Google meng-handle lebih dari 1,2 triliun pencarian setiap tahun dan angka ini kian meningkat. Agar meningkatkan visibilitas website Anda di hasil pencarian maka melakukan optimasi website bisa membantu.
Untuk menarik minat pelanggan dan mendorong konversi, penting bagi pengguna untuk dengan mudah menemukan dan menggunakan website Anda. Jika tidak bisa melakukannya maka seberapa banyak waktu dan usaha yang Anda habiskan untuk membuat konten yang bagus akan terasa percuma. Untuk memudahkan Anda mengoptimasi website, dalam panduan untuk pemula ini akan menjelaskan dasar-dasar optimasi web kunci untuk meningkatkan website Anda terlihat di SERP.
Optimasi User Experience Website
- Tentukan Pasar
Sebelum Anda dapat mengoptimalkan website maka perlu mendefinisikan target audiens target. Mulailah dengan mencari target audiens dengan menjawab pertanyaan berikut.
- Produk atau layanan apa yang mereka cari?
- Berapa banyak yang mereka bersedia belanja?
- Apa prioritas mereka dalam hal kontak, apakah telepon, email, alamat toko, atau media sosial?
Dengan bantuan tools, seperti Google Analytics dan Facebook Insights, dapat membantu Anda memperoleh informasi penting tentang user dan membuat profil pembaca yang akurat dan terperinci. Dengan membuat user experience yang baik berarti peningkatan kepuasan dan juga dapat mempengaruhi peringkat pencarian.
- Perhatikan Niat User selama Buyer ‘s Journey
Setelah jelas siapa target audiensnya, saatnya untuk merinci perjalanan mereka. Jika konten Anda tidak sesuai dengan kebutuhan audiens maka tidak akan mendapatkan trafik yang diharapkan. Tetapi, jika memahami apa yang dibutuhkan pelanggan saat mereka bergerak dari tahap kesadaran hingga keputusan maka Anda dapat menciptakan pengalaman on-site yang lebih kuat.
Rincikan apa yang pelanggan cari di setiap tahap dalam prosesnya dan temukan konten, serta kata kunci yang paling sesuai untuk setiap langkah. Setelah itu, mencari tahu buyer’s journey untuk membantu pengunjung menemukan apa yang mereka butuhkan di website Anda. Ini dapat meningkatkan konversi secara melejit.
- Tingkatkan UX dengan Uji A/B dan Multivariat
Uji multivariat dan A/B adalah cara yang baik untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi orang-orang yang mengakses website Anda. Uji A/B berguna saat Anda meluncurkan sesuatu yang baru atau jika sudah memiliki audiens yang besar. Pengujian ini membandingkan dua elemen berbeda di website untuk melihat mana yang lebih baik dalam performa.
Sedangkan, uji multivariat berguna untuk membuat perubahan yang lebih kompleks. Website umumnya memiliki banyak elemen yang berbeda dan jenis pengujian ini dapat membantu Anda melihat bagaimana semuanya bekerja saat bersama.
- Ciptakan Pengalaman Mobile yang Mulus
Optimalkan website Anda untuk semua perangkat, bukan hanya desktop. Ini dikarenakan saat ini di seluruh dunia lebih dari setengah trafik website berasal dari perangkat mobile. Selain meningkatkan waktu loading, mengoptimalkan website untuk pengalaman mobile mungkin memerlukan langkah-langkah berikut:
- Menghapus pop-up
- Memudahkan pencarian dengan menyediakan kotak pencarian yang mudah ditemukan
- Menghadirkan filter dan opsi pengurutan
- Menempatkan CTA (Call to Action) di bagian atas
Optimasi SEO Website
- Temukan Target Kata Kunci
Pilih kata kunci yang sesuai dengan target pasar Anda dan gunakan untuk meningkatkan hasil pencarian. Saat melakukan riset kata kunci, jangan lupakan apa niat dari user. Caranya adalah memasukkan kata kunci Anda ke mesin telusur dan evaluasi hasil yang muncul. Pastikan konten Anda sesuai dengan hasil pencarian teratas yang dianggap relevan oleh Google. Jika website Anda tidak muncul di halaman pertama, disarankan juga untuk melihat kompetitor untuk membantu mengoptimalkan web sendiri.
- Buat Backlink yang Baik
Backlink dari website lain yang memiliki peringkat tinggi dapat membantu meningkatkan posisi Anda secara organik dalam hasil pencarian. Cara terbaik adalah mengirimkan konten yang relevan dan berfokus pada pasar ke website berita industri atau website pengetahuan.
- Optimalkan Konten
Konten yang baik bergantung pada relevansi. Setiap posting blog, video, podcast, atau sumber daya digital yang Anda buat harus berfokus pada target audiens. Namun, penting juga untuk mengoptimalkan konten untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari. Optimasi di halaman merupakan cara yang baik untuk meningkatkan peringkat dan trafik website.
Ada banyak cara untuk mengoptimalkan konten. Di antaranya adalah menambahkan judul halaman berbasis kata kunci, mengintegrasikan kata kunci yang relevan, dan menambahkan gambar yang relevan. Selain itu, membuat meta-tag yang berisi kata kunci, mengelola kepadatan kata kunci di halaman, serta menambahkan link internal dan eksternal
- Tingkatkan Kecepatan Website
Kecepatan website merupakan komponen penting dari user experience. Google juga mulai memasukkan kecepatan halaman mobile sebagai faktor dalam peringkat pencarian pada tahun 2018 lalu.
Ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan website. Di antaranya adalah menggunakan CDN (Content Delivery Network), mengurangi pengalihan (redirects), dan membatasi permintaan HTTP.
Apabila Anda merasa kesulitan menerapkan optimasi di atas, tidak ada salahnya menggunakan penyedia jasa profesional, seperti Onero Solutions! Kami siap mengoptimasikan website Anda, baik dari segi develop, desain, maupun maintenance agar bisa menjadi website yang SEO friendly dan responsif ke berbagai device sehingga mudah diakses user di mana pun. Anda pun bisa mendapatkan layanan konsultasi gratis seputar kebutuhan website dengan tim profesional Onero. Silahkan isi form di bawah ini dan dapatkan solusi masalah digital Anda!