Placeholder canvas

Pebisnis Baru Merapat! Berikut Cara Pasang Iklan di Google

Bayangkan jika Anda sedang ingin mencari suatu produk atau jasa di internet. Hal pertama yang akan Anda lakukan pasti mengetik keyword di pencarian Google, kemudian mesin pencari ini akan memberikan hasil rekomendasi toko-toko yang cocok sesuai dengan kata kuncinya.
Toko yang ditampilkan sudah pasti bukan cuma satu jenis atau hanya satu halaman. Biasanya, urutan pertama dari hasil pencarian ada yang bertuliskan ‘iklan’ dan ada yang organik. Di sinilah fungsi Google untuk mendekatkan pengguna internet dengan tujuan beli kepada pemilik bisnis yang menjual produk atau jasa.
Dari ilustrasi ini, Anda sebagai pebisnis bisa melihat perspektif dari sudut pandang penjual produk atau jasa. Google akan memudahkan bisnis online untuk berkembang dan menggaet banyak konsumen.
Apakah Anda tertarik memanfaatkan platform satu ini, namun bingung menggunakannya? Jangan khawatir! Cara pasang iklan di Google cukup mudah dan sudah menjadi pengetahuan wajib bagi Anda yang ingin meroketkan website bisnis dengan menjangkau lebih banyak pelanggan. Cara pasang iklan di Google memerlukan Google Ads. Anda bisa membuka ads.google.com terlebih dahulu untuk melihat ringkasan, cara kerja, biaya, referensi, FAQ, lanjutan, dan kontak yang tersedia sebagai permulaan.
Hasil iklan di Google yang ditampilkan berbentuk tulisan berisi judul iklan, nama website, dan deskripsi untuk memperjelas bisnis yang Anda promosikan. Artikel ini telah menyiapkan tutorial cara pasang iklan di Google yang bisa Anda terapkan.
Pilih Objektif atau Tujuan Iklan
Cara pasang iklan di Google diawali dengan memilih objektif atau tujuan iklan. Ada 3 objektif yang tersedia, yaitu untuk mendapatkan lebih banyak panggilan dari konsumen, meroketkan penjualan atau mendaftar di situs, dan mendapatkan banyak kunjungan ke lokasi toko fisik untuk bisnis yang memiliki toko offline.
Cantumkan Nama Bisnis dan Situs Toko
Lalu, cara pasang iklan di Google dilanjutkan dengan mencantumkan nama bisnis dan situs toko. Di tahap ini, Anda juga bisa melihat gambaran bagaimana tampilan situs toko jika diakses di desktop dan mobile.
Cantumkan Judul dan Deskripsi
Di tahapan cara pasang iklan di Google yang satu ini akan menuntun Anda untuk mengisi 3 jenis judul dan deskripsi untuk iklan. Bagian ini wajib diisi ya! Sebab, calon konsumen Anda tidak hanya dijangkau dengan satu jenis deskripsi dan inilah merupakan salah satu kecanggihan dari algoritma Google.
Tetapkan Kata Kunci yang Relevan dan Lokasi Audiens
Memilih kata kunci yang sesuai dengan bisnis yang dipromosikan adalah hal yang wajib Anda riset terlebih dahulu. Misalnya saja, jika bisnis menjual skin care, maka Anda akan memilih keyword yang relevan, seperti ‘skin care murah’, ‘skin care untuk remaja’, ‘serum whitening’, dan sebagainya.
Lokasi juga ditentukan di tahapan ini. Pastikan bahwa lokasi target audiens iklan sespesifik mungkin agar iklan bisa menjangkau orang-orang yang tepat.
Atur Anggaran dan Konfirmasi Akhir
Pengaturan anggaran harian juga ada di tahapan cara pasang iklan di Google. Dengan perkiraan ini, Anda bisa menentukan budget sesuai dengan rencana. Metode pembayaran juga ditentukan di sini. Lalu, konfirmasi akhir berupa review iklan secara keseluruhan dan menandai checklist setuju dalam peraturan iklan di Google.
Itulah tutorial cara pasang iklan di Google. Kemudahan ini jangan sampai Anda sia-siakan dengan menargetkan pasar yang tidak cocok atau terlalu luas atau bahkan konten iklan yang belum diriset terlebih dahulu. Hasil dari iklan ini akan ditampilkan dalam bentuk Google Analytics yang bisa Anda gunakan sebagai sumber untuk meningkatkan promosi yang efektif untuk bisnis.
Jika masih bingung menerapkan cara pasang iklan di Google di atas, Anda bisa meminta bantuan digital agency terpercaya, seperti Onero Solutions. Untuk yang belum tahu, Onero Solutions adalah digital agency profesional dan terpercaya di Indonesia.
Digital agency ini dapat membantu Anda beriklan di Google dengan target audiens yang tepat sasaran. Onero Solutions pun bisa membuat iklan yang menarik dengan kata-kata yang bisa menggaet banyak audiens yang berpotensi menjadi konsumen bisnis Anda. Selain beriklan di Google, digital agency satu ini juga bisa memasang iklan di Youtube, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya.
Tak hanya jago dalam beriklan online, Onero Solutions juga memiliki layanan lainnya bisa membantu mengembangkan bisnis online, terutama untuk Anda yang baru merintis atau masih pemula. Di antaranya, yaitu adanya layanan maintenance social media, optimasi SEO, buat berbagai jenis web, buat mobile app dan custom app, serta maintenance web. Anda bisa mengandalkan Onero Solutions untuk mengembangkan bisnis online Anda! Segera hubungi Onero Solutions dan kembangkan bisnis Anda!

Don't forget to share this post!

Related Insights