skip to content

Simak 3 Kriteria Buat Toko Online yang Profesional. Seperti apa?

Berjualan online kini dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang melalui media sosial, iklan, platform chatting, marketplace, sampai buat toko online sendiri. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan. Bila mencari sarana untuk mem-branding bisnis dengan lebih leluasa, website toko online bisa menjadi pilihan terbaik.
Selain leluasa, buat toko online juga bisa memuat berbagai fitur penjualan yang menarik dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tapi, sayangnya fitur penjualan yang menarik belum tentu dianggap menarik pula oleh pembeli. Lantas, bagaimana kriteria buat toko online yang profesional dan menarik pembeli?
Mobile Friendly
Mobile friendly atau ramah ponsel merupakan salah satu kriteria buat toko online yang sangat memengaruhi kenyamanan dalam mengeksplor website Anda. Mobile friendly adalah kemampuan website yang secara otomatis bisa menyesuaikan tampilan dengan berbagai ukuran layar device yang digunakan untuk mengakses website terebut. Jadi, saat pembeli mengakses website toko online Anda melalui PC, maka tampilan website akan mengikuti layar PC. Begitu juga bila pembeli mengakses melalui ponsel atau tablet.
Mobile friendly adalah kriteria buat toko online yang sangat vital. Mengapa? Karena mayoritas pembeli toko online di Indonesia adalah pengguna ponsel. Mereka lebih sering menggunakan ponsel untuk mengakses internet dibanding dengan komputer, termasuk dengan belanja online. Hal inilah yang menyebabkan tampilan website toko online Anda perlu menyesuaikan dengan device yang digunakan pembeli.
Bayangkan saja, bagaimana repotnya pembeli mengeksplor website Anda dengan tampilan desktop yang lebar melalui ponsel dengan layar kecil. Pembeli bisa saja langsung berpaling muka dan malah mendatangi website pesaing.
Search, Filter, Category
Selanjutnya, kriteria buat toko online yang profesional ialah adanya fitur pencarian atau search, penyaringan atau filter, dan kategori. Fitur search yang dilengkapi dengan filter dan kategori bisa mempersempit hasil pencarian produk. Ketiga fitur ini adalah kesatuan yang membantu pembeli untuk menemukan apa yang ingin dicari dan dibutuhkan.
Mengapa disebut kesatuan? Karena pengkategorian tidaklah cukup untuk mempermudah pembeli dalam menemukan produk yang dicari. Begitu pula dengan fitur search dan filter.
Terlebih, bila website toko online Anda menjual banyak produk dengan berbagai jenis. Ketiga fitur inilah yang bisa membantu pembeli mempersempit hasil pencarian di saat mereka hendak mencari suatu produk sehingga tidak membuang waktu hanya untuk menemukan produk yang diinginkan.
Keamanan Terjamin
Buat toko online yang memiliki keamanan terjamin. Sebab, toko online digunakan sebagai sarana transaksi jual beli. Oleh karena itu, sudah seharunya buat toko online yang memenuhi standar keamanan. Terlebih dengan banyaknya data pribadi pembeli, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, sampai kartu kredit. Maka dari itu, perlu adanya jaminan keamanan.
Selain itu, website toko online Anda perlu disertai sertifikat SSL atau sering dikenal dengan sebutan https. Dengan mencantumkan https di alamat website, maka koneksi dan pertukaran data dalam website dapat lebih aman karena sudah terenkripsi.
Mau buat toko online profesional tapi tidak punya waktu dan kemampuan khusus? Tenang, saatnya menghubungi jasa pembuatan website terpercaya, yaitu Onero Solutions. Onero mampu melayani pembuatan website e-commerce, company profile, desain website, maintenance website, dan promosi online.
Bersama Onero, Anda tidak hanya dibuatkan toko online saja, tapi bisa dikembangkan, didesain semenarik mungkin, dilakukan maintenance, dan dipromosikan secara online. Lengkap, kan? Harganya? Sudah pasti terjangkau dan bersahabat. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama Onero dengan cara klik di sini!

Don't forget to share this post!

Related Insights