Peran Jack Ma untuk Perkembangan E-Commerce Indonesia

Tahun ini, Jack Ma memutuskan menerima tawaran untuk menjadi penasihat steering committee roadmap e-commerce Indonesia.

Berita baik ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkoinfo) Rudiantara yang mendampingi Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution saat mereka melakukan pertemuan dengan Jack Ma di Beijing pada Selasa (22/8/2017)

Rudiantara menjelaskan bahwa undangan resmi yang tertulis telah disampaikan dan Jack Ma menerima dengan senang hati. Dia menambahkan, pertemuan tersebut juga membahas sejumlah masalah lain seperti sumber daya manusia maupun tentang kebijakan. Sumber daya manusia merupakan masalah pertama yang mereka bicarakan saat bertemu. Secara detil mengenai cara mengembangkan kemampuan dan kapasitas manusia. Baik talenta untuk pemain (AI Coders) maupun perubahan mindset bagi policy maker juga masyarakat sebagai konsumen.

Pertemuan Jack Ma dan Menteri merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya antara Jack Ma dan Presiden Jokowi. Pertemuan itu dilakukan di Hangzhou pada bulan September 2016 lalu. Saat itu, Presiden Jokowi mengajak Jack Ma untuk bergabung menjadi penasihat steering committee roadmap e-commerce Indonesia.

Jack Ma sendiri telah menyetujui tawaran Presiden Jokowi, namun semua itu masih dalam bentuk lisan. sehingga, pertemuan pada tahun ini dilakukan sebagai peneguhan secara tertulis dan resmi.

Tentang roadmap e-commere Indonesia sendiri sudah diumumkan sejak awal 2016 lalu. Terdapat tujuh poin mengenai roadmap e-commerce mengenai upaya pengemangan ekonomi digital seperti persoalan logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan, dan keamanan cyber.

Ke depannya, pemerintah akan banyak bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membentuk tim steering committee. Tim ini yang akan membuat keseluruhan roadmap tersebut.

Disadur dari Kompas

Tertarik Membuat Website dengan kami?

Don't forget to share this post!

Related Insights