mengakses Instagram.

  1.     Email Marketing

Email marketing adalah contoh strategi pemasaran produk berupa email untuk mempromosikan produk kepada pelanggan. Biasanya, email marketing dilakukan ketika Anda sudah mendapatkan email dari pelanggan dan rutin mengirimkan berbagai informasi produk. Hal ini dilakukan agar pelanggan dapat mengetahui informasi terupdate mengenai produk atau terbaru mengenai bisnis Anda.

Contoh strategi ini sangat cocok untuk bisnis baru karena cara ini gratis dan fleksibel. Akan tetapi, Anda harus bijak dalam menyusun konten dan bahasa untuk menyampaikan promosi melalui email. Sebab, bisa-bisa pelanggan yang mendapatkan email marketing dari Anda merasa risih yang akhirnya mereka akan berhenti berlangganan atau unsubscribe.

  1.     Ikuti Seminar Marketing Gratis

Kini, sudah banyak seminar marketing, baik seminar tatap muka, berbentuk video live maupun podcast tentang digital marketing yang bisa dicari di berbagai platform internet. Dari seminar ini, Anda bisa mendapatkan banyak ilmu yang sudah diterapkan oleh banyak orang sebelumnya. Dengan demikian, Anda akan memiliki lebih banyak referensi untuk strategi pemasaran.

  1.     Gabung dengan Kegiatan Komunitas Online

Anda pun bisa memperluas relasi dengan ikut dalam komunitas online. Selain itu, juga bisa ikut ‘nimbrung’ dalam thread twitter atau komentar di blog yang membahas strategi pemasaran. Dengan ikut ‘nimbrung’, selain memperluas relasi, Anda juga memperkenalkan bisnis kepada khalayak luas.

Contoh strategi pemasaran produk di atas dapat Anda terapkan untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan. 

Jika telah menerapkan strategi di atas dan memiliki budget lebih, tidak ada salahnya Anda mencoba iklan berbayar di internet atau membuat website toko online. Hal ini dilakukan agar iklan Anda dapat menjangkau target secara lebih meluas. 

Untuk membantu Anda mengelola iklan beriklan berbayar atau membuat toko online yang berkualitas, Anda bisa menggunakan digital agency yang handal, seperti Onero Solutions. Onero Solutions adalah digital agency ternama dan terbaik di Indonesia. Onero Solutions memiliki layanan digital marketing yang dapat mengelola segala kebutuhan pemasaran Anda. 

Dengan jasa Onero Solutions, Anda akan dibantu dalam beriklan di dunia digital yang nantinya dapat menjangkau target pasar secara meluas. Selain itu, Onero pun memiliki layanan maintenance social media, di mana mereka akan membantu mengelola media sosial bisnis Anda agar akun bisnis dapat terus aktif dan menarik banyak pengunjung.

Tidak hanya dua layanan tersebut, Onero Solutions juga memiliki layanan lainnya, seperti pembuatan web toko online, company profile, custom apps, mobile apps, design website, maintenance web, optimasi SEO, dan lainnya. Lengkap banget, ya?

Anda sebagai pebisnis pemula memerlukan jasa Onero agar pemasaran produk dapat tepat sasaran, menjangkau target pasar secara meluas, dan tentunya menghasilkan omzet besar. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi Onero Solutions dan konsultasikan segala kebutuhan Anda sekarang juga!

Don't forget to share this post!

Related Insights