skip to content

Tingkatkan Efektivitas Akun Bisnis Anda di Hari Media Sosial Ini!

Berbisnis di media sosial menjadi salah satu hal yang cukup umum dilakukan. Hal ini karena media sosial memiliki massa pengguna yang sangat besar sehingga kita bisa memperkenalkan produk dengan mudah kepada sekian ribu orang dalam waktu singkat. Tentunya hal ini sangat bermanfaat dalam bisnis karena mempermudah kegiatan promosi.

Memang, beberapa bisnis tampaknya masih enggan untuk terjun ke media sosial karena khawatir dengan sentimen negatif yang mungkin timbul dari pengguna lainnya. Namun, tak perlu khawatir karena sentimen tersebut bisa diatasi dan media sosial memiliki dampak yang besar untuk mendukung kemajuan bisnis.

Media sosial disebut-sebut sebagai alat yang paling efektif dalam mempengaruhi orang lain. Lantas, di Hari Media Sosial ini bagaimana caranya agar akun bisnis Anda tampil lebih maksimal dan berpartisipasi sebagai pengguna yang baik? Berikut ulasannya.

  1. Terapkan strategi word of mouth

Sebagaimana yang dilansir oleh artikel dalam harimediasosial.com, ada strategi bernama word of mouth untuk meningkatkan efektivitas akun dalam menyebarkan informasi. Strategi ini berfokus bagaimana pengguna yang menerima informasi dapat menyebarkannya kepada pengguna lain dan memperoleh kepercayaan mereka dengan mudah.

Untuk menerapkan cara ini, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah meminta akun-akun besar untuk mengiklankan produk Anda. Hal ini biasa dikenal dengan istilah endorsement. Biasanya, akun-akun besar akan melakukan hal ini untuk mempromosikan produk kepada penggunanya. Dengan strategi ini, Anda bisa mengetahui pikiran publik dan masuk ke dalam kelompok pengguna untuk membuat mereka tertarik pada Anda.

  1. Mengelola komentar dan konten

Komentar negatif mungkin memang bisa saja Anda dapatkan di akun Anda. Namun jangan khawatir dan tetaplah berkomunikasi secara baik dengan pengguna akun lainnya. Anda bisa menghubungi mereka secara privat untuk menyelesaikan masalah sehingga tidak akan ada keributan lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk selalu mengunggah konten-konten yang berkualitas.

  1. Mengikuti akun-akun lain

Jangan ragu untuk mengikuti akun lain yang mungkin saja akan diikuti oleh target pasar Anda. Biasanya, akun-akun ini akan balik mengikuti akun Anda sehingga kini bisnis Anda diketahui oleh lebih banyak orang. Tidak ada salahnya jika Anda ikut memberikan komentas pada akun tersebut, bisa saja akun personal yang melihat komentar Anda malah penasaran dan memfollow akun bisnis Anda. Walaupun akun Anda difungsikan untuk berbisnis, jangan lupa untuk tetap berinteraksi supaya akun lebih ramai dan mudah mendapatkan kunjungan dari pengguna lain.

  1. Hindari bersikap negatif terhadap pengguna lain

Etika paling dasar dalam bermedia sosial adalah berinteraksi dengan baik. Sebagai akun bisnis, jaga nama baik akun Anda dan bersikaplah positif kepada pengguna media sosial lainnya. Saat ini ada banyak sekali informasi palsu dan provokatif yang beredar di internet. Jika akun Anda sampai terlibat, besar kemungkinan risikonya adalah Anda akan kehilangan kepercayaan dari para pengguna yang seharusnya bisa saja menjadi pelanggan Anda.

  1. Gunakan tagar yang sesuai

Menggunakan tagar bisa dibilang sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan kunjungan dari pengguna lain. Tagar berfungsi mengumpulkan konten yang serupa dalam satu kategori sehingga lebih mudah ditemukan oleh para pengguna yang mencari suatu informasi lewat tagar itu. Gunakan tagar yang sesuai dengan bisnis Anda dan target bisnis Anda, jangan lupa juga, 10 Juni adalah Hari Media Sosial maka gunakanlah tagar #SMDay untuk ikut ambil bagian!

Media sosial memang menyumbang peranan yang sangat besar, maka dari itu pastikan Anda memanfaatkan platform ini untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif, yang menunjang kehidupan sosial yang lebih baik dan bermanfaat pula untuk bisnis Anda di dunia maya. Tingkatkan efektivitas akun Anda dan jadilah pengguna media sosial yang cerdas, bijak, serta bermanfaat untuk pengguna lainnya. Selamat Hari Media Sosial!

Don't forget to share this post!

Related Insights