skip to content

SEO SEM: Definisi, Perbedaan dan Kegunaannya untuk Bisnis Digital

Dunia digital saat ini semakin banyak inovasi baru dan trend yang terus berkembang. Banyak sekali perubahan dari waktu ke waktu yang memengaruhi aktivitas dan pola hidup manusia. Oleh karena itu, Anda perlu terus belajar dan mengikuti perkembangan ini jika Anda ingin memastikan teknologi bisa membantu Anda mencapai tujuan.
Salah satu inovasi terbaru ialah website, dimana website ini sangat membantu aktivitas manusia terutama dalam hal bisnis. Namun membuat website saja tidak cukup. Website sendiri sebagai bagian dari dunia digital ini tentu juga memerlukan update dan pemeliharaan terus menerus untuk memastikan kinerjanya berjalan baik dan selalu diminati oleh pemirsa yang dituju.
Untuk mendapatkan perhatian pemirsa, Anda membutuhkan taktik khusus untuk membantu website Anda mudah ditemukan oleh pemirsa. Pernah mendengar istilah SEO SEM? Apakah Anda mengetahui definisi dan kegunaannya? Nah jika belum mengetahui, artikel ini tepat untuk Anda yang ingin mengetahui perbedaan dan kegunaannya bagi bisnis digital. Berikut ini penjelasannya
Definisi SEO SEM
 
Definisi SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah fitur untuk website yang berguna untuk meningkatkan kinerja website Anda dan membuat website agar lebih mudah ditemukan secara organik saat dilakukan pencarian melalui mesin pencari seperti Google. SEO ini dapat berupa pembuatan konten, sistem, link, dan lainnya.
Sedikit berbeda dengan SEO, SEM atau Search Engine Marketing adalah usaha untuk mempromosikan website di mesin pencari dengan bantuan fitur iklan. Biasanya hasil SEM sendiri memiliki tulisan iklan di samping nama website yang muncul, Anda bisa memilih ditempatkan di bagian mana. Tentu jika semakin teratas biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak.
Nah untuk memahaminya lebih baik, Anda bisa lanjut membaca perbedaan SEO SEM berikut ini.
Perbedaan SEO SEM
SEO lebih berfokus pada hasil pencarian organik atau tanpa iklan sama sekali. Nah untuk mencapai tujuan popularitas website secara alami memang membutuhkan waktu lebih lama daripada SEM yang menggunakan fitur iklan. Dengan SEM Anda sudah bisa melihat website Anda di bagian teratas SERP (Search Engine Result Page) ketika SEM sudah diaktifkan.
SEM merupakan bagian kecil dari SEO, di mana SEO memiliki cakupan yang lebih luas dalam dunia algoritma mesin pencarian seperti Google. SEM sendiri dibuat untuk memaksimalkan fungsi SEO, namun keduanya memang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menarik pemirsa lebih banyak untuk datang ke website.
SEO berfokus pada memaksimalkan isi website dengan mengikuti trend keyword  dan mencocokkan sesuai kebutuhan pemirsa yang nantinya dapat menjadi calon pelanggan. Sedangkan SEM bukan hanya fokus pada relevannya keyword, namun juga dibantu dengan algoritma mesin pencari untuk menjadi jalur alternatif menjadikan website berada di urutan teratas.
Perbedaan SEO SEM yang paling mudah adalah ketika Anda mengetik sesuatu, contohnya ‘jasa kursus mengemudi’, hasil yang akan muncul tentu berlembar-lembar bukan? Hasil website yang muncul dengan tulisan ‘iklan’ di sampingnya adalah hasil SEM yang diatur dalam Google Ads dan bersistem PPC (Pay per Click). Sedangkan SEO yang fokus pada hasil organik berarti tidak memerlukan iklan untuk mendorong website menjadi hasil nomor satu.
Kegunaan SEO SEM
SEO SEM sama-sama membantu peringkat website untuk naik di algoritma mesin pencari. Kegunaan SEM lebih berfokus pada kontrol yang lebih baik dalam hal menargetkan pengunjung yang tepat dan proses ini juga cepat karena berbayar.
Biaya dan durasi SEM juga bisa disesuaikan dengan budget Anda. Karena prosesnya juga cepat, pencapaian target marketing Anda juga akan dipermudah dengan SEM.
Sedangkan untuk SEO, kegunaannya lebih berjangka panjang dalam hal mendatangkan traffic ke website Anda. Data pelanggan yang didapat juga gratis, dibarengi dengan update yang terus menerus. Brand awareness dari bisnis Anda juga bisa meningkat dengan adanya SEO ini.
Setelah mengetahui apa itu SEO SEM, Anda bisa meningkatkan performa website Anda dengan kedua strategi ini. Tidak ada strategi yang lebih buruk dari strategi lainnya. Semua kelebihan dan kekurangan tergantung dari perencanaan dan eksekusi nanti untuk website Anda.
Untuk memaksimalkan kinerja website dengan SEO SEM, Anda bisa bermitra dengan digital agency yang berpengalaman dalam dua strategi mesin pencari ini. Salah satunya adalah Onero Solutions.
Onero menawarkan jasa optimasi SEO dan manajemen SEM untuk berbagai jenis bisnis. Selain kedua jenis jasa ini, Anda juga bisa berkonsultasi tentang kebutuhan digital apa saja seperti iklan online, digital marketing, pemeliharaan website, hingga pembuatan aplikasi.
Onero menawarkan fitur yang lengkap bukan? Ayo wujudkan eksekusi SEO SEM Anda bersama Onero Solutions.

Don't forget to share this post!

Related Insights