skip to content

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Iklan IG Beserta Masing-Masing CTA

Instagram Advertising atau bisa disebut dengan iklan IG merupakan fitur promosi yang diminati banyak masyarakat Indonesia. Mulai dari bisnis kecil yang berskala rumahan, hingga bisnis besar dari perusahaan yang sudah berdiri lama. Hal ini membuktikan bahwa iklan IG dapat menangkap perhatian mayoritas pengguna Instagram. Selain itu, tingkat brand awareness juga menjadi lebih mudah naik dengan metode promosi dengan iklan IG.

Salah satu alasan utama mengapa Anda perlu beriklan di Instagram ialah banyaknya jenis iklan dan fitur untuk menargetkan kriteria konsumen. Akan tetapi, apakah Anda sudah tau jenis-jenis iklan IG? 

Perlu diketahui, tiap jenis iklan Instagram memiliki Call-to-Action yang berbeda-beda. Untuk yang belum mengetahui, CTA atau Call-to-Action adalah sebuah ajakan untuk melakukan tindakan, seperti membeli, meng-klik, dan lainnya. Berikut artikel ini telah merangkum beberapa jenis iklan IG beserta Call-to-Action.

Iklan IG

1. Stories

Kebiasaan pengguna IG dalam menelusuri halaman Instagram yang diikuti ialah melihat Stories yang berdurasi 15 detik atau multiple stories yang saling menyambung. Iklan IG yang ditaruh di tengah-tengah proses melihat-lihat IG stories dengan ukuran iklan satu layar penuh inilah yang paling sering dilihat oleh pengguna. Hal ini dikarenakan Stories memiliki fitur tanpa jeda kecuali jika pengguna meng-klik agak lama di bagian mana saja di halaman Stories tersebut. Call-to-Action yang biasanya dipasang di iklan IG Stories adalah fitur swipe-up untuk diarahkan ke website atau halaman IG toko Anda.

2. Photo

Photo Ads adalah jenis iklan yang menomorsatukan visual. Instagram sendiri adalah platform media sosial yang lebih mengutamakan visual untuk menangkap perhatian pengguna IG. Oleh karena itu, iklan IG berbentuk foto adalah ladang untuk menampilkan visual dari konten iklan Anda dengan ciamik. Call-to-Action dari jenis ads ini bisa berupa “Install Now” untuk mengunduh aplikasi tertentu, mengarahkan ke website, atau halaman profil akun IG bisnis Anda.

3. Video

Video Ads juga jenis iklan yang mengutamakan visual, tapi berdurasi agak lama, yaitu 1 menit. Dalam 1 menit ini, iklan IG ini bisa memperkenalkan brand, produk, atau bisnis Anda dengan lebih lama. Oleh karena itu, jangan sia-siakan durasi ini dengan meramaikan hal-hal yang tidak penting. Call-to-Action dari jenis iklan ini bisa berupa kunjungan website, profil IG, dan pengunduhan aplikasi.

4. Carousel

Jenis iklan ini untuk menunjukkan beberapa foto atau video dalam satu iklan. Biasanya, iklan ini dipakai untuk menonjolkan produk tertentu dan membagikan “cerita” dari produk Anda secara utuh yang berbentuk multiple post. Call-to-Action dari jenis iklan ini juga sama dengan Photo dan Video Ads.

5. Collection

Untuk jenis iklan ini, bentuknya mirip seperti katalog belanja. Dikarenakan IG sudah memiliki kolom khusus bisnis, seperti fitur E-Commerce app, pengguna bisa langsung melihat harga dari produk yang diiklankan dengan meng-klik tag harga dari produk tersebut. Dengan demikian, IG menjadi lebih terintegrasi dengan fitur E-Commerce yang membuat iklan Anda menjadi to-the-point.

Call-to-Action dari iklan IG bukan hanya meramaikan kunjungan ke website bisnis atau membuat pelanggan tertarik mengunduh aplikasi Anda. Akan tetapi, juga bisa untuk pendaftaran (Apply Now), pemesanan (Book Now), kontak lebih lanjut (Call Now, Contact Us), dan berbagai Call-to-Action lainnya yang mengarahkan pelanggan untuk terus menelusuri produk-produk yang Anda tawarkan.

Dari jenis-jenis iklan di Instagram di atas, apakah Anda sudah mengetahui jenis iklan apa yang kira-kira dibutuhkan? Apapun jenis iklan yang dipilih, Anda juga perlu memaksimalkan website yang menjadi tempat utama untuk calon pelanggan mengeksplor toko online. 

Bila kesulitan memilih dan mengelola iklan di Instagram, Anda bisa menggunakan jasa Onero Solutions. Sebagai digital agency ternama di Indonesia, Onero Solutions dapat melayani kebutuhan digital marketing dalam beriklan di berbagai media sosial. Iklan Anda pasti dapat sampai ke target audiens yang kemungkinan menjadi pelanggan Anda.

Selain digital marketing, Onero Solutions memiliki layanan lainnya, seperti pembuatan website toko online, company profile, mobile apps, custom apps, design website, maintenance web, optimasi SEO, maintenance social media, dan lainnya. Bagaimana? Tertarik untuk bekerja sama dengan kami? Segera dapatkan banyak pelanggan dan omzet besar bersama Onero Solutions!

Don't forget to share this post!

Related Insights