Placeholder canvas

Tutorial Mudah Cara Beriklan di FB dari Halaman Bisnis Anda

Facebook Ads merupakan fitur yang tengah populer dipakai oleh para pemilik bisnis. Sebab, fitur ini mudah digunakan bagi pemula. Dari halaman bisnis di Facebook, Anda bisa langsung melakukan promosi dan mengiklankan bisnis di beranda target audiens. Selain mudah digunakan, Facebook Ads juga terkenal dengan fitur canggihnya dalam mempertemukan produk dengan audiens yang sesuai. 

Selain menjual, fitur ini juga bertujuan untuk menyampaikan pesan ke audiens dengan tepat. Sebab, Anda juga bisa mengiklankan kampanye-kampanye khusus, seperti iklan tentang masalah ekonomi, sosial, atau politik melalui Facebook Ads.

Bagi yang tertarik beriklan di Facebook, berikut ini tutorial mudah cara beriklan di FB langsung dari halaman bisnis Anda.

Pastikan Sudah Memiliki Halaman Bisnis

pastikan sudah memiliki halaman bisnis

Cara beriklan di FB tentu saja dimulai dari halaman bisnis Anda. Anda tidak bisa mempromosikannya dengan akun personal karena akan mempengaruhi bagaimana audien melihat Anda. Dengan memiliki halaman khusus bisnis, audiens akan melihat profesionalitas dan resminya bisnis tersebut sehingga mampu meningkatkan rasa kepercayaan audiens terhadap brand Anda. Bila belum memiliki halaman ini, maka mulailah cara beriklan di FB dengan membuat halaman bisnis sebelum Anda beriklan.

Tekan Tombol ‘Promosikan’

tekan tombol promosikan

Tombol ini akan langsung mengarahkan ke halaman lain tempat Anda menentukan pengaturan iklan.

Pilih Sasaran

pastikan sudah memiliki halaman bisnis pilih sasaran

Sasaran yang dimaksud di sini ialah objektif iklan Anda. Apakah Anda ingin membuat audiens datang ke web Anda? Atau Anda mengharapkan hasil berupa banyaknya pesanan? Pilihlah sesuai kebutuhan Anda. 

Namun, pada tutorial ini akan ditunjukkan bagaimana cara beriklan di FB dengan sasaran ‘Ajak Lebih Banyak Pengunjung Situs Web’.

Tuliskan Deskripsi dan Media yang Dipilih

tuliskan deskripsi dan media yang dipilih

Pada kolom materi iklan, tulislah apa yang ingin Anda sampaikan. Terdapat beberapa pilihan media juga untuk memenuhi kebutuhan iklan Anda, baik berbentuk foto maupun video yang akan ditampilkan di platform yang dipilih. Selain itu, kesesuaian bentuk iklan juga diatur di sini. Di menu ini juga terdapat kolom untuk memilih kata ajakan yang tepat untuk iklan dan alamat website Anda.

Atur Target Audiens

atur target audience

Poin ini merupakan highlight dari cara beriklan di FB. Iklan bisa diatur untuk target audiens tertentu di menu ini dan pastikan Anda tahu betul mengenai detail audiens yang ingin dituju.

Atur Durasi Iklan

atur durasi iklan

Durasi iklan berpengaruh terhadap harga yang nantinya akan Anda bayarkan untuk FB ads. Oleh karena itu, sebelum mengatur durasi, diharapkan Anda sudah memiliki timeline dan jadwal untuk promosi produk sebelum mulai menggunakan fitur ini.

Sesuaikan dengan Budget Harian

sesuaikan budget harian

Kemudahan lainnya yang ditawarkan Facebook ialah dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Dengan begitu, Facebook akan mengatur seberapa banyak audiens yang akan dijangkau iklan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Pilih Penempatan Iklan

pilih penempatan iklan

Penempatan iklan yang dimaksud di sini ialah platform yang Anda pilih untuk ‘billboard’ digital. Anda bisa memilih di antara Facebook, Instagram, dan Messenger.

Pilih Metode Pembayaran

pilih metode pembayaran

Terdapat beragam metode pembayaran dalam cara beriklan di FB. Anda dapat memilih metode pembayaran sesuai keinginan.

Perkiraan Hasil Harian dan Ringkasan Pembayaran

Perkiraan Hasil Harian dan Ringkasan Pembayaran

Setelah Anda mengatur semua detail untuk iklan, ‘kwitansi’ digital Anda akan terlihat di sebelah kanan halaman pengaturan. Lalu, Anda tinggal menekan tombol ‘Promosikan Sekarang’.

Cara beriklan di FB ternyata sangat mudah, bukan? Detail beriklan dan transaksi pun langsung terlihat ketika Anda membuka halaman bisnis. Selain membuat halaman bisnis Facebook yang profesional, Anda juga harus memastikan web toko online yang akan dihubungkan dengan iklan tersebut responsif dan tidak lemot ketika audiens berkunjung.

Jika belum memiliki website toko online, Anda bisa menggunakan jasa Onero Solutions. Sebagai digital agency terbaik dan terpercaya di Indonesia, Onero Solutions dapat menghasilkan website bisnis berkualitas yang mampu menarik banyak pengunjung. 

Selain membuat web toko online, Onero pun menawarkan layanan lainnya. Mulai dari pembuatan company profile, mobile apps, custom apps, desain web, maintenance web, maintenance social media, optimasi SEO, hingga digital marketing. Bahkan, bila belum paham betul mengenai cara beriklan di FB di atas, Anda bisa menggunakan jasa Onero untuk beriklan di FB. Dijamin iklan Anda akan mampu menarik banyak audiens dan tentunya mendatangkan keuntungan besar untuk bisnis.

 

 

 

 

 

Don't forget to share this post!

Related Insights