Placeholder canvas

Tutorial Cara Memasang Iklan di Youtube, Dijamin Super Mudah!

Memasang iklan di berbagai platform merupakan konsep marketing yang sudah ada sejak dahulu. Akan tetapi, di era yang sudah memasuki dunia digital seperti sekarang, penempatan iklan dengan berbagai bentuk bisa ditampilkan di berbagai platform, salah satunya ialah Youtube.

YouTube memiliki lebih dari 2 miliar pengguna dan di Indonesia sendiri platform ini adalah salah satu yang paling populer digunakan oleh masyarakat. Platform berbagi video ini membuat penikmat siaran apapun bisa mencari berbagai macam topik video. 

Dengan banyaknya peminat Youtube, kini banyak masyarakat yang beralih mencari peruntungan dengan membuat konten di platform ini. Oleh karena itu, YouTube bisa menjadi salah satu papan iklan yang cocok untuk bisnis. 

Anda sebagai pebisnis bisa beriklan di Youtube karena platform ini mampu menjangkau banyak penonton. Jika tertarik beriklan di platform satu ini, berikut ini tutorial cara memasang iklan di YouTube yang super mudah dan bisa Anda coba.

Tutorial Cara Memasang Iklan di Youtube, Dijamin Super Mudah!

  1.     Upload Video Iklan Dahulu

Cara memasang iklan di YouTube yang pertama ialah memiliki channel terlebih dahulu. Kemudian, upload iklan yang nantinya akan Anda pilih untuk ditampilkan di fitur iklan YouTube.

  1.     Buka Google Ads

Iklan YouTube terhubung dengan Google Ads. Oleh karena itu, Anda perlu mengakses Google Ads. Pada Google Ads manager, nantinya akan ditampilkan berbagai macam menu dan pilihan iklan. Anda dapat memulainya dengan menekan ‘video’.

Lalu, cara memasang iklan di YouTube selanjutnya akan ditentukan dari tujuan iklan Anda. Iklan yang akan Anda pasang memerlukan tujuan yang pasti. Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness? Apakah Anda ingin meningkatkan pengunjung website bisnis? Atau apakah Anda ingin meningkatkan penjualan?

  1.     Tentukan Detail Iklan

Dalam menentukan detail iklan, Anda harus memastikan nama iklan, budget yang dikeluarkan per harinya untuk beriklan, jenis video yang diinginkan, durasi iklan, lokasi target iklan, bahasa yang digunakan, penempatan iklan di beranda YouTube, metode pembayaran, dan beberapa pengecualian konten video untuk iklan Anda.

Konten iklan dan video tempat iklan Anda akan disesuaikan. Fitur ini juga merupakan kecanggihan dari YouTube. Iklan Anda tidak akan sembarangan disematkan ke video yang berunsur kekerasan atau SARA jika Anda atur dengan baik pada detail iklan ini. Cara memasang iklan di YouTube di langkah ini menjadi penentu besarnya iklan Anda.

  1.     Target dan Penempatan Iklan

Cara memasang iklan di YouTube berikutnya ialah membuat target iklan. Target iklan yang dimaksud adalah demografi audiens yang Anda ingin tuju. Setiap jenis bisnis pastinya memiliki kriteria audiens yang dituju. Dengan begitu, YouTube memberikan kendali kepada Anda untuk mengatur target audiens.

Selain itu, penempatan iklan juga akan diberikan rinciannya pada langkah ini. Pada langkah ini, Anda pun bisa mengatur pemilihan keyword dan topik yang sesuai, serta lokasi audiens yang diinginkan. Anda pun bisa memilih ingin menaruh iklan di menu pencarian atau dalam konten video.

  1.     Pilih Iklan dan Atur Tipe Iklan

Cara memasang iklan di YouTube berikutnya ialah memilih iklan yang sudah Anda upload terlebih dahulu di langkah awal. Lalu, aturlah jenis iklan yang akan Anda pilih.

Ada beberapa jenis iklan di YouTube, yaitu iklan singkat selama 5 detik (bumper ads), iklan yang muncul di awal atau di akhir video (in-stream ads), iklan yang muncul pada keyword (video discovery), dan iklan yang otomatis muncul di beranda YouTube selama 30 detik (masthead ads). Setelah memilih jenis iklan yang diinginkan, Anda tinggal menyimpan dan melanjutkan.

Nah, cara memasang iklan di YouTube tidak sesulit yang dikira, bukan? Kecanggihan fitur platform ini dapat memudahkan para pemula yang baru ingin beriklan di Youtube.

Akan tetapi, jika ingin menargetkan target pasar secara spesifik dan beriklan di Youtube dengan tepat sasaran, Anda bisa bekerja sama dengan digital agency profesional, seperti Onero Solutions.

Onero Solutions menawarkan layanan digital marketing dalam berbagai platform, seperti Youtube, Facebook, Instagram, Google, dan lainnya. Onero Solutions telah berpengalaman mengiklankan berbagai jenis bisnis di berbagai platform sehingga dijamin iklan buatan mereka dapat menarik banyak audiens.

Tak hanya jago beriklan di platform, Onero Solutions juga handal dalam mengoptimasi SEO, maintenance social media, membuat web toko online, company profile, mobile app, custom app, mendesain web, dan maintenance website. Selain itu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan Onero untuk menyesuaikan budget dan jenis iklan yang diinginkan. Tunggu apalagi? Yuk, mulai beriklan di Youtube bersama Onero!

Don't forget to share this post!

Related Insights