skip to content

Rincian Biaya Pembuatan Website yang Perlu Kamu Tahu!

Website menjadi sarana untuk melakukan promosi yang mampu menampilkan tayangan selama 1 minggu penuh dalam 24 jam dan secara terus menerus dapat ditayangkan. Tujuan website ini yaitu mengubah pengunjung website agar menjadi calon pelanggan. Biaya pembuatan website juga bervariasi dari ratusan ribu hingga ratusan juta.

Kenapa biaya tersebut memiliki rentan yang begitu besar? Hal tersebut karena ada beberapa elemen yang membantu dan mendukung pembuatan website. Ada beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi dalam pembuatan website ini seperti pembelian nama domain, penyewaan web hosting, desain dan layout yang perlu dirancang, hingga pembuatan content.

Hal tersebut yang mempengaruhi harga buat website. Lalu apa saja yang perlu dibayar dengan biaya yang harus kita keluarkan? Simak penjelasan berikut!

Kebutuhan Rincian Biaya Pembuatan Website


Domain

Setiap website yang digunakan pasti memiliki nama domain agar bisa diakses secara online. Untuk memiliki domain, Anda bisa mendapatkannya dengan cara membelinya baik yang sudah terdaftar maupun yang belum terdaftar. Untuk memiliki nama domain baru, biasanya membutuhkan biaya sekitar 100 ribu rupiah. Pembayaran tersebut bisa dilakukan tahunan, dari 1 tahun, 2 tahun, dan seterusnya.

Biaya pembuatan website untuk domain ini memiliki variasi di pasaran tergantung jenis yang dipilih. Domain umum yang sering digunakan yaitu TLD atau Top Level Domain, contohnya seperti .com, .org, .net, dan lain sebagainya. Ada juga beberapa jenis domain yang memiliki persyaratan tertentu seperti .di dan .co.id.

Menggunakan domain yang memiliki usia lebih lama juga dapat membuat harga buat website lebih tinggi. Hal ini karena menandakan bahwa domain telah digunakan dengan baik dan benar sehingga seiring waktu berjalan, domain ini telah memiliki peringkat SEO, sedangkan domain baru tidak memiliki peringkat SEO.

Web Hosting

Kebutuhan mendasar lain untuk pembuatan website yaitu web hosting. Web hosting diperlukan untuk menyimpan file yang akan ditampilkan pada website seperti kode sumber, teks, gambar, media, dan lain sebagainya. Hosting terdiri dari 3 jenis yaitu shared hosting, VPS, dan juga cloud hosting.

Shared Hosting menjadi hosting yang paling sering dipakai oleh website baru dengan kebutuhan yang masih dasar dan masih belum memiliki banyak pengunjung. Hosting ini lebih cocok digunakan oleh website seperti company profile dengan content statis atau blog pribadi yang baru mulai.

VPS hosting biasanya memiliki banyak website yang disimpan dalam satu server, namun dengan akun yang berbeda-beda. Server VPS terbatas hanya untuk 10 hingga 20 orang saja. VPS hosting cocok digunakan untuk bisnis toko online. Anda bisa memilih web hosting sesuai kebutuhan Anda sehingga rincian biaya pembuatan website juga lebih efisien dan efektif.

Desain Pengembangan & content

Pada tahap ini, akan ditentukan apakah pembuatan website menggunakan desain yang diminta klien ataukah menggunakan desain yang sudah ada. Jika menggunakan desain yang diminta klien dan sudah tersedia maka biaya pembuatan website akan jauh lebih murah.

Begitu pula jika ingin menggunakan CMS untuk mendapat hasil yang lebih baik dengan fitur lengkap maka dibutuhkan Premium Theme atau tema berbayar maka Anda juga harus memberikan harga buat website yang lebih. Karena harga yang lebih juga membuktikan hasil yang lebih baik dan berkualitas

Demikian beberapa penjelasan mengenai rincian biaya pembuatan website yang perlu Anda ketahui. Onero adalah salah satu penyedia jasa pembuatan website terbaik dan mampu melayani pembuatan website company profile, e-commerce, dan masih banyak lagi situs website yang bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Don't forget to share this post!

Related Insights