skip to content

Kenali Jenis Jenis Tipografi yang Cocok untuk Website

Pemilihan jenis tipografi yang tepat adalah salah satu aspek terpenting dalam desain web yang sering diabaikan. Apa yang mungkin terlihat seperti pilihan sederhana—mengenai font dan tata letak teks—sebenarnya memiliki dampak besar pada user experience, serta citra brand Anda.

Saat ini jenis jenis tipografi ada beragam dengan ciri khas yang berbeda. Agar tidak salah pilih jenis tipografi untuk website, penting untuk memahami karakteristik masing-masing jenis font, serta mempertimbangkan kesesuaiannya dengan tujuan dan identitas brand yang ingin disampaikan kepada pengunjung website. Dalam artikel ini akan membantu Anda mengenali jenis jenis tipografi yang dapat meningkatkan tampilan, keterbacaan, dan pesan yang ingin disampaikan kepada audiens. Mari mulai memahami apa sebenarnya tipografi itu dan mengapa pilihan font yang tepat begitu penting dalam merancang website yang sukses.

Pengertian Tipografi

Tipografi adalah seni dan ilmu dalam mengatur, merancang, dan mengatur teks dalam suatu komposisi visual. Ini mencakup pemilihan font, ukuran font, jarak antar huruf (kerning), jarak antar baris (leading), serta berbagai elemen lainnya yang memengaruhi bagaimana teks terlihat dan terbaca. Dalam konteks desain web, tipografi tidak hanya mencakup semua aspek ini, tetapi juga aspek responsif dan interaktivitas.

Alasan Pentingnya Memilih Tipografi yang Cocok untuk Website

Jenis jenis tipografi ada banyak dan memilih yang cocok untuk website adalah langkah penting dalam merancang user experience yang sukses. Alasan-alasan berikut ini menjelaskan pentingnya pemilihan tipografi yang tepat.

  1. Mengkomunikasikan Identitas dan Pesan

Tipografi yang tepat dapat membantu mengkomunikasikan identitas brand dan pesan yang ingin disampaikan kepada pengguna. Misalnya, font yang serius dan formal cocok untuk website perusahaan atau website berita, sementara font yang lebih santai mungkin lebih sesuai untuk blog pribadi.

  1. Meningkatkan Keterbacaan

Keterbacaan adalah kunci desain web yang baik. Tipografi yang buruk dapat membuat teks sulit dibaca, memengaruhi pengalaman pengguna, dan meningkatkan bounce rate. Dengan memilih font yang cocok dan mengaturnya dengan baik, Anda dapat meningkatkan keterbacaan teks website.

Baca juga: 10 Tips Tipografi Website untuk Meningkatkan Keterbacaan

  1. Meningkatkan Tingkat Kepercayaan

Pemilihan font yang tepat dapat memberikan kesan profesional dan meningkatkan tingkat kepercayaan pengguna terhadap website Anda. Sebaliknya, tipografi yang acak atau tidak seragam dapat merusak citra dan kredibilitas website.

Jenis Jenis Tipografi yang Cocok untuk Website

Jenis jenis tipografi ada beragam dan masing-masingnya cocok untuk berbagai jenis website. Beberapa di antaranya adalah berikut ini.

  1. Serif

jenis jenis tipografi ada font serif

Font serif memiliki dekoratif ekstra, seperti kait atau serpihan pada ujung karakter hurufnya. Serif sering digunakan untuk website yang memiliki nuansa formal atau berita karena memberikan kesan klasik dan profesional.

  1. Sans Serif

jenis jenis tipografi ada font sans serif

Font sans serif tidak memiliki dekorasi tambahan pada hurufnya. Jenis font ini cenderung memiliki tampilan yang lebih bersih dan modern. Sans serif sering digunakan untuk website yang bersifat kontemporer, teknologi, atau mode.

  1. Script

jenis jenis tipografi ada font script

Font script memiliki karakter seperti tulisan tangan. Jenis font ini sering digunakan untuk website yang ingin memberikan kesan pribadi, artistik, atau feminin.

  1. Monospace

jenis jenis tipografi ada font monospace

Font ini memiliki lebar karakter yang sama untuk setiap hurufnya. Monospace cocok untuk website yang berfokus pada kode, seperti website pengembang atau tutorial pemrograman.

  1. Display

jenis jenis tipografi ada font display

Font display adalah font yang ekstrim dan mencolok. Display cocok untuk website yang ingin menonjolkan elemen kreatif atau desain yang berani.

Baca juga: Navigasi Lebih Menarik, Gunakan Font Keren pada Website Anda

Jenis jenis tipografi sangatlah beragam dan pemilihan yang tepat adalah langkah penting dalam merancang website yang mudah dibaca, serta menarik. Dengan memilih jenis tipografi yang cocok untuk website, Anda dapat meningkatkan user experience, memperkuat brand, dan mengkomunikasikan pesan dengan lebih baik. Jadi, jangan remehkan kekuatan tipografi dalam desain web Anda! Jika ingin menambah wawasan seputar tipografi atau desain website, silakan membaca kumpulan Insight Onero.

Sementara, jika membutuhkan bantuan profesional dalam memilihkan tipografi atau redesign website, Onero Solutions bisa membantu Anda! Kami melayani desain website sesuai kebutuhan bisnis dan user Anda. Dengan menggunakan UI/UX design practices, kami mampu mendesain website untuk semua ukuran layar perangkat dengan kualitas full HD. Segera isi form di bawah ini dan mulai konsultasikan kebutuhan desain website Anda dengan kami!

Don't forget to share this post!

Related Insights